Photo of author
Author:
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.

Cara Membuat Video HD Di CapCut Dengan Mudah

Dapatkan panduan lengkap untuk cara membuat video HD di CapCut dengan mudah dan gratis.

 
6 m, 35 s
 571 Views
Apakah kamu pernah mengalami masalah saat mengirim video ke WhatsApp? Video yang kamu kirim terlihat pecah dan tidak jernih karena resolusinya terlalu rendah.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu membuat video dengan resolusi yang lebih tinggi. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat video HD adalah CapCut. Di artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat video HD di CapCut dan meningkatkan resolusinya agar tidak pecah saat diupload ke WhatsApp.

CapCut adalah aplikasi pengeditan video yang sangat populer di kalangan pengguna TikTok. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit video dengan mudah dan membuatnya terlihat lebih menarik. Selain itu, CapCut juga memiliki fitur untuk meningkatkan resolusi video agar tidak pecah saat diupload ke WhatsApp.

Begini Cara Membuat Video HD Di CapCut

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat video HD di CapCut:

  • Download dan instal aplikasi CapCut: Sebelum kamu dapat mulai membuat video HD di CapCut, kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. CapCut tersedia untuk diunduh di Google Play Store dan App Store. Setelah diunduh, instal aplikasi tersebut pada perangkatmu.
  • Buka aplikasi CapCut: Setelah menginstal aplikasi CapCut, buka aplikasi tersebut dan buat akun baru jika kamu belum memilikinya. Setelah masuk ke akunmu, kamu akan melihat tampilan awal aplikasi CapCut.
  • Pilih video yang ingin kamu edit: Pilih video yang ingin kamu edit dari galeri di perangkatmu. Setelah itu, tambahkan video tersebut ke timeline di aplikasi CapCut.
  • Mengatur ukuran bingkai dan resolusi video: Setelah menambahkan video ke timeline di aplikasi CapCut, kamu dapat mengatur ukuran bingkai dan resolusinya. Ukuran bingkai dan resolusi video yang disarankan adalah 1080p dan 60fps. Namun, jika perangkatmu tidak mendukung resolusi tersebut, kamu dapat memilih resolusi yang lebih rendah seperti 720p.
  • Menggunakan pengaturan Bitrate untuk meningkatkan kualitas video: Untuk meningkatkan kualitas video, kamu dapat menggunakan pengaturan Bitrate. Pengaturan ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur bitrate video agar memiliki kualitas yang lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa pengaturan Bitrate yang terlalu tinggi dapat membuat video menjadi terlalu besar dan sulit diupload ke media sosial.
  • Tambahkan efek, teks, dan musik ke video: Setelah kamu mengatur resolusi dan ukuran bingkai video, kamu dapat menambahkan efek, teks, dan musik ke video untuk membuatnya terlihat lebih menarik.
  • Preview dan simpan video: Setelah selesai mengedit video, kamu dapat memutar video dan melihat hasilnya. Jika sudah puas dengan hasilnya, kamu dapat menyimpan video tersebut dan mengirimkannya ke WhatsApp.

Setelah menambahkan teks atau efek, kamu dapat memilih durasi dari efek atau animasi yang di buat. Jika ingin durasi yang berbeda, cukup geser durasi sesuai dengan yang di inginkan.

Setelah semua editing selesai, kamu dapat mengatur resolusi video dengan cara menekan tombol “Export” di sudut kanan atas. Dalam menu export, kamu dapat memilih resolusi video dan kualitas yang diinginkan, serta ukuran dan format file yang dihasilkan.

Jangan lupa untuk memilih lokasi penyimpanan yang tepat agar video tidak hilang atau terhapus. Setelah proses export selesai, video siap untuk diupload ke platform media sosial favorit atau digunakan untuk keperluan lainnya.

Itulah cara membuat video HD di CapCut. Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana meningkatkan kualitas video menjadi 1080p atau bahkan 4K menggunakan CapCut.

Namun, perlu diingat bahwa meningkatkan resolusi video dapat mempengaruhi kualitas video secara keseluruhan. Oleh karena itu, pastikan bahwa video awal memiliki resolusi yang cukup tinggi sebelum meningkatkannya.

Untuk meningkatkan resolusi video, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka CapCut dan impor video yang ingin kamu tingkatkan resolusinya.
  • Klik pada video di timeline dan pilih opsi “Kustom” di bagian bawah layar.
  • Di bagian “Kualitas”, pilih resolusi yang diinginkan, seperti 1080p atau 4K.
  • Klik “Selesai” dan biarkan CapCut mengolah video dengan resolusi yang lebih tinggi.
  • Setelah proses selesai, kamu akan memiliki video dengan resolusi yang lebih tinggi.
Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pastikan untuk mempertimbangkan kualitas video sebelum meningkatkan resolusinya, karena proses ini dapat membuat video terlihat lebih pecah atau blur.

Selain itu, CapCut juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bitrate dan frame rate video untuk meningkatkan kualitasnya. Bitrate mengacu pada jumlah data yang digunakan untuk merekam video, sementara frame rate mengacu pada jumlah frame yang direkam per detik.

Baca Juga: Resolusi CapCut Agar Tidak Pecah Di Wa, IG Dan TikTok

Untuk menyesuaikan bitrate dan frame rate video di CapCut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka CapCut dan impor video yang ingin di tingkatkan kualitasnya.
  • Klik pada video di timeline dan pilih opsi “Kustom” di bagian bawah layar.
  • Di bagian “Kualitas”, klik pada opsi “Pengaturan Bitrate” atau “Pengaturan Frame Rate”.
  • Sesuaikan bitrate atau frame rate sesuai dengan preferensimu.
  • Klik “Selesai” dan CapCut akan mengolah video dengan bitrate atau frame rate yang telah kamu tentukan.

Dengan meningkatkan bitrate dan frame rate video, kamu dapat meningkatkan kualitas video secara signifikan. Namun, pastikan untuk memilih bitrate dan frame rate yang sesuai dengan spesifikasi perangkat yang akan digunakan untuk memutar video tersebut, karena tidak semua perangkat mendukung bitrate atau frame rate yang tinggi.

Sekarang, mari kita bahas bagaimana mengubah ukuran video di CapCut. Salah satu alasan untuk mengubah ukuran video adalah agar dapat menguploadnya ke platform media sosial tertentu, seperti Instagram, yang memiliki batasan ukuran file. Dengan mengubah ukuran video, kamu dapat memastikan bahwa video dapat diupload tanpa masalah.

Baca Juga: Cara Menjernihkan Video Di Vn Jadi HD

Untuk mengubah ukuran video di CapCut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka CapCut dan impor video yang ingin kamu ubah ukurannya.
  • Klik pada video di timeline dan pilih opsi “Kustom” di bagian bawah layar.
  • Di bagian “Ukuran”, pilih ukuran yang diinginkan, seperti 1:1 atau 16:9.
  • Klik “Selesai” dan CapCut akan mengolah video dengan ukuran yang kamu pilih.
Disini kamu juga bisa mengatur ukuran bingkai dan rasio aspek video di CapCut. Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat video yang sesuai dengan format yang dibutuhkan di platform yang berbeda-beda, seperti VT, IG, Short, atau YouTube.

Dalam menu “Ukuran”, kamu bisa memilih rasio aspek yang berbeda-beda, seperti 1:1, 16:9, 9:16, atau 4:3. Kamu juga bisa mengatur ukuran bingkai video dengan menggeser slidernya ke kiri atau ke kanan.

Selain itu, CapCut juga menyediakan berbagai efek dan filter yang bisa kamu tambahkan pada video-mu. Kamu bisa menemukan efek dan filter tersebut di menu “Efek”. Beberapa efek yang populer di antaranya adalah “Glitch”, “VHS”, dan “Film Grain”.

Filter yang tersedia juga beragam, seperti “Warm”, “Cool”, atau “Sepia”. Kamu bisa menambahkan efek dan filter tersebut dengan mudah dan mengatur intensitasnya sesuai keinginan.

Selain fitur-fitur di atas, CapCut juga memiliki fitur lain yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah fitur “Text”, yang memungkinkan kamu untuk menambahkan teks pada video-mu.

Kamu bisa memilih font, warna, dan ukuran teks yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan animasi teks yang bergerak atau efek-efek keren lainnya.

Baca Juga: Cara Menjernihkan Video di Capcut, Jadi HD?

Tidak hanya itu, CapCut juga memiliki fitur “Music” yang memungkinkan kamu untuk menambahkan lagu atau musik pada video-mu. Kamu bisa memilih lagu dari koleksi musik yang tersedia di CapCut atau menggunakan lagu dari perangkat-mu sendiri.

Kamu bisa mengatur volume musik dan mengatur waktu lagu sesuai dengan durasi video-mu.

Setelah kamu selesai mengedit video-mu dengan CapCut, saatnya untuk menyimpan dan mengunggahnya. Kamu bisa menyimpan video-mu di perangkat-mu dengan cara mengklik tombol “Simpan”.

Untuk mengunggahnya ke platform video favorit-mu, seperti YouTube atau TikTok, kamu bisa menggunakan fitur “Bagikan” di CapCut. Kamu bisa mengunggah video-mu langsung dari CapCut atau menyimpannya terlebih dahulu di perangkat-mu dan mengunggahnya secara manual.

Setelah membaca tutorial tentang cara membuat video HD di CapCut ini, tentunya sudah sadar bahwa dengan menggunakan CapCut, kamu bisa membuat video yang jernih dan berkualitas tinggi dengan mudah. Jangan lupa untuk memperhatikan resolusi video dan bitrate saat mengedit agar hasilnya tidak pecah atau blur.

Demikianlah tutorial tentang cara membuat video HD di CapCut. Meskipun tidak semua fitur CapCut dibahas, namun setidaknya kamu sudah bisa menggunakan fitur dasar untuk menghasilkan video berkualitas tinggi dengan resolusi yang jernih dan tajam.

Dalam waktu singkat, kamu bisa membuat video dengan efek dan musik yang menarik, sehingga siap memukau audiens di media sosial atau platform video lainnya.

Baca Juga: Cara Menjernihkan Video di Inshot: Jadi HD?

Ingatlah bahwa kualitas video tidak hanya bergantung pada CapCut semata. Kamu juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain seperti sumber video yang digunakan, cahaya, dan audio yang jernih. Dalam pengeditan video, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan seperti tidak terlalu banyak mengaplikasikan efek dan transisi yang berlebihan, karena bisa mengurangi kualitas dan membuat video terlihat buram atau pecah.

Jadi, tunggu apalagi? Segera download CapCut dan buat video berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung