Photo of author
Author:
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.

Cara Mengatasi Google Drive Menunggu di Upload

Berikut ini adalah cara mengatasi Google Drive menunggu di upload dengan mudah dan cepat.

 
5 m, 23 s
 866 Views
Siapa di antara kita yang tak pernah mengalami rasa frustrasi saat mengunggah file ke Google Drive namun gagal terus?

Dalam era digital yang serba cepat ini, menunggu saat-saat yang berharga hanya untuk mengunggah file mungkin bisa membuat emosi memuncak.

Namun, jangan khawatir! Kami telah mengumpulkan beberapa tips dan trik jitu yang akan membantu kamu mengatasi masalah “Google Drive Menunggu di Upload”. Dengan bantuan solusi-solusi kreatif ini, file-filemu akan terupload dengan kecepatan kilat!

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas dulu beberapa alasan mengapa kamu mungkin mengalami masalah “menunggu di upload” saat menggunakan Google Drive.

Hal ini akan memberi kamu pemahaman yang lebih baik tentang situasi ini dan membantu kamu mengatasi masalah dengan lebih efektif.

Kenapa Saat Upload File di Google Drive Selalu Menunggu Wi-Fi?

Masalah “menunggu di upload” saat menggunakan Google Drive terkait dengan pengaturan transfer file melalui Wi-Fi.

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Google Drive Lemot Jadi Ngacir!

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa kamu mungkin mengalami masalah ini:

  1. Fitur “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi” Aktif: Google Drive memiliki fitur yang membatasi transfer file hanya saat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Jika fitur ini diaktifkan, proses upload file akan tertunda jika kamu menggunakan data seluler. Untuk mengatasi masalah ini, matikan fitur “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi” dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Masuk ke Google Drive.
    • Klik ikon navigasi di pojok kiri atas.
    • Gulir dan klik toggle pada opsi “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi” untuk mematikannya.
  2. Keterbatasan Jaringan Wi-Fi: Jika koneksi Wi-Fi yang kamu gunakan lemah atau tidak stabil, proses upload file di Google Drive akan terhambat. Pastikan kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang kuat dan stabil untuk mempercepat proses upload.
  3. Masalah dengan Router atau ISP: Ada kemungkinan bahwa router atau penyedia layanan internet kamu mengalami masalah yang mempengaruhi kecepatan dan stabilitas koneksi Wi-Fi. Periksa router kamu atau hubungi penyedia layanan internet untuk memperbaiki masalah tersebut.
  4. Kapasitas Penyimpanan Google Drive yang Penuh: Jika penyimpanan Google Drive kamu hampir penuh, proses upload file mungkin memakan waktu lebih lama. Pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup di Google Drive kamu untuk mengunggah file dengan lancar.
  5. Masalah dengan Aplikasi atau Perangkat: Terkadang, masalah “menunggu di upload” dapat terkait dengan aplikasi Google Drive atau perangkat yang kamu gunakan. Pastikan aplikasi Google Drive kamu diperbarui ke versi terbaru dan periksa perangkat kamu untuk masalah lain yang mungkin mempengaruhi proses upload.
Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kesalahan Sinkronisasi pada Google Drive

Dengan memahami penyebab-penyebab tersebut, kamu dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah “menunggu di upload” saat menggunakan Google Drive.

Cara mengatasi Google Drive menunggu di upload bukanlah sesuatu yang rumit jika kamu mengikuti langkah-langkah yang kami berikan diatas, atau jika masih belum paham bisa mengikuti tutorial langkah demi langkah yang harus dilakukan berikut ini.

Cara Mengatasi Google Drive Menunggu di Upload

Jika kamu mengalami masalah “menunggu di upload” saat menggunakan Google Drive, langkah-langkah berikut akan membantu kamu mematikan fitur “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi” agar kamu dapat mengunggah file menggunakan data seluler:

  1. Masuk ke Google Drive: Buka aplikasi Google Drive di perangkat kamu atau kunjungi situs web resminya dan masuk ke akun Googlemu.
  2. Akses Pengaturan: Setelah masuk ke Google Drive, klik ikon navigasi di pojok kiri atas layar. Ini biasanya berupa tiga garis horisontal atau tKamu titik.
  3. Pergi ke Pengaturan: Di dalam menu navigasi, gulir ke bawah dan cari opsi “Pengaturan” atau “Settings”. Klik opsi ini untuk membuka halaman pengaturan Google Drive.
  4. Matikan Fitur “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi”: Di halaman pengaturan, cari opsi yang terkait dengan transfer file melalui Wi-Fi. Biasanya, opsi ini ditemukan dengan nama “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi” atau serupa. Klik toggle atau kotak centang yang ada di sebelahnya untuk mematikan fitur ini.
Baca Juga: 5+ Cara Mengatasi Video Is Still Processing Google Drive

Setelah kamu mematikan fitur “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi”, kamu sekarang dapat mengunggah file menggunakan data seluler dengan cepat dan mengatasi masalah “menunggu di upload” yang sering terjadi.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat dengan mudah mengatasi masalah “menunggu di upload” saat menggunakan Google Drive dan memungkinkan diri kamu untuk mengunggah file tanpa harus bergantung pada koneksi Wi-Fi.

Kenapa Upload File di Google Drive Lama?

Selain masalah dengan fitur “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi,” ada beberapa alasan lain mengapa proses upload file di Google Drive bisa memakan waktu yang lama.

Baca Juga: 9+ Cara Mengatasi Gagal Upload di Google Drive

Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Koneksi Jaringan yang Tidak Stabil: Jika kamu mengalami masalah dengan koneksi internet kamu, seperti koneksi yang lambat atau tidak stabil, proses upload file di Google Drive akan terhambat. Pastikan kamu terhubung ke jaringan yang stabil dan kuat untuk mempercepat proses upload.
  • Ukuran File yang Besar: Jika kamu mengunggah file dengan ukuran yang besar, misalnya video atau file audio berkualitas tinggi, maka wajar jika proses upload membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini tergantung pada kecepatan internetmu. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil saat mengunggah file berukuran besar.
  • Server Google Drive yang Sibuk: Kadang-kadang, server Google Drive mungkin sedang sibuk menangani permintaan dari pengguna lain. Ini dapat mempengaruhi kecepatan upload filemu. Jika masalah ini terjadi, coba lakukan upload file di waktu yang berbeda, misalnya saat lalu lintas pengguna Google Drive tidak terlalu padat.
Baca Juga: 9+ Cara Mengatasi Google Drive Can’t Scan This File for Viruses

Penutup

Sekarang, setelah membaca artikel ini, kamu telah mempelajari cara mengatasi masalah “menunggu di upload” saat menggunakan Google Drive.

Kami telah menjelaskan langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mematikan fitur “Transfer File Hanya Melalui Wi-Fi” dan mengunggah file menggunakan data seluler.

Selain itu, kami juga telah membahas beberapa kemungkinan penyebab mengapa proses upload file di Google Drive bisa memakan waktu yang lama.

Kamu tidak perlu khawatir lagi tentang masalah “menunggu di upload” yang sering terjadi. Dengan mengikuti panduan ini, kamu akan dapat mengunggah file dengan cepat dan efisien ke Google Drive.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung Google Drive

Jadi, sekarang saatnya untuk melangkah dan mengatasi kendala ini! Cara mengatasi Google Drive menunggu di upload bukanlah hal yang rumit jika kamu mengikuti langkah-langkah yang kami berikan di atas.

4 pemikiran pada “Cara Mengatasi Google Drive Menunggu di Upload”

  1. Assalamu’alaikum kak maaf sebelumnya saya mau bertanya kenapa ya setiap saya mau upload harus menunnggu Wi-Fi
    padahal saya sudah menonaktifkan fitur transfer melalui wifi , terus menunggu di upload setiap mengupload file jadi saya agak kesulitan untuk mengirim tugas. Saya sudah mencoba beberapa langkah untuk mengatasi hal ini mulai dari update, hapus cache tapi masih tetap sama padahal beberapa bulan kebelakang saya menggunakan drive masih berjalan lancar tapi ketika saya baru baru ini menggunakan nya lagi banyak kendalanya. Saya khawatir di karena tugas banyak di upload nya di google Drive. Mohon solusinya kak bantu saya🙏🥺🥺

    Balas
    • Pastikan lagi transfer file hanya melalui wifi ini benar-benar sudah dimatikan Toggle nya ya. Yaitu toggle berada disebelah kiri dan warnanya hitam, dan pastiin bahwa pengaturan yang di setting itu terdapat pada akun yang digunakan.

      Kemudian jika fitur tersebut sudah di nonaktifkan namun tetap menunggu wifi ini berarti ada yang bermasalah antara Cache aplikasi dan lain-lain.

      Bila sudah hapus Cache, hapus juga cookies nya. Restart hp.

      Bila masih bermasalah coba menggunakan wifi saja, jika lancar berarti pengaturan transfer memang masih hidup dan belum di matikan. Sebaiknya dicoba pada beberapa akun untuk mematikannya ya.

      Balas
  2. kak mau nanya, kenapa drive saya masih ada menunggu upload terus tapi pas saya kirim ulang file yang sama malah bisa. udah saya hapus cache, paksa berhenti, fitur wifi juga sudah saya matikan terus udah saya hapus dari tanda silang itu juga cuma masih tetap menunggu upload aja. cara mengatasinya gimana yaa kak?

    Balas
    • Emang gitu, yang penting kalau sudah di setting terus coba upload lagi aja dan kalau bisa berarti udah bener.

      Balas

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung