Photo of author
Author:
Telah menggunakan Telegram untuk waktu yang lama, sehingga memahami bagaimana dan supaya mengoptimalkan penggunaannya.

4+ Cara Membuat Link Telegram Menuju Chat Langsung

Optimalkan interaksi dengan pengguna dengan mempelajari 4 cara membuat link Telegram menuju chat langsung yang memudahkan akses ke obrolan!

 
11 m, 38 s
 195 Views
Tutorial dari JagoEdit berikut ini akan memberikan panduan tentang cara membuat link telegram menuju chat langsung yang sangat mudah untuk diikuti.

Mungkin kamu sudah tahu apa itu Telegram, kan? Telegram adalah aplikasi pesan instan yang populer di kalangan anak muda karena fitur-fiturnya yang keren dan canggih.

Salah satu fitur yang menarik adalah kemampuan untuk membuat link yang bisa langsung menuju ke chat tanpa harus repot-repot cari akun ataupun grup dan chanel.

Ini berguna banget buat kamu yang mau share link grup Telegrammu ke teman-teman atau media sosial lainnya. Atau, kamu juga bisa membuat link yang bisa langsung mengirim pesan ke akunmu tanpa harus add kontak dulu. Ini bisa membantu untuk mempromosikan produk atau jasa dengan mudah dan efektif.

Tapi, gimana sih cara membuat link telegram menuju chat langsung itu? Apakah susah atau mudah? Apakah perlu aplikasi tambahan atau tidak? Apakah bisa dilakukan di semua perangkat atau hanya di beberapa saja?

Nah, di artikel ini, akan dijawab semua pertanyaan itu dengan detail dan lengkap setiap langkah demi langkah untuk membuat link telegram menuju chat langsung.

Baca Juga: 3 Cara Mengganti Tulisan Online di Telegram Dengan Mudah

Ada juga beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan link telegram ini. Jadi, simak baik-baik artikel ini sampai habis, ya.

Agar lebih mudah dipahami, artikelnya akan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jenis link yang ingin di buat. Seperti cara membuat link untuk akun profil, grup, dan channel milik sendiri, dan juga cara mengambil link untuk akun profil, grup, dan channel milik orang lain.

Jika ingin membuat link telegram menuju chat langsung untuk akun profil milik sendiri, kamu harus memiliki username untuk akun profilmu. Username adalah nama unik yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi diri di Telegram. Username juga berguna untuk membuat link yang bisa langsung menuju ke akun profil tanpa harus menggunakan nomor telepon atau ID.

Untuk membuat username untuk akun profilmu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkatmu.
  2. Pilih menu Settings atau Pengaturan di pojok kiri bawah layar.
  3. Pilih Edit Profile atau Edit Profil.
  4. Pilih Username atau Nama Pengguna. Kemudian, masukkan username yang kamu inginkan. Username harus terdiri dari huruf, angka, atau underscore (_). Username juga harus diawali dengan tanda @. Contoh: @usernameku.
  5. Jika username yang kamu masukkan sudah tersedia, kamu akan melihat tanda centang hijau di sampingnya. Jika tidak, kamu akan melihat tanda silang merah dan pesan bahwa username tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Kamu harus mencoba username lain yang masih tersedia.
  6. Setelah kamu mendapatkan username yang tersedia, ketuk Save atau Simpan untuk menyimpan usernamemu.
Baca Juga: 2+ Cara Nobar di Telegram Lewat HP Android, iPhone dan PC

Setelah membuat username untuk akun profilmu, kamu bisa membuat link telegram menuju chat langsung untuk akun profil dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkatmu.
  2. Pilih chat pribadi yang ingin kamu buat linknya. Pastikan chat tersebut adalah chat dengan akun profil kamu sendiri. Kamu bisa mencarinya di kolom pencarian atau di daftar chat.
  3. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih Share My Contact.
  4. Setelah itu, kamu akan melihat beberapa opsi untuk membagikan link tersebut. Kamu bisa memilih salah satu dari opsi tersebut, seperti Copy Link, Share to…, QR Code, atau Revoke Link. Jika kamu memilih Copy Link, kamu bisa menyalin link tersebut ke clipboard dan menempelkannya di tempat yang kamu inginkan, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya. Jika kamu memilih Share to…, kamu bisa membagikan link tersebut ke aplikasi lain yang terinstal di perangkatmu, seperti Gmail, Google Drive, Dropbox, atau aplikasi lainnya. Jika kamu memilih QR Code, kamu bisa menampilkan kode QR yang berisi link tersebut dan membiarkan orang lain memindainya dengan kamera mereka untuk menuju ke chat dengan akun profilmu. Jika kamu memilih Revoke Link, kamu bisa membatalkan link tersebut sehingga tidak bisa digunakan lagi oleh siapa pun.
Contoh link telegram menuju chat langsung untuk akun profil milik sendiri adalah t.me/usernameku atau telegram.me/usernameku. Jika seseorang mengklik link tersebut, mereka akan langsung menuju ke chat dengan akun profil kamu dan bisa mengirim pesan ke kamu tanpa harus repot mencari akun.

Baca Juga: 3+ Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan

Jika ingin membuat link telegram menuju chat langsung untuk grup milik sendiri, kamu juga harus memiliki username untuk grup tersebut. Untuk membuat username grup, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkatmu.
  2. Pilih grup yang ingin kamu buat username dan linknya. Kamu bisa mencarinya di kolom pencarian atau di daftar chat.
  3. Ketuk nama grup di bagian atas layar. Kamu akan melihat detail tentang grup tersebut, termasuk anggota, admin, dan pengaturan.
  4. Ketuk Edit atau Ubah di pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih Group Type atau Tipe Grup.
  5. Pilih Public Group atau Grup Publik. Kemudian, masukkan username yang kamu inginkan. Username harus terdiri dari huruf, angka, atau underscore (_). Username juga harus diawali dengan tanda @. Contoh: @grupku.
  6. Jika username yang kamu masukkan sudah tersedia, kamu akan melihat tanda centang hijau di sampingnya. Jika tidak, kamu akan melihat tanda silang merah dan pesan bahwa username tersebut sudah digunakan oleh grup lain. Kamu harus mencoba username lain yang masih tersedia.
  7. Setelah kamu mendapatkan username yang tersedia, ketuk Save atau Simpan untuk menyimpan usernamemu.
Baca Juga: 3+ Cara Melihat Orang Online di Telegram Dengan Mudah

Setelah kamu membuat username untuk grupmu, kamu bisa membuat link telegram menuju chat langsung untuk grup kamu dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkatmu.
  2. Pilih grup yang ingin kamu buat linknya. Pastikan grup tersebut sudah memiliki username yang kamu buat sebelumnya.
  3. Ketuk nama grup di bagian atas layar. Kamu akan melihat detail tentang grup tersebut, termasuk anggota, admin, dan pengaturan.
  4. Ketuk Share Group Link atau Bagikan Link Grup. Kamu akan melihat beberapa opsi untuk membagikan link tersebut. Kamu bisa memilih salah satu dari opsi tersebut, seperti Copy Link, Share to…, QR Code, atau Revoke Link. Jika kamu memilih Copy Link, kamu bisa menyalin link tersebut ke clipboard dan menempelkannya di tempat yang kamu inginkan, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya. Jika kamu memilih Share to…, kamu bisa membagikan link tersebut ke aplikasi lain yang terinstal di perangkatmu, seperti Gmail, Google Drive, Dropbox, atau aplikasi lainnya. Jika kamu memilih QR Code, kamu bisa menampilkan kode QR yang berisi link tersebut dan membiarkan orang lain memindainya dengan kamera mereka untuk menuju ke grupmu. Jika kamu memilih Revoke Link, kamu bisa membatalkan link tersebut sehingga tidak bisa digunakan lagi oleh siapa pun.
Contoh link telegram menuju chat langsung untuk grup milik sendiri adalah t.me/grupku atau telegram.me/grupku. Jika seseorang mengklik link tersebut, mereka akan langsung menuju ke grup kamu dan bisa bergabung dengan grup kamu tanpa harus join dulu.

Baca Juga: 4+ Cara Menghilangkan Status Online di Telegram

Jika ingin membuat link telegram menuju chat langsung untuk channel milik sendiri, kamu juga harus memiliki username untuk channelmu. Untuk membuat username untuk channelmu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkatmu.
  2. Pilih channel yang ingin kamu buat username dan linknya. Kamu bisa mencarinya di kolom pencarian atau di daftar chat.
  3. Ketuk nama channel di bagian atas layar. Kamu akan melihat detail tentang channel tersebut, termasuk anggota, admin, dan pengaturan.
  4. Ketuk Edit atau Ubah di pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih Channel Type atau Tipe Channel.
  5. Pilih Public Channel atau Channel Publik. Kemudian, masukkan username yang kamu inginkan. Username harus terdiri dari huruf, angka, atau underscore (_). Username juga harus diawali dengan tanda @. Contoh: @channelku.
  6. Jika username yang kamu masukkan sudah tersedia, kamu akan melihat tanda centang hijau di sampingnya. Jika tidak, kamu akan melihat tanda silang merah dan pesan bahwa username tersebut sudah digunakan oleh channel lain. Kamu harus mencoba username lain yang masih tersedia.
  7. Setelah kamu mendapatkan username yang tersedia, ketuk Save atau Simpan untuk menyimpan usernamemu.
Setelah kamu membuat username untuk channelmu, kamu bisa membuat link telegram menuju chat langsung untuk channel kamu dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkatmu.
  2. Pilih channel yang ingin kamu buat linknya. Pastikan channel tersebut sudah memiliki username yang kamu buat sebelumnya.
  3. Ketuk nama channel di bagian atas layar. Kamu akan melihat detail tentang channel tersebut, termasuk anggota, admin, dan pengaturan.
  4. Ketuk Share Channel Link atau Bagikan Link Channel. Kamu akan melihat beberapa opsi untuk membagikan link tersebut. Kamu bisa memilih salah satu dari opsi tersebut, seperti Copy Link, Share to…, QR Code, atau Revoke Link. Jika kamu memilih Copy Link, kamu bisa menyalin link tersebut ke clipboard dan menempelkannya di tempat yang kamu inginkan, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya. Jika kamu memilih Share to…, kamu bisa membagikan link tersebut ke aplikasi lain yang terinstal di perangkatmu, seperti Gmail, Google Drive, Dropbox, atau aplikasi lainnya. Jika kamu memilih QR Code, kamu bisa menampilkan kode QR yang berisi link tersebut dan membiarkan orang lain memindainya dengan kamera mereka untuk menuju ke channelmu. Jika kamu memilih Revoke Link, kamu bisa membatalkan link tersebut sehingga tidak bisa digunakan lagi oleh siapa pun.
Baca Juga: 2+ Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat HP Mati

Contoh link telegram menuju chat langsung untuk channel milik sendiri adalah t.me/channelku atau telegram.me/channelku. Jika seseorang mengklik link tersebut, mereka akan langsung menuju ke channel kamu dan bisa melihat postingan-postingan yang kamu buat di channel kamu tanpa harus join dulu.

Jika ingin mengambil link telegram menuju chat langsung untuk akun profil, grup, atau channel milik orang lain, kamu harus mengetahui username untuk akun profil, grup, atau channel tersebut.

Untuk mengetahui username untuk akun profil, grup, atau channel milik orang lain, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkatmu.
  2. Pilih chat, grup, atau channel yang ingin kamu ambil linknya. Kamu bisa mencarinya di kolom pencarian atau di daftar chat.
  3. Ketuk nama chat, grup, atau channel tersebut di bagian atas layar. Kamu akan melihat detail tentang chat, grup, atau channel tersebut, termasuk anggota, admin, dan pengaturan.
  4. Perhatikan apakah ada username yang ditampilkan di bawah nama chat, grup, atau channel tersebut. Jika ada, itu berarti chat, grup, atau channel tersebut memiliki username yang bisa kamu gunakan untuk mengambil linknya. Jika tidak ada, itu berarti chat, grup, atau channel tersebut tidak memiliki username dan kamu tidak bisa mengambil linknya.
Untuk mengambil link telegram menuju chat langsung untuk akun profil, grup, atau channel milik orang lain, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkatmu.
  2. Pilih chat, grup, atau channel yang ingin kamu ambil linknya. Pastikan chat, grup, atau channel tersebut memiliki username yang sudah kamu ketahui sebelumnya.
  3. Ketik username tersebut di kolom pencarian. Kamu akan melihat hasil pencarian yang menampilkan chat, grup, atau channel tersebut.
  4. Ketuk dan tahan hasil pencarian tersebut. Kemudian, pilih Copy Link atau Salin Link untuk menyalin link tersebut ke clipboardmu.
Baca Juga: 2+ Cara Agar YouTube Music Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

Jika kamu menggunakan laptop atau PC, kamu juga bisa membuat link telegram menuju chat langsung dengan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs web Telegram di browsermu. Kamu bisa mengaksesnya di telegram.org atau web.telegram.org. Pastikan kamu sudah login dengan akun Telegrammu.
  2. Pilih chat atau grup yang ingin kamu buat linknya. Kamu bisa mencarinya di kolom pencarian atau di daftar chatmu.
  3. Klik kanan pada chat atau grup tersebut. Kemudian, pilih Copy Link. Ini akan menyalin link tersebut ke clipboardmu.
  4. Selesai! Kamu sudah berhasil membuat link telegram menuju chat langsung dari laptop atau PCmu. Sekarang, kamu bisa menempelkan link tersebut di tempat yang kamu inginkan, seperti email, blog, website, atau media sosial lainnya.

Setelah kamu berhasil membuat link telegram menuju chat langsung, kamu bisa mengoptimalkan penggunaannya dengan beberapa tips dan trik berikut ini:

  • Kamu bisa mengubah link tersebut menjadi lebih pendek dan menarik dengan menggunakan layanan seperti bit.ly atau tinyurl.com. Ini akan membuat link tersebut lebih mudah diingat dan dibagikan.
  • Kamu bisa menambahkan teks yang kamu inginkan setelah tanda “/” di akhir link tersebut. Misalnya, jika link kamu adalah t.me/username, kamu bisa mengubahnya menjadi t.me/username/halo atau t.me/username/promo. Ini akan membuat link tersebut lebih personal dan relevan dengan tujuanmu.
  • Kamu bisa menambahkan parameter “?start=” atau “?startgroup=” di akhir link tersebut untuk membuat pesan otomatis yang akan dikirimkan ke chat atau grup Telegram kamu ketika seseorang mengklik link tersebut. Misalnya, jika link kamu adalah t.me/username, kamu bisa mengubahnya menjadi t.me/username?start=selamat_datang atau t.me/username?startgroup=ayo_gabung. Ini akan membuat link tersebut lebih interaktif dan menarik perhatian orang yang mengkliknya.
  • Kamu bisa menambahkan parameter “?text=” di akhir link tersebut untuk membuat teks yang sudah terisi di kolom pesan ketika seseorang mengklik link tersebut. Misalnya, jika link kamu adalah t.me/username, kamu bisa mengubahnya menjadi t.me/username?text=Halo,+saya+mau+pesan+produk+anda. Ini akan memudahkan orang yang mengklik link tersebut untuk mengirim pesan ke kamu tanpa harus mengetiknya sendiri.
Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Menyimpan

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara membuat link telegram menuju chat langsung hingga cara mengoptimalkannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantumu untuk membuat link telegram menuju chat langsung dengan mudah dan cepat.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung