Photo of author
Author:
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.

Cara Edit Video Atas Bawah Di Capcut Dengan Mudah

Ingin tahu cara menggabungkan video atas bawah di CapCut? Pelajari panduan lengkap dan mudah dalam artikel ini. Mulai dari 2 video hingga 4 video!

 
7 m, 42 s
 603 Views
Dalam era digital seperti saat ini, kegiatan mengedit video menjadi semakin penting. Baik untuk kepentingan pribadi, seperti untuk membuat video kenangan atau konten media sosial, maupun untuk kepentingan profesional, seperti untuk konten promosi atau iklan.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video adalah CapCut. CapCut adalah aplikasi edit video yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para content creator.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang bisa membantu dalam proses pengeditan video. Salah satu fitur andalan CapCut adalah fitur kolase, yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu tampilan dalam satu layar.

Penggabungan Video Adalah?

Penggabungan video adalah proses menggabungkan beberapa video menjadi satu video utuh. Hal ini biasanya dilakukan untuk membuat video yang lebih menarik dan lebih kompleks.

Misalnya, penggunaan kolase video yang memungkinkan beberapa video ditampilkan dalam satu layar, sehingga pengguna bisa melihat beberapa sisi sekaligus.

Begini Cara Edit Video Atas Bawah Di Capcut

Untuk mengedit video atas bawah di CapCut, pengguna bisa menggunakan fitur kolase. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka aplikasi CapCut dan buat proyek baru.
  2. Selanjutnya, impor video yang ingin digunakan untuk kolase. Pengguna bisa memilih video dari galeri atau merekam langsung menggunakan kamera CapCut.
  3. Setelah itu, klik opsi “kolase” di bawah layar untuk memulai proses pengeditan kolase video.
  4. Pilih jenis kolase yang ingin digunakan. CapCut menawarkan beberapa pilihan kolase, mulai dari kolase 2 video hingga kolase 9 video.
  5. Setelah memilih kolase, pengguna bisa menambahkan video ke kolase dengan men-tap bagian kosong pada kolase dan memilih video yang ingin digunakan.
  6. Selanjutnya, sesuaikan ukuran dan posisi video pada kolase. CapCut memungkinkan pengguna untuk memperbesar atau memperkecil video, serta memindahkan posisi video pada kolase.
  7. Setelah semua video ditempatkan dengan benar, pengguna bisa menambahkan efek dan filter untuk meningkatkan tampilan video.
  8. Terakhir, klik simpan untuk menyimpan video yang sudah di edit.
Menggabungkan 2 video menjadi satu layar di CapCut baik di laptop maupun di smartphone itu sangatlah mudah seperti yang sudah dijelaskan diatas, dan sekarang yuk lanjutkan pembahasan yang lebih lengkap lagi!

Cara Menggabungkan 3 Video Menjadi 1 Layar Di CapCut

Untuk menggabungkan 3 video menjadi 1 layar di CapCut, kita perlu menambahkan satu layer video lagi pada project. Caranya adalah dengan menekan tombol “Tambahkan Layer” di bawah timeline dan memilih opsi “Video”. Kemudian pilih video ketiga yang ingin digabungkan.

Setelah ketiga video sudah ditambahkan pada timeline, kita perlu mengatur posisi masing-masing video agar dapat tampil secara bersamaan pada layar yang sama. Caranya adalah dengan menekan salah satu video dan menyeretnya ke bagian tengah layar. Kemudian, lakukan hal yang sama pada video kedua dan ketiga hingga ketiga video tersebut berada dalam satu layar yang sama.

Baca Juga: Mengapa Aplikasi CapCut Tidak Bisa Dibuka, Solusinya?

Setelah itu, kita bisa menambahkan efek atau musik pada video tersebut agar terlihat lebih menarik. CapCut menyediakan berbagai macam efek dan musik yang bisa digunakan untuk mengedit video.

Cara Menggabungkan 4 Video Menjadi 1 Layar Di Capcut

Untuk menggabungkan 4 video menjadi 1 layar di CapCut, kita perlu menambahkan satu layer video lagi pada project. Caranya adalah dengan menekan tombol “Tambahkan Layer” di bawah timeline dan memilih opsi “Video”. Kemudian pilih video keempat yang ingin digabungkan.

Setelah keempat video sudah ditambahkan pada timeline, kita perlu mengatur posisi masing-masing video agar dapat tampil secara bersamaan pada layar yang sama. Caranya adalah dengan menekan salah satu video dan menyeretnya ke bagian tengah layar. Kemudian, lakukan hal yang sama pada video kedua, ketiga, dan keempat hingga keempat video tersebut berada dalam satu layar yang sama.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan efek atau musik pada video tersebut agar terlihat lebih menarik. CapCut menyediakan berbagai macam efek dan musik yang bisa digunakan untuk mengedit video.

Baca Juga: Cara Menjernihkan Video di Capcut, Jadi HD?

Cara Menggabungkan Video Di CapCut Tanpa Jeda

Ketika kita menggabungkan beberapa video, seringkali terjadi jeda atau celah antara satu video dengan video lainnya. Namun, kita dapat mengatasi hal tersebut dengan menggabungkan video di CapCut tanpa jeda.

Caranya adalah dengan menekan tombol “Tambahkan Layer” di bawah timeline dan memilih opsi “Video”. Kemudian pilih video yang ingin digabungkan. Setelah itu, tarik video tersebut ke timeline dan letakkan tepat di bawah video sebelumnya. Pastikan kedua video tersebut saling menempel agar tidak ada jeda di antaranya.

Lakukan hal yang sama pada video berikutnya hingga semua video sudah tergabung tanpa adanya jeda. Selain itu, kita juga bisa menambahkan efek atau musik pada video tersebut agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Kolase Video Di Capcut

Orang Juga Bertanya

Untuk menggabungkan dua video, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi video editing yang tersedia di pasaran. Berikut beberapa aplikasi yang bisa di coba:

  • Adobe Premiere Pro: Adobe Premiere Pro adalah salah satu aplikasi editing video profesional terbaik yang tersedia saat ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menggabungkan dua video, memotong bagian yang tidak diinginkan, menambahkan efek dan transisi, serta melakukan banyak hal lainnya.
  • iMovie: iMovie adalah aplikasi editing video yang dirancang khusus untuk pengguna Mac. Aplikasi ini mudah digunakan dan menyediakan berbagai fitur yang berguna, termasuk menggabungkan dua video, menambahkan efek, dan memotong bagian yang tidak diinginkan.
  • Filmora: Filmora adalah aplikasi editing video yang populer di kalangan pengguna Windows. Dengan aplikasi ini, kamu dapat menggabungkan dua video, menambahkan efek dan transisi, dan melakukan banyak hal lainnya.
  • Kapwing: Kapwing adalah aplikasi online yang memungkinkan untuk mengedit video secara gratis. Dalam aplikasi ini, kamu dapat menggabungkan dua video, memotong bagian yang tidak diinginkan, menambahkan efek dan transisi, serta melakukan banyak hal lainnya.
Itu adalah beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk menggabungkan dua video. Pastikan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan sistem operasi yang di gunakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengedit video di aplikasi CapCut:

  • Pertama, buka aplikasi CapCut dan pilih opsi “Buat Proyek Baru”.
  • Selanjutnya, pilih video yang ingin kamu edit dan import ke dalam proyekmu.
  • Pada layar utama, kamu akan melihat banyak pilihan efek, teks, musik, filter, dan transisi. Kamu bisa menambahkan efek apa saja yang kamu suka pada video.
  • Setelah memilih efek yang kamu inginkan, kamu dapat mengatur durasi, kecepatan, dan pengaturan lainnya untuk efek tersebut.
  • Kamu juga dapat menambahkan teks ke dalam video dengan memilih opsi “Teks” pada layar utama dan mengetik teks yang kamu inginkan. Kamu dapat mengatur ukuran, font, warna, dan animasi teks tersebut.
  • Untuk menambahkan musik, kamu bisa memilih opsi “Musik” pada layar utama, lalu pilih lagu yang ingin kamu tambahkan. Kamu dapat memangkas lagu tersebut, mengatur volume, dan menambahkan efek suara.
  • Terakhir, kamu bisa menambahkan transisi antara klip video dengan memilih opsi “Transisi” pada layar utama dan memilih transisi yang ingin kamu gunakan.
  • Setelah selesai mengedit video, kamu dapat mengunduh video tersebut atau membagikannya di platform media sosial. Semoga berhasil dalam mengedit video di CapCut!
Untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu video, kamu dapat menggunakan aplikasi pengedit video seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, atau iMovie.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu video menggunakan Adobe Premiere Pro:

  • Buka Adobe Premiere Pro dan buat proyek baru.
  • Import video yang ingin kamu gabungkan ke dalam proyek.
  • Seret video ke timeline di bagian bawah layar.
  • Urutkan video sesuai dengan urutan yang diinginkan dengan menyeret dan melepaskan video pada urutan yang tepat.
  • Jika perlu, potong video dengan menggunakan alat pemotong pada timeline.
  • Setelah semua video ditempatkan di urutan yang tepat, buat transisi antara video dengan memilih transisi yang diinginkan dan menyeretnya ke timeline di antara dua video.
  • Terakhir, ekspor video baru tersebut dengan memilih opsi ekspor di Adobe Premiere Pro.
  • Semoga bermanfaat!

Rangkuman

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara edit video atas bawah di Capcut dengan fitur kolase. Ada beberapa cara untuk menggabungkan video, mulai dari menggabungkan 2 video menjadi satu layar hingga menggabungkan 4 video menjadi satu layar.

Kita juga telah membahas cara menggabungkan video tanpa jeda dan cara membuat bayangan video di CapCut. Selain itu, kita juga telah mempelajari bagaimana menambahkan layer dan frame dalam proyek video di CapCut.

CapCut memiliki banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit video dengan mudah dan hasil yang profesional. Dengan mengikuti panduan dalam artikel ini, kamu dapat membuat video yang kreatif dan menarik menggunakan aplikasi CapCut.

Baca Juga: Cara Menggabungkan Foto Dan Video Dalam Satu Frame

Akhirnya, penting untuk diingat bahwa editing video adalah proses yang memerlukan waktu dan usaha. Dengan latihan dan kesabaran, kamu dapat memperbaiki keterampilan editing video dan menghasilkan konten yang lebih baik dan menarik.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung