Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang, 5 Tips Mudah!

Pelajari langkah-langkah cara membuat akun YouTube yang menghasilkan uang secara kreatif dengan konten menarikmu sendiri disini!

 
8 m, 58 s
 199 Views
Kamu pasti sudah tahu dong, kalau sekarang banyak orang yang bisa menghasilkan uang dari YouTube. Ya, YouTube adalah salah satu platform video online terbesar di dunia yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagi konten, menyalurkan hobi, dan tentu saja mendapatkan penghasilan.

Tapi, gimana sih caranya membuat akun YouTube yang menghasilkan uang? Apa aja syaratnya? Apa aja yang harus kamu persiapkan? Nah, di artikel ini, JagoEdit akan menjelaskan semua hal yang perlu kamu ketahui tentang cara membuat akun YouTube yang menghasilkan uang. Jadi, simak baik-baik, ya!

Syarat Monetisasi Channel YouTube Terbaru

tanggal berapa uang youtube masuk adsense
Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang, 5 Tips Mudah! 6
Jika ingin menghasilkan uang dari YouTube, kamu perlu memenuhi syarat dan prosedur monetisasi channel YouTube terbaru. Berikut ini adalah informasi lengkap yang perlu kamu ketahui:

  • Syarat Dasar: Kamu harus memiliki 500 subscriber, 3 video publik dalam 90 hari terakhir yang diunggah, dan 3.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir atau 10 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir. kamu juga harus mematuhi kebijakan monetisasi YouTube, tidak terkena teguran pedoman komunitas, mengaktifkan verifikasi 2 langkah, dan menautkan akun AdSense.
  • Syarat Fitur Monetisasi: Setelah memenuhi syarat dasar, kamu dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur monetisasi yang tersedia, seperti iklan, channel membership, merchandise, Super Chat, Super Stickers, dan Super Thanks. Setiap fitur memiliki syarat tersendiri, seperti jumlah subscriber, jumlah video, lokasi geografis, dan jenis konten.
  • Kebijakan Monetisasi: Kamu harus memastikan bahwa kontenmu sesuai dengan pedoman komunitas, kebijakan iklan, dan persyaratan layanan YouTube. Kamu juga harus mengikuti aturan hak cipta dan menghindari konten yang melanggar standar YouTube, seperti kekerasan, pornografi, kebencian, penipuan, dan spam. Jika kamu melanggar kebijakan monetisasi, YouTube dapat menonaktifkan, menangguhkan, atau menghapus channelmu.
Baca Juga: 3+ Cara Memindahkan Channel YouTube ke Email Lain

Inilah Semua Cara Membuat Akun YouTube yang Menghasilkan Uang Di Berbagai Perangkat

cara membuat akun youtube yang menghasilkan uang di android
Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang, 5 Tips Mudah! 7

Untuk membuat akun YouTube yang menghasilkan uang, kamu harus memenuhi beberapa syarat dan langkah yang ditetapkan oleh YouTube. Kamu bisa membuat akun YouTube di berbagai perangkat, seperti hp, laptop, android, iphone, dan lain-lain.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat akun YouTube yang menghasilkan uang di berbagai perangkat.

1. Cara Membuat Akun YouTube yang Menghasilkan Uang di Hp

Kamu bisa membuat akun YouTube yang menghasilkan uang di hp dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi YouTube di hpmu. Jika belum punya, kamu bisa download di Google Play Store atau App Store.
  2. Klik ikon profil di pojok kanan atas, lalu pilih Buat channel.
  3. Pilih nama untuk channel. Kamu bisa menggunakan nama kamu sendiri, atau nama yang sesuai dengan topik atau niche channel kamu. Usahakan nama yang unik, mudah diingat, dan menarik.
  4. Klik Buat. Selamat, kamu sudah berhasil membuat channel YouTube di hp.
  5. Selanjutnya, kamu harus mengatur channel agar bisa menghasilkan uang. Klik ikon profil lagi, lalu pilih YouTube Studio.
  6. Di YouTube Studio, klik menu Monetisasi di sebelah kiri. Di sini, kamu akan melihat syarat-syarat untuk mengaktifkan monetisasi di channel, yaitu:
    • Memiliki minimal 1.000 subscriber.
    • Memiliki minimal 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.
    • Mematuhi kebijakan monetisasi YouTube.
    • Memiliki akun Google AdSense yang terhubung dengan channel.
  7. Jika sudah memenuhi syarat-syarat tersebut, kamu bisa mengajukan permohonan untuk mengaktifkan monetisasi. Kamu akan diminta untuk menyetujui perjanjian mitra YouTube, memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan di video, dan meninjau video untuk memastikan tidak ada pelanggaran kebijakan.
  8. Setelah itu, permohonan akan ditinjau oleh tim YouTube. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari atau minggu, tergantung pada banyaknya permohonan yang masuk. Kamu akan mendapatkan email konfirmasi jika permohonanmu diterima atau ditolak.
  9. Jika permohonan kamu diterima, selamat! Kamu sudah bisa mulai menghasilkan uang dari YouTube. Kamu bisa melihat estimasi penghasilan di menu Analytics di YouTube Studio. Kamu juga bisa mencairkan uang melalui akun Google AdSense yang terhubung dengan channel.
Baca Juga: 8+ Cara Ganti Akun YouTube di Berbagai Perangkat

2. Cara Membuat Akun YouTube yang Menghasilkan Uang di Laptop

Kamu bisa membuat akun YouTube yang menghasilkan uang di laptop dengan cara berikut ini:

  1. Buka situs YouTube.com di browser laptop. Pastikan kamu sudah login dengan akun Google. Jika belum punya, kamu bisa membuatnya di situs google.com.
  2. Klik ikon profil di pojok kanan atas, lalu pilih Buat channel.
  3. Pilih nama untuk channel. Kamu bisa menggunakan nama kamu sendiri, atau nama yang sesuai dengan topik atau niche channel kamu. Usahakan nama yang unik, mudah diingat, dan menarik.
  4. Klik Buat. Selamat, kamu sudah berhasil membuat channel YouTube di laptop kamu.
  5. Selanjutnya, kamu harus mengatur channel kamu agar bisa menghasilkan uang. Klik ikon profil lagi, lalu pilih YouTube Studio.
  6. Selanjutnya sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

Tentu saja itu hanyalah langkah awal untuk mendapatkan uang dari YouTube bagi pemula, yang terpenting agar dapat uang dari youtube dengan cepat hingga mencairkanya adalah membuat channel mu berkembang dengan video yang bermanfaat.

Karena tidak ada cara dapetin uang dari YouTube tanpa upload video, sehingga yang paling ditekankan adalah proses menjadi Content Creator yang baik dan profesional sehingga dapat memproduksi konten berkualitas.

Tips Untuk Pemula Dalam Mengembangkan Channel Dan Segera Mendapatkan Uang

apakah video short di youtube bisa menghasilkan uang
Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang, 5 Tips Mudah! 8
Selain memenuhi syarat dan prosedur monetisasi channel YouTube, kamu juga perlu menerapkan beberapa tips untuk mempercepat pertumbuhan channel kamu dan mendapatkan uang lebih banyak. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

Baca Juga: 10+ Cara Logout Youtube di Berbagai Perangkat Dan Aplikasi

  • Tentukan niche dan target penontonmu. Sebelum membuat video, kamu harus menentukan niche atau topik spesifik yang ingin kamu bahas di channelmu. Niche yang kamu pilih harus sesuai dengan minat, bakat, dan passion, sehingga kamu bisa membuat video dengan lebih mudah dan antusias. Kamu juga harus menentukan target penontonmu, yaitu orang-orang yang berpotensi tertarik dengan nichemu. Kamu bisa menentukan target penonton berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, hobi, atau kebutuhan mereka. Dengan menentukan niche dan target penonton, kamu bisa membuat video yang lebih fokus, relevan, dan menarik bagi mereka.
  • Buat judul dan deskripsi yang mengandung kata kunci. Kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan oleh penonton untuk mencari video yang mereka inginkan di YouTube. Dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan konten video di judul dan deskripsi, kamu bisa meningkatkan kemungkinan video kamu muncul di hasil pencarian atau rekomendasi YouTube. Kamu bisa menggunakan alat-alat seperti Google Keyword Planner, Google Trends, YouTube Analytics, atau TubeBuddy untuk mencari kata kunci yang populer dan relevan dengan nichemu. Kamu juga bisa melihat kata kunci yang digunakan oleh channel YouTube lain yang sejenis, dan mengadaptasinya dengan cara kamu sendiri.
  • Buat thumbnail yang menarik dan profesional. Thumbnail adalah gambar kecil yang mewakili video kamu di YouTube. Thumbnail yang menarik dan profesional bisa membuat penonton tertarik untuk menonton video, sehingga meningkatkan click-through rate (CTR)mu. CTR adalah persentase jumlah orang yang mengeklik video kamu dibandingkan dengan jumlah orang yang melihat video di hasil pencarian atau rekomendasi. Semakin tinggi CTR, semakin baik pula peringkat video di YouTube. Untuk membuat thumbnail yang menarik dan profesional, kamu bisa menggunakan alat-alat seperti Canva, Photoshop, atau PicMonkey. Kamu juga bisa melihat contoh-contoh thumbnail yang bagus dari channel YouTube lain yang sejenis dengan milikmu, dan menirunya dengan gaya kamu sendiri.
  • Buat konten yang berkualitas, bermanfaat, dan kreatif. Konten adalah isi dari videomu, yang mencakup audio, visual, dan narasi. Konten yang berkualitas, bermanfaat, dan kreatif bisa membuat penonton puas, terhibur, dan teredukasi, sehingga meningkatkan waktu menonton, engagement, dan loyalitas mereka. Waktu menonton adalah durasi total yang dihabiskan oleh penonton untuk menonton videomu. Engagement adalah interaksi yang dilakukan oleh penonton dengan videomu, seperti like, comment, share, atau subscribe. Loyalitas adalah kesetiaan penonton untuk menonton video secara rutin. Semua faktor ini bisa mempengaruhi peringkat dan pendapatan video di YouTube. Untuk membuat konten yang berkualitas, bermanfaat, dan kreatif, kamu harus mempersiapkan peralatan yang memadai, seperti kamera, mikrofon, tripod, lampu, dan software editing. Kamu juga harus merencanakan skenario, storyboard, dan script video dengan baik, sehingga video yang dihasilkan memiliki alur, tujuan, dan pesan yang jelas.
  • Promosikan video di platform lain. Selain mengoptimalkan video di YouTube, kamu juga perlu mempromosikan video di platform lain, seperti website, blog, media sosial, atau aplikasi. Dengan mempromosikan video di platform lain, kamu bisa menjangkau penonton yang lebih luas, meningkatkan traffic ke channel, dan membangun kredibilitas sebagai YouTuber. Kamu bisa mempromosikan video di platform lain dengan cara menempatkan embed atau link video kamu di tempat-tempat yang relevan dengan konten milikmu, seperti artikel, postingan, komentar, atau bio. Kamu juga bisa meminta bantuan dari orang lain, seperti teman, kerjasama, atau influencer, untuk mempromosikan video di platform mereka, sehingga kamu bisa mendapatkan exposure yang lebih besar.
Baca Juga: 2+ Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat HP Mati

5 Channel YouTube Untuk Belajar Mengembangkan Channel Terbaik

cara mencairkan uang youtube
Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang, 5 Tips Mudah! 9

Jika ingin belajar bagaimana mengembangkan channel YouTube agar lebih sukses dan populer, kamu bisa menonton beberapa channel YouTube yang memberikan tips, trik, dan tutorial tentang YouTube. Berikut adalah beberapa channel YouTube yang bisa kamu tonton untuk belajar mengembangkan channelmu:

  • Nick Nimmin: Nick Nimmin adalah seorang YouTuber dan konsultan YouTube yang berbagi berbagai informasi dan saran tentang cara membuat video, meningkatkan penonton, mengoptimalkan SEO, dan menghasilkan uang dari YouTube. Nick Nimmin juga sering mengadakan live streaming di mana ia menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penontonnya tentang YouTube.
  • Think Media: Think Media adalah channel YouTube yang didirikan oleh Sean Cannell, seorang YouTuber dan pembicara profesional yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang YouTube. Think Media menyajikan konten-konten yang membantumu untuk memilih peralatan video, mengedit video, mengembangkan strategi konten, dan meningkatkan penghasilan dari YouTube.
  • Sunny Lenarduzzi: Sunny Lenarduzzi adalah seorang YouTuber dan entrepreneur yang mengajarkan cara membangun personal brand, meningkatkan traffic, dan menghasilkan uang dari YouTube. Sunny Lenarduzzi juga memberikan inspirasi dan motivasi bagi kamu yang ingin menjadi YouTuber sukses.
  • Derral Eves: Derral Eves adalah seorang YouTuber dan ahli YouTube yang telah membantu lebih dari 500 channel YouTube untuk mencapai lebih dari 1 miliar penonton. Derral Eves membagikan rahasia-rahasia dan teknik-teknik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan peringkat, penonton, dan pendapatan dari YouTube. Derral Eves juga merupakan pendiri VidSummit, sebuah acara tahunan yang menghadirkan para pakar dan influencer YouTube dari seluruh dunia.
  • Roberto Blake: Roberto Blake adalah seorang YouTuber dan kreator konten yang mengajarkan cara membuat video yang berkualitas, mengembangkan kreativitas, dan menghasilkan uang dari YouTube. Roberto Blake juga memberikan tips dan trik tentang cara mengelola bisnis online, membangun komunitas, dan meningkatkan produktivitas.
Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Video Youtube Terbaik Di Hp Tanpa Watermark

Penutup

Nah, itu dia, cara membuat akun YouTube yang menghasilkan uang di berbagai perangkat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk memulai karir sebagai YouTuber.

Jangan lupa untuk selalu membuat konten yang berkualitas, relevan, dan menarik bagi penonton. Juga, jaga etika dan profesionalisme kamu sebagai YouTuber. Jangan sampai melanggar kebijakan atau hak cipta YouTube.

Ingat, YouTube adalah platform yang bisa memberikan kamu kesempatan untuk berkreasi, berbagi, dan menghasilkan uang. Tapi, juga bisa menjadi bumerang jika kamu tidak bertanggung jawab dan tidak menghargai orang lain. Jadi, gunakanlah YouTube dengan bijak dan bertanggung jawab, ya.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung