Photo of author
Author:
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.

3 Cara Agar Video Capcut Tidak Buram Di Status Wa

Dapatkan informasi lengkap tentang cara agar video CapCut tidak buram di status wa hanya disini.

 
6 m, 28 s
 646 Views
Hai, kamu pasti sedang mencari tahu tentang cara agar video Capcut tidak buram ketika diunggah pada status WhatsApp ya? Tenang saja, kamu sudah berada di artikel yang tepat! Di sini, aku akan memberikan tips dan tutorial yang sangat detail tentang bagaimana cara mengunggah video Capcut yang jernih dan tajam di status WhatsApp.

Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Capcut di smartphone kamu. Jika belum, kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store.

Cara Agar Video Capcut Tidak Buram di Status WA

Apakah kamu sering mengalami masalah ketika membagikan video hasil editan dari Capcut ke status WhatsApp? Video terlihat buram dan tidak jelas? Jangan khawatir, karena kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara agar video Capcut tidak buram di status WhatsApp.

  1. Menggunakan bahan video dengan kualitas tinggi
    Pertama-tama, kamu perlu memastikan bahwa kamu menggunakan kualitas video yang akan diedit memiliki kualitas yang tinggi. Caranya adalah dengan memilih footage maupun gambar hd “Kualitas Tinggi” sehingga saat kamu mengekspor video dari Capcut, hasilnya akan tetap hd. Ini akan memastikan bahwa video yang kamu bagikan ke status WhatsApp akan tetap jelas dan tidak buram.
  2. Pilih resolusi 1080p
    Selanjutnya, pastikan bahwa kamu memilih resolusi video 1080p saat mengekspor video dari Capcut. Resolusi 1080p adalah resolusi yang cukup tinggi dan akan memastikan bahwa video kamu tetap jelas dan tidak buram ketika diputar di status WhatsApp.
  3. Pilih bitrate tinggi
    Terakhir, pastikan bahwa kamu memilih bitrate yang tinggi saat mengekspor video dari Capcut. Bitrate adalah jumlah data yang digunakan untuk merekam setiap detik dari video kamu. Semakin tinggi bitrate, semakin banyak data yang digunakan, yang pada gilirannya akan membuat video kamu lebih jelas dan tidak buram.
Nah, itulah tiga langkah sederhana yang bisa kamu lakukan agar video Capcut kamu tidak buram di status WhatsApp. Jangan lupa untuk selalu mengatur kualitas video, resolusi, dan bitrate saat mengekspor video dari Capcut agar hasilnya semakin memuaskan.

Baca Juga: Resolusi CapCut Agar Tidak Pecah Di Wa, IG Dan TikTok

Selain iitu, ada pula beberapa tips yang bisa kamu coba dibawah ini supaya mendapatkan hasil yang optimal baik saat editing maupun sesudah share videonya.

  1. Mengatur Resolusi Video: Pertama-tama, kamu perlu mengatur resolusi video di Capcut sebelum menyimpannya ke galeri. Pastikan kamu memilih resolusi video yang sesuai dengan kebutuhan kamu, terutama jika kamu ingin mengunggahnya ke status WhatsApp. Untuk mendapatkan kualitas video yang jernih, kamu bisa memilih resolusi 1080p atau 720p. Jangan lupa untuk mengubah aspek rasio menjadi 9:16 untuk menghasilkan video yang tepat untuk story WhatsApp.
  2. Menggunakan Template HD: Jika kamu tidak ingin repot mengedit video dari awal, kamu bisa menggunakan template HD yang sudah disediakan oleh Capcut. Template ini biasanya memiliki resolusi yang cukup tinggi, sehingga video yang dihasilkan akan lebih jernih dan tajam.
  3. Hindari Pecahnya Resolusi saat Mengunggah ke IG atau TikTok: Selain itu, jika kamu ingin mengunggah video Capcut kamu ke platform lain seperti Instagram atau TikTok, pastikan kamu juga memilih resolusi yang sesuai. Misalnya, untuk Instagram, resolusi video maksimum adalah 1080×1350 piksel, sedangkan untuk TikTok, resolusi video yang direkomendasikan adalah 1080×1920 piksel. Dengan memilih resolusi yang sesuai, kamu dapat menghindari terjadinya pecahnya resolusi saat mengunggah video ke platform tersebut.
  4. Menghindari Efek “Jedag Jedug”: Jika kamu ingin membuat video Capcut yang memiliki efek “jedag jedug”, pastikan kamu juga memilih resolusi yang sesuai. Video dengan resolusi rendah dapat membuat efek “jedag jedug” menjadi tidak jelas dan kurang menarik. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan resolusi yang cukup tinggi untuk menghasilkan video yang lebih tajam dan jelas.
  5. Mengupload Video dari CapCut: Jika kamu lebih suka mengupload video CapCut kamu dari WhatsApp, pastikan kamu memilih opsi “dokumen” saat mengunggah file ke status. Setelah itu, pilih file video CapCut kamu yang sudah disimpan di galeri dan klik “kirim”. Dengan begitu, kamu dapat mengunggah video CapCut kamu ke status WhatsApp tanpa kehilangan kualitas video.
  6. Membuat Video CapCut dengan Kualitas Terbaik: Selain memilih resolusi yang tepat, kamu juga dapat memperbaiki kualitas video CapCut kamu dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Misalnya, kamu dapat mengatur kecerahan, kontras, dan saturasi video agar terlihat lebih jelas dan tajam. Kamu juga dapat menambahkan efek suara dan musik agar video kamu lebih menarik.
Itulah beberapa tips dan tutorial yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan video Capcut yang tajam dan jernih ketika diunggah ke status WhatsApp. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah dengan benar dan memilih resolusi yang tepat agar video kamu tidak buram di status WhatsApp.

Baca Juga: Cara Mengubah Video Menjadi HD di CapCut

Orang Juga Bertanya

Ada beberapa kemungkinan mengapa video yang diunggah ke status WhatsApp (WA) terlihat buram:

  1. Kualitas video rendah: Jika kualitas video asli buruk atau rendah, maka ketika diunggah ke WA, kualitasnya akan semakin menurun dan bisa terlihat buram.
  2. Koneksi internet yang buruk: Jika koneksi internet buruk, maka proses pengunggahan video bisa terganggu dan menyebabkan video menjadi buram.
  3. Kompresi video oleh WA: WhatsApp mengompresi video yang diunggah agar ukurannya lebih kecil dan mudah diunggah. Namun, proses kompresi ini bisa mempengaruhi kualitas video dan menyebabkannya terlihat buram.
  4. Masalah dengan perangkat: Ada kemungkinan bahwa masalah dengan perangkat juga bisa menyebabkan video terlihat buram. Misalnya, masalah dengan kamera atau layar perangkat.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba mengunggah video dengan kualitas yang lebih baik, menggunakan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil, dan memperbarui perangkat jika diperlukan. Jika masalah terus berlanjut, kamu bisa mencari bantuan dari teknisi atau ahli teknologi.

Jika status WhatsApp kamu terlihat buram, berarti foto atau video yang kamu bagikan mungkin tidak memiliki resolusi yang cukup tinggi atau kualitasnya buruk. Kamu bisa mencoba untuk mengirim foto atau video yang memiliki resolusi lebih tinggi dan kualitas yang lebih baik untuk memastikan status WhatsApp kamu terlihat jelas.

Kamu juga dapat memastikan bahwa koneksi internet kamu stabil dan cepat saat mengunggah status WhatsApp. Koneksi yang buruk dapat menyebabkan masalah dengan kualitas gambar atau video yang kamu bagikan.

Terakhir, pastikan bahwa layar ponsel kamu bersih dan tidak tergores. Terkadang, goresan pada layar ponsel dapat membuat tampilan status WhatsApp kamu menjadi buram atau kabur.

Untuk membuat video HD di CapCut, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi CapCut dan impor video yang ingin kamu edit.
  2. Setelah video diimpor, klik ikon “Resolusi” di bagian bawah layar.
  3. Pilih opsi “1080P” untuk membuat video kamu menjadi HD.
  4. Setelah itu, kamu dapat mulai mengedit video seperti biasa.
  5. Setelah selesai mengedit, klik “Simpan” dan video kamu akan tersimpan dalam format HD.

Ingatlah bahwa jika video asli kamu bukan HD, mengubah resolusi ke 1080P tidak akan membuatnya benar-benar HD. Namun, ini akan meningkatkan kualitas video kamu dan memberikan tampilan yang lebih tajam dan jernih.

Kemungkinan resolusi status WhatsApp yang jelek bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Kualitas gambar yang rendah: Jika kamu mengirimkan gambar dengan kualitas rendah atau ukuran kecil, maka resolusi gambar yang ditampilkan pada status WhatsApp juga akan rendah.
  2. Jaringan internet yang lambat: Jika koneksi internet kamu lambat atau terbatas, maka WhatsApp mungkin akan mengkompresi gambar atau video yang kamu bagikan pada status agar dapat diunggah dengan lebih cepat. Hal ini dapat menyebabkan resolusi yang ditampilkan menjadi lebih rendah.
  3. Format file yang tidak didukung: WhatsApp mendukung beberapa format file tertentu untuk diunggah pada status, seperti JPG, GIF, dan MP4. Jika kamu mengunggah file dengan format yang tidak didukung, maka resolusi yang ditampilkan pada status juga bisa menjadi jelek.
Untuk meningkatkan kualitas resolusi pada status WhatsApp, pastikan untuk mengunggah gambar atau video dengan kualitas yang baik dan ukuran yang sesuai, serta memastikan koneksi internet yang cukup stabil dan cepat.

Penutup

Itulah beberapa tips dan tutorial tentang cara agar video Capcut tidak buram di status Wa.

Dengan memilih resolusi yang tepat, menggunakan template HD, menghindari efek “jedag jedug”, dan memperbaiki kualitas video dengan fitur-fitur yang disediakan, kamu dapat menghasilkan video Capcut yang tajam dan jernih ketika diunggah ke status WhatsApp. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran file video agar dapat diunggah ke status WhatsApp tanpa masalah.

Baca Juga: Cara Membuat Video HD Di CapCut Dengan Mudah

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menghasilkan video Capcut dengan kualitas terbaik!

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung