Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

Cara Mengatasi Mutual Kontak di Telegram

Inilah cara mengatasi mutual kontak di Telegram yang harus kamu ketahui!

 
3 m, 5 s
 231 Views
Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer di kalangan anak muda, terutama Gen Z. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik, seperti grup, channel, bot, sticker, dan lain-lain.

Namun, ada satu hal yang mungkin membuatmu bingung atau kesal saat menggunakan Telegram, yaitu mutual kontak.

Apa itu Mutual Kontak di Telegram?

Mutual kontak adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara dua pengguna Telegram yang saling menyimpan nomor telepon di kontak mereka. Jika Kamu dan orang lain saling menyimpan nomor telepon, maka itu adalah mutual kontak. Jika tidak, maka bukan mutual kontak.

Baca Juga: 3+ Cara Scan Barcode Telegram Pasti Berhasil

Mutual kontak memiliki beberapa dampak pada penggunaan Telegram, seperti:

  • Kamu dapat melihat nama, foto profil, dan status online mutual kontakmu.
  • Kamu dapat mengirim pesan, foto, video, audio, dokumen, dan lain-lain ke mutual kontak tanpa batasan.
  • Kamu dapat menambahkan mutual kontak ke grup atau channel yang di kelola atau ikuti.
  • Kamu dapat melihat mutual kontak di daftar kontak Telegrammu.

Kenapa Mutual Kontak di Telegram Bisa Menjadi Masalah?

Meskipun mutual kontak memiliki beberapa keuntungan, ada juga beberapa masalah yang mungkin di hadapi karena mutual kontak, seperti:

  • Tidak dapat mengirim pesan ke orang yang bukan mutual kontakmu, kecuali jika mereka mengaktifkan pengaturan “Siapa yang dapat mengirim pesan ke saya” menjadi “Semua orang” di menu Privasi dan Keamanan. Jika tidak, kamu akan mendapatkan pesan error “Sorry, you can only send messages to mutual contacts at the moment”.
  • Tidak dapat menambahkan orang yang bukan mutual kontak ke grup atau channel yang kamu kelola atau ikuti, kecuali jika mereka mengaktifkan pengaturan “Siapa yang dapat menambahkan saya ke grup” menjadi “Semua orang” di menu Privasi dan Keamanan. Jika tidak, akan ada pesan error “Sorry, this user is not a mutual contact”.
  • Kamu tidak dapat melihat nama, foto profil, dan status online orang yang bukan mutual kontakmu, kecuali jika mereka mengaktifkan pengaturan “Siapa yang dapat melihat nama saya” dan “Siapa yang dapat melihat foto profil saya” menjadi “Semua orang” di menu Privasi dan Keamanan. Jika tidak, maka hanya akan melihat nomor telepon mereka.
  • Tidak dapat melihat orang yang bukan mutual kontak di daftar kontak Telegrammu, kecuali jika mengetik nomor telepon mereka di kolom pencarian.
Baca Juga: 5+ Cara Mengatasi Kontak Telegram Tidak Muncul

Bagaimana Cara Mengatasi Mutual Kontak di Telegram?

Ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah mutual kontak di Telegram, tergantung pada tujuan dan kebutuhanmu. Berikut adalah beberapa cara yang dapat di coba:

  • Jika ingin mengirim pesan ke orang yang bukan mutual kontakmu, dapat meminta mereka untuk menyimpan nomor telepon di kontak mereka, atau kamu dapat menyimpan nomor telepon mereka di kontakmu. Dengan begitu, maka akan menjadi mutual kontak dan dapat saling mengirim pesan tanpa hambatan.
  • Saat ingin menambahkan orang yang bukan mutual kontak ke grup atau channel yang kamu kelola atau ikuti, dapat meminta mereka untuk menyimpan nomor telepon di kontak mereka, atau dapat menyimpan nomor telepon mereka di kontakmu. Dengan begitu, akan menjadi mutual kontak dan dapat saling menambahkan ke grup atau channel tanpa hambatan.
  • Jika kamu ingin melihat nama, foto profil, dan status online orang yang bukan mutual kontakmu, dapat meminta mereka untuk mengaktifkan pengaturan “Siapa yang dapat melihat nama saya” dan “Siapa yang dapat melihat foto profil saya” menjadi “Semua orang” di menu Privasi dan Keamanan. Dengan begitu, akan dapat melihat informasi mereka tanpa harus menjadi mutual kontak.
  • Saat melihat orang yang bukan mutual kontak di daftar kontak Telegrammu, dapat menyimpan nomor telepon mereka di kontakmu, atau dapat mengetik nomor telepon mereka di kolom pencarian. Dengan begitu, akan dapat melihat mereka di daftar kontak Telegram tanpa harus menjadi mutual kontak.
Baca Juga: 5+ Cara Menambahkan Kontak di Telegram dengan Mudah

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah mutual kontak di Telegram. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantumu menggunakan Telegram dengan lebih nyaman dan lancar.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung