Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

10 Cara Mengatasi Google Drive Penuh Paling Mudah

Temukan cara mengatasi Google Drive penuh dan mengosongkan ruang penyimpanan dengan 10 panduan praktis ini.

 
11 m, 21 s
 577 Views
Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah permasalahan yang sering dialami oleh pengguna Google Drive, yaitu Google Drive yang penuh.

Pasti sangat menjengkelkan, bukan, saat kita ingin menyimpan file baru tapi ternyata tidak ada ruang lagi di dalam drive kita. Nah, tenang saja, saya si Eko Trimulyono, akan memberikan solusi-solusi untuk mengatasi masalah ini. So, let’s get started!

Cara Mengatasi Google Drive Penuh: 10 Solusi Untuk Kosongin Penyimpanan

Dibawah ini merupakan beberapa metode yang dapat kamu gunakan sebagai solusi untuk mengatasi Google Drive penuh!

1. Menghapus File yang Sudah Tidak Terpakai

Cara mengatasi Google Drive penuh itu mudah karena kamu hanya perlu melakukan penghapusan file yang sudah tidak terpakai.

Mulai dari foto-foto lama, file-file yang sudah tidak perlu, hingga video-video yang sudah usang, semuanya bisa kita delete untuk memberikan ruang ekstra di dalam Google Drive kita.

Ingat, semakin banyak file yang dihapus, semakin besar ruang yang akan kita dapatkan. Jadi, jangan takut untuk bersih-bersih, tapi juga harus memperhatikan file penting supaya tidak terhapus ya.

2. Menghapus File Duplikat

Cobain deh cek Google Drive kamu sekarang. Mungkin saja ada beberapa file duplikat yang tanpa sengaja kita simpan di dalamnya.

Nah, daripada menghabiskan ruang yang berharga, sebaiknya kita menghapus file duplikat tersebut. Kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kita mengidentifikasi dan menghapus file duplikat dengan mudah. Ingat, bersih-bersih itu penting!

3. Mengosongkan Folder “Rubbish Bin” atau “Tempat Sampah”

Ternyata Google Drive juga punya tempat sampah, loh! Jadi, ketika kita delete suatu file, file tersebut sebenarnya tidak langsung hilang, melainkan masuk ke dalam folder yang bernama “Rubbish Bin” atau “Tempat Sampah”.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Google Drive Limit: Semua Solusi

Nah, kalau kita sudah yakin tidak akan membutuhkannya lagi, mengosongkan folder sampah ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengosongkan ruang penyimpanan Google Drive kita. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa dan menghapus file di dalamnya, ya.

4. Menggunakan Aplikasi Kompresi File

Solusi selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi kompresi file. Dengan cara ini, kita bisa mengurangi ukuran file tanpa mengurangi kualitasnya. Jadi, lebih hemat ruang, tapi tidak kehilangan kualitas.

Oleh karena itu, aplikasi kompresi file ini bisa menjadi teman yang baik dalam mengatasi Google Drive yang penuh. Coba deh cari aplikasi kompresi file di Play Store atau App Store, kemudian praktikkan langkah-langkahnya. Gampang banget, kan?

5. Membuat File Baru dengan Menghapus yang Lama

Sekarang kita akan menggunakan metode yang seru dan menarik, yaitu dengan membuat file baru sambil menghapus yang lama.

Coba bayangkan kita punya file yang sudah lama, tapi tetap berharga, dan kita juga ingin menyimpan file baru.

Nah, dengan menghapus file lama yang sudah tidak terlalu dibutuhkan, kita bisa membuat file baru tanpa khawatir drive kita penuh. Intinya, kelola file-file kita dengan baik, jangan terlalu rakus, ya.

6. Membuat Folder untuk Mengorganisir File

Organisasi itu penting, teman-teman! Mungkin saja drive kita penuh karena kita tidak memiliki struktur folder yang rapi.

Buatlah folder-folder yang sesuai dengan kategori file kita. Misalnya, folder untuk foto, folder untuk dokumen, folder untuk video, dan sebagainya.

Dengan cara ini, kita bisa lebih mudah mencari file yang kita butuhkan, serta membuat Google Drive kita lebih teratur dan efisien.

7. Menggunakan Layanan Cloud Storage Lainnya

Jika Google Drive kita sudah penuh sesak dan tidak ada solusi lain, kita bisa mencoba menggunakan layanan cloud storage lainnya.

Ada banyak sekali layanan serupa seperti Dropbox, OneDrive, dan sebagainya yang bisa kita gunakan sebagai alternatif. Tinggal upload file-file kita ke layanan cloud storage yang baru, lalu delete file yang ada di Google Drive.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Drive

Namun, pastikan kita telah membuat backup file yang ada di Google Drive sebelum menghapusnya, ya.

8. Menyimpan File di Perangkat Sendiri

Jika semuanya sudah benar-benar tidak ada jalan keluar dan drive kita tetap penuh, kita bisa menyimpan file di perangkat kita sendiri.

Caranya adalah dengan menyalin file-file tersebut ke perangkat kita, seperti komputer atau laptop. Dengan begitu, kita masih tetap memiliki akses ke file tersebut tanpa harus menyimpannya di Google Drive. Ingat, jangan lupa untuk melakukan backup file-file yang penting, ya.

9. Mengupgrade Kapasitas Penyimpanan

Terakhir, jika kita benar-benar kebelet dan butuh ruang lebih besar di Google Drive, kita bisa mempertimbangkan untuk mengupgrade kapasitas penyimpanan. Google Drive menawarkan beberapa opsi paket berbayar yang bisa kita pilih.

Dengan mengeluarkan sedikit uang, kita bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas dan memadai untuk menyimpan file-file kita. Jadi, jika semua solusi di atas tidak cukup, upgrade lah kapasitas penyimpanan Google Drive kita.

Nah, itulah sepuluh solusi mengatasi Google Drive penuh yang bisa kita coba. Tentu saja, setiap solusi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah solusi yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensi kita. Ingat, Google Drive yang penuh itu gak keren banget, jadi segeralah bersih-bersih dan atur file-file kita dengan baik.

Semoga informasi diatas bisa membantu teman-teman dalam mengatasi masalah Google Drive yang penuh. Jangan lupa praktikkan solusinya, ya!

Namun jangan kemana-mana dulu, soalnya dibawah ini masih ada informasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah terkait.

Penyebab Google Drive Penuh: Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Saat Google Drive kita penuh, mungkin kita bertanya-tanya, “Kenapa bisa terjadi?” Nah, jangan khawatir! Di artikel ini, JagoEdit akan mengungkapkan 10 penyebab umum mengapa Google Drive bisa penuh, beserta cara mengatasinya. Yuk, kita mulai!

1. Kapasitas Gratis Terbatas

Sebagai pengguna gratis, kita hanya memiliki kapasitas penyimpanan terbatas di Google Drive. Jadi, jika kita sering mengunggah file besar atau memiliki banyak file, ruang penyimpanan akan cepat terisi.

Baca Juga: 10+ Cara Mengatasi Foto yang Tidak Muncul di Galeri

Solusinya adalah menghapus file yang tidak diperlukan atau mengupgrade ke paket berbayar yang menawarkan kapasitas yang lebih besar.

2. File yang Tersimpan di “Trash”

Seringkali kita menghapus file dari Google Drive, tapi lupa mengosongkan Trash atau Tempat Sampah. Nah, file yang masuk ke dalam Trash tetap akan memakan ruang penyimpanan.

Untuk mengatasinya, kita perlu mengosongkan Trash secara teratur.

3. File Duplikat yang Tidak Terhapus

Duplikat file adalah penyebab umum Google Drive penuh. Kita mungkin tidak menyadari bahwa beberapa file kita memiliki salinan yang sama.

Untuk mengatasi hal ini, identifikasi dan hapus file duplikat dengan menggunakan aplikasi atau alat khusus.

4. File yang Diterima Melalui Email

Ketika kita menerima lampiran email, file-file tersebut secara otomatis disimpan di Google Drive. Jika kita menerima banyak email dengan lampiran berukuran besar, ruang penyimpanan akan cepat terisi.

Solusinya adalah melihat dan menghapus file lampiran email yang tidak diperlukan.

5. Cadangan Foto dan Video dari Perangkat

Jika kita mengaktifkan fitur backup otomatis di perangkat Android, setiap foto dan video yang kita ambil akan disimpan di Google Drive. Jika koleksi foto dan video kita besar, itu bisa menyebabkan ruang penyimpanan penuh.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Kirim Video Wa Format Tidak Didukung

Kelola backup foto dan video dengan menghapus yang tidak diperlukan atau memindahkannya ke penyimpanan lain.

6. Penggunaan oleh Aplikasi dan Layanan Lainnya

Banyak aplikasi dan layanan pihak ketiga yang terintegrasi dengan Google Drive. Mereka dapat menyimpan data dan file di Google Drive kita, yang dapat mempengaruhi kapasitas penyimpanan.

Periksa dan kelola izin aplikasi yang dapat mengakses Google Drive kita untuk mengatasi masalah ini.

7. Batasan Kapasitas Penyimpanan Gmail

Google Drive dan Gmail menggunakan kapasitas penyimpanan yang terintegrasi. Jadi, jika kotak masuk Gmail kita penuh, hal itu juga akan mempengaruhi Google Drive.

Hapus atau arsipkan email yang tidak diperlukan untuk mengurangi penggunaan ruang penyimpanan.

8. File dengan Ukuran Besar

File besar, seperti video berkualitas tinggi atau proyek desain yang rumit, memakan banyak ruang penyimpanan. Jika kita memiliki banyak file besar, kapasitas Google Drive kita akan cepat habis.

Baca Juga: 10 Cara Mendapat Uang Dari CapCut, Gaji Ngalir!

Kompres atau pindahkan file besar ke penyimpanan eksternal untuk mengatasi masalah ini.

9. Penggunaan oleh Aplikasi Google Workspace

Jika kita menggunakan aplikasi Google Workspace, seperti Google Docs, Sheets, atau Slides, dokumen-dokumen tersebut secara otomatis disimpan di Google Drive.

Jumlah dokumen yang banyak dapat menyumbang pada penyimpanan yang cepat penuh. Kelola dan hapus dokumen yang tidak diperlukan secara teratur.

10. Penggunaan oleh Aplikasi Backup dan Sinkronisasi

Aplikasi Google Backup dan Sinkronisasi memungkinkan kita menyinkronkan file dari perangkat ke Google Drive.

Jika kita mengunggah banyak file dari perangkat, itu dapat menyebabkan penuhnya penyimpanan Google Drive.

Atur dan batasi folder yang disinkronkan untuk mengurangi penggunaan ruang.

Dengan mengetahui penyebab Google Drive penuh, kita dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Jangan biarkan penyimpanan Google Drive kita menjadi sesak dan menghalangi produktivitas kita.

Pilihlah solusi yang paling relevan dengan situasi kita, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan Google Drive kita!

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di Google Drive

Sekarang saatnya kita membahas cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Drive agar kita bisa kembali memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan file-file kita yang berharga.

Baca Juga: 2 Cara Membuat Jedag Jedug Di CapCut: Dengan & Tanpa Template

Berikut ini adalah 10 panduan praktis yang bisa kita ikuti:

1. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Mulailah dengan menghapus file-file yang tidak diperlukan atau sudah tidak relevan. Lakukan evaluasi pada folder dan subfolder Google Drive kita.

Jika ada file yang tidak lagi kita butuhkan, beranikan diri untuk menghapusnya! Pastikan kita tidak menghapus file penting secara tidak sengaja, jadi hati-hati dan periksa dengan seksama sebelum menekan tombol delete.

2. Manfaatkan Fitur “Storage Analyzer”

Google Drive memiliki fitur “Storage Analyzer” yang dapat membantu kita melihat penggunaan penyimpanan dengan lebih detail. Fitur ini akan menampilkan grafik dan informasi mengenai penggunaan ruang oleh jenis file.

Kita dapat menggunakan informasi ini untuk melihat file-file yang memakan ruang terbanyak dan mengambil tindakan yang sesuai.

3. Hapus File Duplikat

Duplikat file adalah musuh besar ruang penyimpanan Google Drive. Gunakan aplikasi atau alat khusus untuk mengidentifikasi dan menghapus file duplikat dengan mudah.

Dengan cara ini, kita dapat mengurangi beban penyimpanan tanpa menghilangkan konten yang penting.

4. Pindahkan File ke Penyimpanan Eksternal

Jika kita memiliki file-file yang tidak sering digunakan, tapi tetap ingin menyimpannya, pertimbangkan untuk memindahkannya ke penyimpanan eksternal.

Kita dapat menggunakan hard drive eksternal, flash drive, atau layanan penyimpanan cloud lainnya untuk menyimpan file-file yang tidak terlalu sering diakses.

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Foto Ulang Tahun Aesthetic

Dengan begitu, kita dapat mengurangi beban penyimpanan di Google Drive.

5. Gunakan Fitur “Archive”

Google Drive memiliki fitur “Archive” yang memungkinkan kita menyembunyikan file dan folder dari tampilan utama.

File-file yang diarsipkan tetap ada di Google Drive, tetapi tidak akan mengganggu tampilan dan pencarian file yang sering kita gunakan.

Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat mengorganisir file dengan lebih rapi dan meminimalisir kekacauan.

6. Atur Folder dengan Subfolder

Jika Google Drive kita terdiri dari banyak file dan folder, atur folder dengan menggunakan subfolder. Dengan membuat struktur folder yang terorganisir, kita dapat mengelompokkan file berdasarkan topik atau kategori.

Hal ini akan memudahkan kita untuk mencari dan mengakses file yang dibutuhkan. Jadi, jangan ragu untuk membuat subfolder yang lebih spesifik!

7. Gunakan Fitur “Offline”

Google Drive memiliki fitur “Offline” yang memungkinkan kita mengakses file secara offline. Dengan mengaktifkan fitur ini, kita dapat mengunduh file yang sering kita butuhkan dan mengaksesnya tanpa perlu koneksi internet.

Ini membantu mengurangi kebutuhan akan penyimpanan online yang terus-menerus penuh.

8. Kompres File dan Dokumen

Untuk mengurangi ukuran file tanpa menghilangkan kontennya, kita dapat menggunakan kompresi. Gunakan format kompresi seperti ZIP untuk mengompres file-file yang jarang digunakan atau memiliki ukuran besar.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Video, Bisa Tanpa Aplikasi

Selain itu, dalam aplikasi seperti Google Docs atau Microsoft Word, kita dapat mengompresi dokumen dengan mengurangi kualitas gambar atau menghapus elemen yang tidak perlu.

9. Batasi Folder yang Disinkronkan di Aplikasi Backup dan Sinkronisasi

Jika kita menggunakan aplikasi Google Backup dan Sinkronisasi, kita dapat mengatur folder yang disinkronkan ke Google Drive. Pilih dengan bijak folder yang ingin disinkronkan agar hanya file-file penting yang disimpan secara otomatis.

Dengan mengurangi jumlah folder yang disinkronkan, kita dapat mengontrol penggunaan ruang penyimpanan.

10. Pertimbangkan untuk Mengupgrade Ke Paket Berbayar

Jika semua langkah di atas tidak cukup untuk mengatasi masalah penyimpanan penuh, kita mungkin perlu mempertimbangkan mengupgrade ke paket berbayar Google Drive yang menawarkan kapasitas yang lebih besar.

Dengan membayar biaya langganan bulanan atau tahunan, kita akan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas untuk menampung file-file kita.

Jadi, itulah 10 panduan praktis untuk mengosongkan ruang penyimpanan di Google Drive. Mulai dari menghapus file tidak diperlukan hingga menggunakan fitur-fitur Google Drive yang berguna, ada banyak cara yang dapat kita lakukan.

Dengan mengelola ruang penyimpanan dengan cerdas, kita dapat memastikan Google Drive tetap terorganisir, efisien, dan siap digunakan.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa cara mengatasi Google Drive penuh agar kita dapat terus menggunakan layanan penyimpanan yang sangat berguna ini tanpa batasan.

Dari menghapus file tidak diperlukan hingga menggunakan fitur-fitur Google Drive yang berguna, kita memiliki banyak pilihan untuk mengelola dan membebaskan ruang penyimpanan.

Penting untuk diingat bahwa penyimpanan yang teratur dan pengaturan file yang efisien akan membantu menjaga Google Drive kita tetap rapi dan mudah diakses.

Dengan mengikuti panduan-panduan praktis yang telah kita bahas, kita dapat mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan, menghilangkan file-file yang tidak diperlukan, dan membuat pengalaman menggunakan Google Drive menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Cara Mengedit Video Seperti Video Call Di InShot

Jadi, jika Google Drive kita penuh, jangan panik! Terapkan langkah-langkah yang telah kita bahas dengan bijak, sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi kita. Dengan begitu, kita dapat terus menggunakan Google Drive untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi file-file kita dengan mudah.

Ingatlah bahwa Google Drive adalah alat yang luar biasa untuk cadangan data, penyimpanan foto dan video, serta kolaborasi dalam pekerjaan tim. Jangan biarkan ruang penyimpanan yang penuh menghambat produktivitas dan kreativitas kita.

Dengan solusi yang tepat, kita dapat mengatasi masalah tersebut dan memanfaatkan keuntungan dari penyimpanan gratis dan aman yang disediakan oleh Google Drive.

Sekarang, mari mulai mengatasi Google Drive penuh dan mengoptimalkan penggunaan penyimpanan kita!

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung