Photo of author
Author:
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.

2+ Cara Memutar YouTube di Latar Belakang Gratis Semua Perangkat

Inilah semua cara memutar YouTube di latar belakang secara gratis baik di hp Android, iOS bahkan Pc atau laptop.

 
11 m, 53 s
 319 Views
YouTube adalah salah satu platform video terbesar dan terpopuler di dunia. Dengan YouTube, kamu bisa menonton berbagai macam video, mulai dari video musik, film, tutorial, hiburan, edukasi, dan masih banyak lagi. YouTube juga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi penggunanya.

Namun, ada satu masalah yang sering dihadapi saat menonton YouTube. Masalah itu adalah YouTube tidak bisa diputar di latar belakang.

Artinya, jika kamu keluar dari aplikasi YouTube atau mematikan layar ponsel, video YouTube yang kamu tonton juga akan berhenti. Padahal, terkadang pengguna ingin tetap mendengarkan suara video YouTube sambil melakukan hal lain, misalnya browsing, bermain game, chatting, atau bahkan tidur.

Lalu, bagaimana cara untuk memutar YouTube di latar belakang tanpa harus menonton videonya? Apakah ada cara yang mudah dan gratis untuk melakukannya?

Jawabannya adalah ya, ada. Di artikel ini, JagoEdit akan membahas cara memutar YouTube di latar belakang dengan berbagai trik dan metode yang bisa kamu coba di semua perangkat, baik itu Android, iPhone, PC, laptop, atau apapun. Ini juga termasuk untuk YouTube Music, loh!

Alasan Mengapa YouTube Tidak Bisa Diputar di Latar Belakang

Sebelum membahas cara memutar YouTube di latar belakang, kamu perlu tahu dulu alasan mengapa YouTube tidak bisa diputar di latar belakang.

Baca Juga: 2+ Cara Mengaktifkan Fitur Sleep Timer di YouTube Music

Alasan utamanya adalah karena YouTube adalah platform video, bukan audio. YouTube menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di video, bukan di audio. Jadi, jika kamu hanya mendengarkan audio tanpa menonton video, YouTube akan rugi karena tidak mendapatkan pendapatan dari iklan.

Selain itu, YouTube juga harus menghormati hak cipta dari para pembuat konten yang mengunggah video di platformnya. Jika kamu bisa memutar YouTube di latar belakang, kamu bisa mengubah YouTube menjadi layanan streaming musik gratis, yang tentu saja merugikan para musisi dan label musik yang memiliki hak cipta atas lagu-lagu yang ada di YouTube.

Oleh karena itu, YouTube tidak memungkinkan penggunanya untuk memutar YouTube di latar belakang secara default. Kamu harus membayar langganan YouTube Premium jika kamu ingin menikmati fitur ini.

YouTube Premium adalah layanan berbayar yang memberikan kamu akses ke fitur-fitur eksklusif, seperti memutar YouTube di latar belakang, menonton video tanpa iklan, mengunduh video untuk ditonton offline, dan menikmati layanan YouTube Music dan YouTube Originals.

Namun, tidak semua orang mau atau mampu membayar langganan YouTube Premium. Apalagi, harga YouTube Premium di Indonesia cukup mahal, yaitu Rp 79.000 per bulan untuk individu dan Rp 119.000 per bulan untuk keluarga. Jadi, banyak orang yang mencari cara alternatif untuk bisa memutar YouTube di latar belakang tanpa harus membayar.

Keuntungan dari Bisa Memutar YouTube di Latar Belakang

Lalu, apa sih keuntungan dari bisa memutar YouTube di latar belakang? Apakah ada manfaatnya bagi kita? Tentu saja ada! Berikut adalah beberapa keuntungan dari bisa memutar YouTube di latar belakang:

Baca Juga: 3+ Cara Download Lagu di YouTube Music Gratis

  • Kamu bisa mendengarkan video YouTube sambil melakukan hal lain, seperti browsing, bermain game, chatting, atau bahkan tidur. Ini bisa membuatmu lebih produktif dan efisien, karena tidak perlu membagi perhatian antara menonton video dan melakukan hal lain.
  • Kamu bisa menghemat baterai dan kuota internet, karena tidak perlu menyalakan layar ponsel atau mengunduh video YouTube yang ukurannya besar. Kamu hanya perlu mendengarkan audio yang ukurannya lebih kecil dan tidak membutuhkan banyak daya dan data.
  • Kamu bisa menikmati video YouTube yang tidak tergantung pada gambar, seperti video musik, podcast, audiobook, meditasi, motivasi, dan lain-lain. Kamu tidak perlu melihat gambar yang ada di video, karena bisa fokus pada suara yang ada di video. Kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dan lebih dalam saat mendengarkan video YouTube di latar belakang.

Cara Memutar YouTube di Latar Belakang Di Android, iOS, Laptop Dan Pc

Nah, sekarang kamu sudah tahu alasan dan keuntungan dari bisa memutar YouTube di latar belakang. Sekarang, saatnya membahas cara memutar YouTube di latar belakang dengan berbagai trik dan metode yang bisa kamu coba di semua perangkat, baik itu Android, iPhone, PC, laptop, atau apapun.

Berikut adalah beberapa cara memutar YouTube di latar belakang yang bisa kamu coba:

Cara 1: Mendaftar YouTube Premium

Cara pertama dan paling resmi untuk bisa memutar YouTube di latar belakang adalah dengan mendaftar YouTube Premium.

YouTube Premium adalah layanan berbayar yang memberikan kamu akses ke fitur-fitur eksklusif, seperti memutar YouTube di latar belakang, menonton video tanpa iklan, mengunduh video untuk ditonton offline, dan menikmati layanan YouTube Music dan YouTube Originals.

Untuk mendaftar YouTube Premium, kamu harus membayar langganan bulanan yang harganya bervariasi tergantung pada negara dan jenis paket yang kamu pilih.

Baca Juga: 2+ Cara Agar YouTube Music Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

Di Indonesia, harga YouTube Premium adalah Rp 79.000 per bulan untuk individu dan Rp 119.000 per bulan untuk keluarga. Kamu juga bisa mencoba YouTube Premium secara gratis selama satu bulan jika kamu belum pernah mendaftar sebelumnya.

Keuntungan dari mendaftar YouTube Premium adalah kamu bisa mendapatkan fitur memutar YouTube di latar belakang secara resmi dan legal. Kamu juga bisa mendukung para pembuat konten yang kamu sukai, karena mereka akan mendapatkan bagian dari pendapatan YouTube Premium. Kamu juga bisa menikmati layanan YouTube Music dan YouTube Originals yang memiliki konten-konten eksklusif dan berkualitas.

Namun, kekurangan dari mendaftar YouTube Premium adalah kamu harus mengeluarkan uang setiap bulan untuk membayar langganan. Apalagi, harga YouTube Premium di Indonesia cukup mahal, terutama jika kamu membandingkannya dengan layanan streaming musik lainnya, seperti Spotify, Joox, atau Apple Music.

Jadi, mendaftar YouTube Premium mungkin tidak cocok untuk kamu yang memiliki anggaran yang terbatas atau tidak mau menghabiskan uang untuk menonton YouTube.

Jika tetap ingin mendaftar YouTube Premium, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi YouTube di ponsel atau kunjungi situs web YouTube di browsermu.
  • Klik ikon profil kamu di pojok kanan atas layar.
  • Pilih opsi YouTube Premium.
  • Pilih paket yang kamu inginkan, baik itu individu, pelajar atau keluarga.
  • Masukkan informasi pembayaranmu, seperti nomor kartu kredit, debit, atau dompet digital.
  • Klik Mulai Uji Coba Gratis atau Beli.
  • Selesai. Sekarang kamu sudah bisa menikmati fitur memutar YouTube di latar belakang.

Cara 2: Menggunakan Aplikasi atau Ekstensi

Cara kedua untuk bisa memutar YouTube di latar belakang adalah dengan menggunakan aplikasi atau ekstensi yang bisa membantu kamu melakukan hal ini. Ada banyak aplikasi atau ekstensi yang bisa kamu gunakan, baik itu untuk Android, iPhone, PC, laptop, atau apapun.

Baca Juga: Kenapa YouTube Tidak Bisa Dibuka Padahal Sudah Di Update?

Kamu hanya perlu menginstal aplikasi atau ekstensi tersebut di perangkatmu, lalu membuka YouTube melalui aplikasi atau ekstensi tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memutar YouTube di latar belakang tanpa harus membayar atau mengubah pengaturan apapun.

Keuntungan dari menggunakan aplikasi atau ekstensi adalah bisa memutar YouTube di latar belakang dengan mudah dan gratis. Kamu juga bisa memilih aplikasi atau ekstensi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu, karena ada banyak pilihan yang tersedia. Kamu juga bisa menghapus aplikasi atau ekstensi tersebut kapan saja jika tidak ingin menggunakannya lagi.

Namun, kekurangan dari menggunakan aplikasi atau ekstensi adalah kamu harus berhati-hati dengan keamanan dan privasimu. Kamu harus memastikan bahwa aplikasi atau ekstensi yang digunakan adalah aman dan terpercaya, karena ada beberapa aplikasi atau ekstensi yang bisa mengandung malware, virus, atau spyware yang bisa merusak atau mencuri datamu.

Kamu juga harus memperhatikan hak cipta dan ketentuan layanan YouTube, karena menggunakan aplikasi atau ekstensi yang tidak resmi bisa melanggar hal tersebut dan berisiko mendapatkan sanksi dari YouTube.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi atau ekstensi untuk memutar YouTube di latar belakang, maka bisa mencoba beberapa aplikasi atau ekstensi berikut ini:

  • Untuk Android, kamu bisa mencoba aplikasi YouTube Vanced. YouTube Vanced adalah aplikasi YouTube yang dimodifikasi untuk menambahkan fitur-fitur yang tidak ada di aplikasi YouTube resmi, seperti memutar YouTube di latar belakang, menonton video tanpa iklan, mengubah tema, dan lain-lain. YouTube Vanced bisa diunduh secara gratis dari situs web resminya atau dari APK Mirror. Kamu juga perlu menginstal aplikasi MicroG untuk bisa login dengan akun Google di YouTube Vanced. MicroG juga bisa kamu unduh dari situs web resmi YouTube Vanced atau dari APK Mirror.
  • Untuk iPhone, kamu bisa mencoba aplikasi Dolphin Browser. Dolphin Browser adalah browser web yang memiliki fitur memutar YouTube di latar belakang. Kamu bisa mengunduh Dolphin Browser secara gratis dari App Store. Setelah menginstal Dolphin Browser, kamu bisa membuka YouTube melalui browser tersebut, lalu memutar video yang kamu inginkan. Kemudian, kamu bisa keluar dari Dolphin Browser atau mematikan layar ponsel, dan video YouTube akan tetap berjalan di latar belakang.
  • Untuk PC atau laptop, kamu bisa mencoba ekstensi Enhancer for YouTube. Enhancer for YouTube adalah ekstensi yang bisa menambahkan fitur-fitur yang tidak ada di YouTube, seperti memutar YouTube di latar belakang, menonton video tanpa iklan, mengubah kecepatan, volume, dan kualitas video, dan lain-lain. Enhancer for YouTube bisa kamu pasang secara gratis di browser web yang kamu gunakan, seperti Chrome, Firefox, Edge, atau Opera. Setelah memasang Enhancer for YouTube, kamu bisa membuka YouTube melalui browser web tersebut, lalu memutar video yang diinginkan. Kemudian, klik ikon Enhancer for YouTube di pojok kanan atas layar, lalu mengaktifkan opsi Play videos in the background. Setelah itu, kamu bisa keluar dari browser web atau meminimalkan jendela browser, dan video YouTube akan tetap berjalan di latar belakang.
Baca Juga: Kenapa YouTube Tidak Bisa Digunakan? Ini 5+ Solusinya!

Cara 3: Menggunakan Mode Desktop atau Mode PIP

Cara ketiga untuk bisa memutar YouTube di latar belakang adalah dengan menggunakan mode desktop atau mode PIP (Picture-in-Picture).

Mode desktop adalah mode yang memungkinkan kamu untuk membuka situs web dengan tampilan seperti di PC atau laptop, bukan di ponsel. Mode PIP adalah mode yang memungkinkan kamu untuk menampilkan video dalam bentuk jendela kecil yang bisa kamu geser di layar, sambil tetap bisa mengakses aplikasi lain.

Kedua mode ini bisa kamu gunakan untuk memutar YouTube di latar belakang tanpa harus menginstal aplikasi atau ekstensi apapun.

Keuntungan dari menggunakan mode desktop atau mode PIP adalah kamu bisa memutar YouTube di latar belakang dengan cepat dan praktis. Kamu hanya perlu mengubah pengaturan di browser web yang kamu gunakan, baik itu Chrome, Safari, Firefox, atau apapun.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan keamanan dan privasi kamu, karena kamu tidak perlu mengunduh atau memasang hal-hal yang tidak resmi.

Namun, kekurangan dari menggunakan mode desktop atau mode PIP adalah kamu harus menyesuaikan diri dengan tampilan dan pengoperasian yang berbeda dari biasanya. Kamu juga harus memperhatikan koneksi internet kamu, karena mode desktop atau mode PIP bisa memakan lebih banyak data dan daya dari mode normal.

Kamu juga harus memastikan bahwa perangkat dan browser web yang digunakan mendukung fitur mode desktop atau mode PIP, karena tidak semua perangkat dan browser web bisa melakukannya.

Baca Juga: Kenapa YouTube Tidak Ada Suara? Inilah 10 Solusinya!

Jika ingin menggunakan mode desktop atau mode PIP untuk memutar YouTube di latar belakang, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Untuk Android, kamu bisa menggunakan mode desktop atau mode PIP di browser web Chrome. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Chrome di ponselmu.
  2. Buka situs web YouTube di Chrome.
  3. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  4. Pilih opsi Desktop site untuk mengaktifkan mode desktop. Tampilan YouTube akan berubah menjadi seperti di PC atau laptop.
  5. Pilih dan putar video YouTube yang kamu inginkan.
  6. Klik tombol home di ponsel kamu untuk keluar dari Chrome. Video YouTube akan tetap berjalan di latar belakang dan kamu bisa mendengarkannya dari notifikasi atau kontrol media.
Untuk iPhone, kamu bisa menggunakan mode PIP di browser web Safari. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Safari di ponselmu.
  2. Buka situs web YouTube di Safari.
  3. Pilih dan putar video YouTube yang kamu inginkan.
  4. Klik ikon layar penuh di pojok kanan bawah video.
  5. Klik ikon PIP di pojok kiri atas video. Video akan berubah menjadi jendela kecil yang bisa kamu geser di layar.
  6. Klik tombol home di ponsel kamu untuk keluar dari Safari. Video YouTube akan tetap berjalan di jendela kecil dan kamu bisa mengontrolnya dari sana.

Baca Juga: Kenapa YouTube Tidak Bisa di Update? Ini 9+ Solusinya!

Untuk PC atau laptop, kamu bisa menggunakan mode PIP di browser web Chrome, Firefox, atau Edge. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser web yang kamu gunakan di PC atau laptopmu.
  2. Buka situs web YouTube di browser web tersebut.
  3. Pilih dan putar video YouTube yang kamu inginkan.
  4. Klik kanan dua kali di atas video.
  5. Pilih opsi Picture-in-picture. Video akan berubah menjadi jendela kecil yang bisa kamu geser di layar.
  6. Minimalkan atau tutup browser webmu. Video YouTube akan tetap berjalan di jendela kecil dan kamu bisa mengontrolnya dari sana.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memutar YouTube di Latar Belakang

Setelah mengetahui beberapa cara memutar YouTube di latar belakang, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat melakukannya. Hal-hal ini penting untuk menjaga keamanan, privasi, dan kenyamanan kamu saat menonton YouTube.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memutar YouTube di latar belakang:

  • Pastikan menggunakan koneksi internet yang stabil dan cepat, karena memutar YouTube di latar belakang bisa memakan lebih banyak data dan daya dari mode normal. Jika koneksi internet kamu lemot atau putus, video YouTube yang kamu putar di latar belakang bisa terhenti atau terputus.
  • Pastikan menggunakan perangkat dan browser web yang mendukung fitur memutar YouTube di latar belakang, karena tidak semua perangkat dan browser web bisa melakukannya. Jika perangkat atau browser web tidak mendukung fitur ini, kamu bisa mencoba cara lain yang sudah dibahas sebelumnya.
  • Pastikan mengunduh atau memasang aplikasi atau ekstensi yang aman dan terpercaya, karena ada beberapa aplikasi atau ekstensi yang bisa mengandung malware, virus, atau spyware yang dapat merusak atau mencuri datamu. Jika ragu dengan aplikasi atau ekstensi yang digunakan, kamu bisa menghapusnya atau mencari alternatif yang lebih baik.
  • Pastikan juga menghormati hak cipta dan ketentuan layanan YouTube, karena menggunakan cara-cara yang tidak resmi untuk memutar YouTube di latar belakang bisa melanggar hal tersebut dan berisiko mendapatkan sanksi dari YouTube. Jika ingin mendukung para pembuat konten yang disukai, kamu bisa mendaftar YouTube Premium atau menonton video mereka secara normal.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara memutar YouTube di latar belakang yang bisa kamu coba di semua perangkat. Semoga artikel ini bisa membantu untuk menikmati video YouTube dengan lebih leluasa dan fleksibel.

Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Youtube yang Sudah Usang

Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau masukan tentang artikel ini, maka bisa meninggalkan komentar di bawah ini. Jika menyukai artikel ini, kamu bisa membagikannya ke teman-teman yang mungkin juga membutuhkan.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung