Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

4+ Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Menyimpan

Udah selesai editing tapi malah gak bisa nyimpen proyek? Nih cara mengatasi Kinemaster tidak bisa menyimpan dengan mudah!

 
4 m, 59 s
 298 Views
Apakah kamu pernah mengalami masalah saat ingin menyimpan atau mengekspor video yang sudah kamu edit di Kinemaster? Pasti rasanya kesal banget, kan? Apalagi kalau video itu penting dan harus segera diunggah ke media sosial atau dikirim ke klien.

Tenang, jangan panik dulu. Masalah ini sebenarnya cukup umum terjadi dan bisa diatasi dengan mudah. Kamu hanya perlu tahu penyebab dan solusinya.

Di artikel ini, JagoEdit akan membahas secara lengkap dan detail tentang cara mengatasi kinemaster tidak bisa menyimpan. Jadi, simak baik-baik ya!

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Menyimpan!

Sebelum kita membahas solusinya, ada baiknya kita juga mengetahui apa saja penyebab yang membuat Kinemaster tidak bisa menyimpan video yang sudah kita edit.

Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kinemaster Gagal Menginisialisasi

Berikut adalah beberapa penyebab yang sering terjadi dan juga cara mengatasi Kinemaster tidak bisa menyimpan dengan mudah:

  • Kapasitas penyimpanan penuh. Ini adalah penyebab yang paling umum dan mudah ditemukan. Jika kapasitas penyimpanan ponsel atau kartu SD kamu sudah penuh, maka Kinemaster tidak akan bisa menyimpan video yang kamu buat. Solusinya adalah menghapus file-file yang tidak perlu atau memindahkan file-file besar ke penyimpanan lain.
  • Format video tidak didukung. Kinemaster mendukung banyak format video, seperti MP4, 3GP, MOV, dan lain-lain. Namun, ada beberapa format video yang mungkin tidak didukung oleh Kinemaster, seperti MKV, AVI, FLV, dan lain-lain. Jika kamu mencoba menyimpan video dengan format yang tidak didukung, maka Kinemaster akan gagal menyimpannya. Solusinya adalah mengubah format video menjadi format yang didukung oleh Kinemaster dengan menggunakan aplikasi konverter video.
  • Kesalahan codec. Codec adalah program yang digunakan untuk mengompresi dan mendekompresi data video dan audio. Jika codec yang digunakan oleh Kinemaster bermasalah atau tidak cocok dengan codec yang digunakan oleh video asli, maka Kinemaster akan menampilkan pesan error seperti “Kinemaster export error codec init failed”. Solusinya adalah mengubah codec video menjadi codec yang sesuai dengan Kinemaster dengan menggunakan aplikasi konverter video.
  • Kesalahan aplikasi. Terkadang, Kinemaster bisa mengalami kesalahan atau bug yang membuatnya tidak bisa menyimpan video dengan baik. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti versi aplikasi yang tidak terbaru, pengaturan aplikasi yang salah, cache aplikasi yang penuh, dan lain-lain. Solusinya adalah memperbarui versi aplikasi, mengatur ulang pengaturan aplikasi, membersihkan cache aplikasi, atau menghapus dan menginstal ulang aplikasi.
  • Kesalahan sistem. Selain kesalahan aplikasi, kesalahan sistem juga bisa membuat Kinemaster tidak bisa menyimpan video. Kesalahan sistem bisa disebabkan oleh virus, malware, root, custom ROM, dan lain-lain. Solusinya adalah memindai dan membersihkan virus atau malware, mengembalikan sistem ke pengaturan pabrik (factory reset), atau menginstal ulang sistem operasi.
Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Bisa Dibuka

Nah, itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah kinemaster tidak bisa menyimpan video. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami masalah ini. Jika kamu masih bingung atau punya pertanyaan lain seputar Kinemaster, kamu bisa membaca FAQ di bawah ini.

Pertanyaan Terkait Gagal Menyimpan Di Kinemaster

Q: Kenapa ekspor kinemaster lama?
A: Ekspor kinemaster lama bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ukuran dan durasi video yang besar atau panjang, kualitas video yang tinggi, efek atau transisi yang banyak, spesifikasi ponsel yang rendah, atau koneksi internet yang lemot. Kamu bisa mencoba beberapa cara untuk mempercepat ekspor kinemaster, seperti mengurangi ukuran atau durasi video, menurunkan kualitas video, menghapus efek atau transisi yang tidak perlu, menutup aplikasi lain yang berjalan di latar belakang, atau menggunakan koneksi internet yang stabil dan cepat.

Q: KineMaster 4.15 tidak bisa ekspor?
A: KineMaster 4.15 adalah versi terbaru dari Kinemaster yang dirilis pada bulan Oktober 2020. Versi ini memiliki beberapa fitur baru dan perbaikan bug, namun juga memiliki beberapa masalah, salah satunya adalah tidak bisa ekspor video. Jika kamu mengalami masalah ini, kamu bisa mencoba beberapa solusi, seperti memperbarui versi aplikasi, mengatur ulang pengaturan aplikasi, membersihkan cache aplikasi, atau menghapus dan menginstal ulang aplikasi.

Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kinemaster Force Close Dengan Mudah!

Q: Cara mengatasi kinemaster error?
A: Kinemaster error adalah istilah umum untuk menyebut masalah-masalah yang terjadi pada Kinemaster, seperti tidak bisa menyimpan, tidak bisa ekspor, tidak bisa membuka, tidak bisa impor, dan lain-lain. Cara mengatasi kinemaster error tergantung pada jenis dan penyebab errornya. Kamu bisa mencoba beberapa solusi umum, seperti memeriksa kapasitas penyimpanan, mengubah format atau codec video, memperbarui versi aplikasi, mengatur ulang pengaturan aplikasi, membersihkan cache aplikasi, atau menghapus dan menginstal ulang aplikasi.

Q: Video kinemaster tidak bisa dibuka?
A: Video kinemaster tidak bisa dibuka bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti format video yang tidak didukung, codec video yang bermasalah, kesalahan aplikasi, atau kesalahan sistem. Kamu bisa mencoba beberapa solusi, seperti mengubah format atau codec video, memperbarui versi aplikasi, mengatur ulang pengaturan aplikasi, membersihkan cache aplikasi, atau menghapus dan menginstal ulang aplikasi.

Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kinemaster Tidak Support Video Layer

Q: Apa itu Kinemaster Pro?
A: Kinemaster Pro adalah versi premium dari Kinemaster yang menawarkan fitur-fitur tambahan yang tidak ada di versi gratis, seperti tidak ada watermark, tidak ada iklan, akses ke aset premium (musik, stiker, font, dll), dukungan untuk format video 4K, dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan Kinemaster Pro dengan berlangganan secara bulanan atau tahunan dengan harga yang bervariasi tergantung pada negara dan mata uang kamu.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi kinemaster tidak bisa menyimpan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah ini dan membuat kamu bisa menyimpan video yang sudah kamu edit dengan Kinemaster dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: 4 Cara Hapus Watermark CapCut Terbaru

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu yang juga suka edit video dengan Kinemaster.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung