Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

4+ Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Dibuka

Inilah semua cara mengatasi Kinemaster tidak bisa dibuka dengan tios mudah dan penjelasan lengkap yang mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

 
7 m, 47 s
 423 Views
Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Kinemaster, aplikasi keren untuk mengedit video di HP kamu.

Tapi, tunggu dulu! Apa yang harus kamu lakukan jika tiba-tiba Kinemaster tidak bisa dibuka? Tenang, JagoEdit punya panduan lengkap buat kamu! Yuk, simak cara mengatasi Kinemaster tidak bisa dibuka ini dimulai dari penjelasan berikut.

Kenapa Kinemaster Bisa Tidak Bisa Dibuka?

Sebelum kita masuk ke solusinya, yuk kita cek dulu apa penyebab Kinemaster enggak mau buka. Ada beberapa alasan yang mungkin jadi penyebabnya:

  1. Update Terbaru: Terkadang, masalah bisa muncul setelah kamu melakukan update Kinemaster ke versi terbaru. Jika kamu baru saja melakukan upgrade, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa masalah yang muncul tidak bersumber dari update tersebut. Beberapa pembaruan perangkat lunak dapat menghasilkan bug atau ketidakcocokan yang membuat aplikasi menjadi tidak responsif. Sebelum mencari solusi lebih lanjut, pastikan untuk mengonfirmasi apakah masalah ini muncul setelah kamu melakukan pembaruan.
  2. Masalah di HP: Selain itu, masalah yang terkait dengan perangkat HP kamu juga bisa menjadi penyebab Kinemaster tidak bisa dibuka. Misalnya, jika RAM di perangkat kamu penuh atau kapasitas penyimpanan sudah habis, bisa membuat aplikasi menjadi lambat atau bahkan berhenti merespons sepenuhnya. RAM yang terlalu terbebani dapat menghambat kinerja aplikasi dan menyebabkannya gagal dibuka. Demikian pula, jika penyimpanan internal kamu hampir penuh, itu dapat membatasi ruang yang diperlukan oleh Kinemaster untuk berfungsi secara optimal. Sebelum mencari solusi lain, pastikan untuk memeriksa ketersediaan RAM dan ruang penyimpanan di perangkatmu.
  3. Konflik Aplikasi: Terkadang, masalah Kinemaster yang enggak mau buka bisa disebabkan oleh konflik dengan aplikasi lain yang ada di HP kamu. Saat beberapa aplikasi berjalan bersamaan, terutama jika ada yang menggunakan sumber daya yang sama, seperti RAM atau CPU, bisa timbul interferensi yang membuat aplikasi menjadi tidak responsif atau bahkan berhenti bekerja. Jika Kamu baru saja menginstal aplikasi baru atau merasa bahwa masalah ini muncul setelah menggunakannya bersama Kinemaster, ada kemungkinan adanya konflik antara aplikasi tersebut. Memutuskan sementara penggunaan aplikasi lain dan mencoba membuka Kinemaster secara tunggal bisa membantu memastikan bahwa tidak ada konflik yang mengganggu kinerja aplikasi ini.
  4. Masalah di Versi Android: Jika kamu menggunakan Android 12, perlu diingat bahwa ini adalah versi Android yang masih relatif baru. Oleh karena itu, belum semua aplikasi terjamin berjalan dengan mulus di dalamnya. Kinemaster juga dapat terpengaruh oleh perubahan atau keterbatasan yang mungkin terjadi pada sistem operasi yang lebih baru ini. Sistem operasi yang diperbarui dapat mengenalkan perubahan dalam perizinan, kebijakan, atau tampilan yang mungkin mempengaruhi cara aplikasi berinteraksi dengan perangkat. Jika kamu mencurigai bahwa masalah Kinemaster tidak bisa dibuka terjadi setelah kamu mengganti ke Android 12, pertimbangkan untuk memeriksa pembaruan terbaru dari Kinemaster yang mungkin sudah disesuaikan dengan versi Android tersebut.
Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kinemaster Force Close Dengan Mudah!

Begini Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah!

Nah, sekarang saatnya mengatasi masalahnya. Ingat, langkah-langkah ini bisa bervariasi tergantung pada HP kamu, tapi kita bakal kasih panduan yang bisa kamu ikuti.

1. Restart HP Kamu

Salah satu cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan merestart HP kamu. Ini sebenarnya seperti memberikan napas segar pada perangkat kamu.

Terkadang, masalah sederhana seperti ketidakcocokan perangkat lunak atau cache yang membingungkan bisa diatasi dengan melakukan restart.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Kunci Perangkat Kamu: Pastikan untuk mengunci perangkat kamu terlebih dahulu jika sudah terbuka.
  2. Tekan dan Tahan Tombol Power: Tekan dan tahan tombol power di perangkat kamu. Ini biasanya terletak di bagian samping atau atas perangkat, tergantung pada jenis HP yang kamu gunakan.
  3. Pilih Opsi Restart: Setelah tombol power ditekan dan ditahan, biasanya akan muncul opsi untuk restart atau matikan perangkat. Pilih opsi restart. Ini akan memulai ulang perangkat kamu.
  4. Tunggu Hingga Perangkat Menyala Kembali: Setelah kamu memilih opsi restart, tunggu hingga perangkat kamu mati dan menyala kembali. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa detik.
  5. Cek Kinemaster: Setelah perangkat menyala kembali, coba buka Kinemaster dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.
Jika setelah melakukan restart masalah Kinemaster masih ada, kamu bisa mencoba langkah-langkah lain yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Support Video Layer

Tetapi, seringkali restart bisa menjadi langkah sederhana yang cukup untuk mengatasi masalah kecil. Ingatlah bahwa ini adalah langkah pertama yang direkomendasikan dan seringkali cukup efektif dalam mengatasi masalah sederhana.

2. Hapus Cache Kinemaster

Jika merestart HP tidak membantu, langkah berikutnya yang bisa kamu coba adalah menghapus cache Kinemaster. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat prosesnya.

Terkadang, cache yang rusak atau kotor bisa menyebabkan masalah. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi Settings di HP kamu.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi bernama Apps atau Applications. Biasanya, ini bisa ditemukan di bawah bagian “Device” atau “Device Management”.
  3. Cari dan pilih Kinemaster dari daftar aplikasi yang terpasang di HP kamu.
  4. Di halaman Kinemaster, pilih opsi Storage.
  5. Pada layar ini, kamu akan melihat opsi “Clear Cache”. Tekan opsi ini untuk menghapus cache Kinemaster.
  6. Setelah cache dihapus, kamu bisa keluar dari pengaturan dan coba buka Kinemaster lagi.
Jika kamu belum pernah melakukan penghapusan cache sebelumnya, ini adalah langkah yang baik untuk membersihkan data sementara yang mungkin telah membangun seiring waktu.

Baca Juga: Cara Memperbaiki YouTube Layar Hitam Putih di Android

3. Uninstall dan Install Ulang Kinemaster

Jika menghapus cache belum berhasil mengatasi masalah, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan uninstall (menghapus) Kinemaster dan menginstalnya kembali dari Play Store.

Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Buka Play Store di HP kamu.
  2. Cari Kinemaster di kotak pencarian di atas layar.
  3. Pilih Kinemaster dari hasil pencarian, lalu pilih opsi “Uninstall”. Ini akan menghapus Kinemaster dari perangkat kamu.
  4. Setelah Kinemaster terhapus, kembali ke halaman hasil pencarian dan pilih Kinemaster lagi.
  5. Tekan opsi “Install” di halaman Kinemaster di Play Store. Ini akan mengunduh dan menginstal ulang Kinemaster di perangkat kamu.
  6. Setelah proses instalasi selesai, coba buka Kinemaster dan lihat apakah masalah sudah teratasi.
Melakukan uninstall dan instal ulang adalah langkah yang efektif untuk mengatasi masalah yang lebih dalam atau ketika masalahnya berkaitan dengan file aplikasi yang rusak.

Baca Juga: Cara Menghapus Latar Belakang Video di Inshot

4. Periksa Ketersediaan Penyimpanan

Salah satu faktor penting yang sering diabaikan adalah ketersediaan ruang penyimpanan di perangkat kamu. Jika penyimpanan sudah hampir penuh, Kinemaster mungkin kesulitan berfungsi dengan baik.

Berikut adalah cara memeriksa ketersediaan ruang penyimpanan dan memberikan lebih banyak ruang bagi Kinemaster:

  1. Buka Settings di perangkat kamu.
  2. Cari dan pilih opsi Storage atau Storage & Memory.
  3. Di sini, kamu akan melihat berapa banyak ruang yang tersedia di perangkat kamu. Pastikan ada cukup ruang kosong untuk memungkinkan Kinemaster beroperasi dengan lancar.
  4. Jika ruang penyimpanan terbatas, pertimbangkan untuk menghapus file-file yang tidak diperlukan atau memindahkan foto, video, atau data lain ke penyimpanan eksternal atau cloud.
  5. Setelah memberikan cukup ruang penyimpanan, coba buka Kinemaster dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.
Memastikan penyimpanan yang cukup adalah penting untuk memastikan aplikasi memiliki ruang yang dibutuhkan untuk beroperasi dengan baik.

5. Periksa Versi Android

Jika perangkat kamu menggunakan Android 12, ada kemungkinan bahwa Kinemaster yang kamu gunakan belum sepenuhnya compatible dengan versi tersebut.

Beberapa aplikasi mungkin memerlukan update atau pembaruan agar berjalan dengan baik di sistem operasi yang lebih baru.

Baca Juga: 4 Cara Hapus Watermark CapCut Terbaru

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa dan menangani masalah ini:

  1. Buka Settings di perangkat kamu.
  2. Cari dan pilih opsi About Phone atau Tentang Ponsel.
  3. Di sini, kamu akan melihat informasi tentang versi Android yang sedang kamu gunakan. Pastikan itu adalah Android 12.
  4. Buka Play Store dan cari Kinemaster. Di halaman Kinemaster di Play Store, perhatikan informasi tentang compatibility atau keterkaitan dengan versi Android 12. Jika ada informasi bahwa aplikasi ini sudah kompatibel dengan Android 12, kamu bisa mencoba menginstal atau melakukan update.
  5. Jika tidak ada informasi tentang kompatibilitas dengan Android 12, kamu mungkin perlu menunggu hingga Kinemaster merilis update yang cocok dengan versi Android kamu.
Pastikan untuk selalu menjaga aplikasi terbaru dan sesuai dengan versi sistem operasi kamu untuk menghindari masalah yang berkaitan dengan keterbatasan kompatibilitas.

FAQ – Pertanyaan yang Sering Diajukan Terkait Kinemaster Tidak Dapat Digunakan

Nah, sekarang kita jawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Kinemaster yang enggak bisa buka:

  1. Kenapa Kinemaster Saya Keluar Sendiri Setelah Dibuka?
    Biasanya ini terjadi karena masalah di cache atau konflik dengan aplikasi lain. Coba hapus cache dan tutup aplikasi lain sebelum buka Kinemaster.
  2. Apakah Kinemaster Ada di Play Store?
    Iya, Kinemaster bisa kamu download dari Play Store. Kalau udah ada, coba uninstall dulu yang ada terus install ulang.
  3. Apakah Kinemaster Bisa Dipakai di Semua HP Samsung?
    Kinemaster umumnya kompatibel dengan banyak HP Samsung, tapi pastikan HP kamu punya spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi ini.
Jadi, itulah beberapa solusi untuk mengatasi masalah Kinemaster yang enggak bisa dibuka. Ingat, setiap HP bisa punya masalah yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu ikuti langkah-langkah di atas dengan cermat.

Baca Juga: Cara Menjernihkan Video Di Vn Jadi HD

Semoga tutorial cara mengatasi Kinemaster tidak bisa dibuka ini membantu kamu menyelesaikan masalahmu dan kamu bisa kembali berkreasi dengan video kerenmu!

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung