Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

20 Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar Di Hp Dan Laptop

Dengan 20 cara mengatasi video tidak bisa diputar ini kamu pasti bisa mengatasi masalahnya!

 
6 m, 15 s
 575 Views
Dalam era digital yang semakin maju ini, video telah menjadi salah satu bentuk konten yang paling populer.

Namun, tidak jarang kita mengalami frustrasi saat ingin menonton video favorit kita dan tiba-tiba menghadapi masalah ketika video tersebut tidak bisa diputar.

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab dari masalah ini, mulai dari kesalahan teknis hingga format file yang tidak kompatibel.

Dalam artikel cara mengatasi video tidak bisa diputar ini, JagoEdit akan membahas berbagai penyebab umum mengapa video tidak bisa diputar, serta memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah ini. Jadi, jika kamu telah mengalami kendala dalam memutar video, ikuti panduan lengkap kami di bawah ini!

Penyebab Video Tidak Bisa Diputar

Pertama-tama, mari kita bahas beberapa penyebab umum mengapa video tidak bisa diputar, mengetahui akar permasalahan adalah langkah awal yang penting untuk mencari solusi yang tepat.

Baca Juga:

10 Cara Mengatasi Video Macet Di Tengah Saat Memutar
Berikut adalah sepuluh daftar penyebab umum video yang tidak bisa diputar:

  1. Format File yang Tidak Kompatibel: Beberapa perangkat atau pemutar video mungkin tidak mendukung format file tertentu, seperti AVI, MKV, atau MP4. Jika format file tidak kompatibel dengan perangkat kamu, video tidak akan bisa diputar.
  2. Kerusakan File Video: Kadang-kadang, file video dapat rusak atau terganggu selama proses pengunduhan atau transfer. Kerusakan ini dapat mengakibatkan video tidak dapat diputar dengan baik.
  3. Codec yang Hilang: Codec adalah komponen perangkat lunak yang digunakan untuk mengompres dan mendekompres file video. Jika perangkat kamu tidak memiliki codec yang diperlukan, video mungkin tidak dapat diputar.
  4. Kesalahan Pemutaran di Pemutar Video: Pemutar video yang kamu gunakan mungkin mengalami kesalahan teknis atau kesalahan konfigurasi yang menghalangi pemutaran video.
  5. Keterbatasan Perangkat Keras: Beberapa perangkat keras, seperti ponsel atau komputer lama, mungkin tidak memiliki spesifikasi yang cukup untuk memutar video tertentu. Hal ini dapat mengakibatkan video tidak bisa diputar atau mengalami lag.
  6. Permasalahan Koneksi Internet: Jika kamu memutar video secara online melalui platform seperti YouTube atau Netflix, koneksi internet yang tidak stabil atau lemah dapat menyebabkan video tidak bisa diputar dengan baik.
  7. Perangkat Lunak Pemutar Video Usang: Versi perangkat lunak pemutar video yang usang atau tidak terbaru mungkin tidak kompatibel dengan format video yang lebih baru. Pembaruan perangkat lunak mungkin diperlukan untuk memperbaiki masalah ini.
  8. Konflik dengan Ekstensi Peramban: Jika kamu menggunakan pemutar video di dalam peramban web, beberapa ekstensi atau pengaturan peramban tertentu dapat menyebabkan konflik yang menghalangi pemutaran video.
  9. Masalah dengan Driver Perangkat Keras: Driver perangkat keras yang tidak terinstal atau rusak dapat menyebabkan masalah dalam pemutaran video. Pastikan driver perangkat keras kamu diperbarui secara teratur untuk menghindari kendala ini.
  10. Kerusakan Fisik pada Media Penyimpanan: Jika video yang ingin diputar disimpan pada media penyimpanan fisik, seperti DVD, flashdisk, atau kartu SD, kerusakan fisik pada media tersebut dapat menghambat pemutaran video.
Baca Juga:

6 Solusi Gagal Memutar Video Terjadi Kesalahan Yang Tidak Diketahui

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum video yang tidak bisa diputar, saatnya kita membahas solusi-solusi praktis untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah 20 daftar solusi yang dapat kamu coba:

  1. Periksa Kompatibilitas Format: Pastikan format video yang ingin kamu putar kompatibel dengan perangkat atau pemutar video yang kamu gunakan. Jika tidak, konversi format file menjadi format yang didukung dapat menjadi solusi.
  2. Coba Pemutar Video Alternatif: Jika pemutar video bawaan kamu tidak berfungsi, cobalah menggunakan pemutar video alternatif seperti VLC Media Player atau GOM Player. Pemutar ini sering kali mendukung berbagai format file.
  3. Periksa Ketersediaan Codec: Pastikan codec yang diperlukan untuk memutar format video tertentu telah terinstal di perangkat kamu. Jika tidak, cari codec yang sesuai dan instal ke perangkatmu.
  4. Perbarui Perangkat Lunak Pemutar Video: Pastikan perangkat lunak pemutar video kamu diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup perbaikan bug dan kompatibilitas yang dapat meningkatkan kemampuan pemutaran video.
  5. Periksa Koneksi Internet: Jika kamu memutar video secara online, pastikan koneksi internet kamu stabil dan kuat. Coba matikan dan hidupkan kembali router atau gunakan koneksi internet yang berbeda.
  6. Restart Perangkat: Coba restart perangkatmu untuk memperbarui konfigurasi dan menghilangkan masalah teknis sementara yang mungkin mempengaruhi pemutaran video.
  7. Periksa dan Perbarui Driver Perangkat Keras: Pastikan driver perangkat keras kamu terinstal dengan benar dan diperbarui. Kunjungi situs web produsen perangkat keras kamu untuk mencari driver terbaru dan menginstalnya jika diperlukan.
  8. Hapus Ekstensi Peramban yang Tidak Diperlukan: Jika kamu menggunakan pemutar video di dalam peramban web, coba nonaktifkan atau hapus ekstensi peramban yang tidak diperlukan. Beberapa ekstensi dapat menyebabkan konflik dan mengganggu pemutaran video.
  9. Gunakan Pemutar Video yang Lebih Ringan: Jika kamu menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang rendah, cobalah menggunakan pemutar video yang lebih ringan, seperti MPC-HC atau PotPlayer, untuk mengurangi beban pada perangkatmu.
  10. Perbaiki atau Ganti Media Penyimpanan: Jika video disimpan pada media penyimpanan fisik yang rusak, seperti DVD atau flashdisk yang tergores, cobalah membersihkan permukaannya atau mencoba menggunakan media penyimpanan yang baru. Jika masalah persisten, pertimbangkan untuk mendapatkan salinan video dari sumber lain.
  11. Gunakan Kabel atau Koneksi yang Tepat: Jika kamu memutar video melalui perangkat eksternal, seperti laptop yang terhubung ke TV melalui kabel HDMI, pastikan kabel atau koneksi yang kamu gunakan berfungsi dengan baik. Coba gunakan kabel atau koneksi yang lain untuk menghilangkan kemungkinan masalah fisik pada kabel tersebut.
  12. Reboot Pemutar Video: Jika kamu menggunakan pemutar video yang memiliki opsi pembaruan firmware, coba lakukan reboot atau restart pemutar video tersebut. Hal ini dapat memperbaiki kesalahan pemutaran yang terkait dengan perangkat lunak internal pemutar video.
  13. Scan dan Perbaiki File Video: Jika file video tampaknya rusak, gunakan perangkat lunak pemulihan file atau pemutar video yang memiliki fungsi pemulihan file untuk memindai dan memperbaiki kerusakan pada file video tersebut.
  14. Gunakan Perangkat Keras yang Lebih Kuat: Jika masalah pemutaran video terjadi pada perangkat dengan spesifikasi yang rendah, pertimbangkan untuk meng-upgrade perangkat kamu ke perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Perangkat keras yang lebih kuat mampu menangani pemutaran video dengan lebih lancar.
  15. Periksa Pengaturan Keamanan: Beberapa perangkat atau aplikasi memiliki pengaturan keamanan yang dapat memblokir pemutaran video. Periksa pengaturan keamanan perangkat atau aplikasi yang kamu gunakan dan pastikan tidak ada pembatasan yang menghalangi pemutaran video.
  16. Pindahkan Video ke Perangkat Lokal: Jika kamu memutar video dari sumber jaringan atau cloud yang bermasalah, coba unduh video tersebut ke perangkat lokal kamu terlebih dahulu. Pemutaran video dari perangkat lokal biasanya lebih stabil dan tidak tergantung pada koneksi internet.
  17. Perbarui Sistem Operasi: Pastikan sistem operasi perangkat kamu diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan sistem operasi sering kali mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang dapat mempengaruhi pemutaran video.
  18. Gunakan Perangkat Lain: Jika semua solusi di atas tidak berhasil, coba putar video menggunakan perangkat lain, seperti smartphone, tablet, atau komputer lain. Jika video dapat diputar dengan baik di perangkat lain, kemungkinan ada masalah dengan perangkat awal yang kamu gunakan.
  19. Bersihkan Cache Aplikasi: Jika kamu memutar video melalui aplikasi tertentu, seperti YouTube atau Netflix, coba bersihkan cache aplikasi tersebut. Cache yang berlebihan dapat menyebabkan masalah dalam pemutaran video.
  20. Dapatkan Bantuan Teknis: Jika semua solusi di atas tidak berhasil, dan masalah pemutaran video terus berlanjut, sebaiknya kamu mencari bantuan teknis. Hubungi dukungan pelanggan dari perangkat atau pemutar video yang kamu gunakan, atau kunjungi forum atau komunitas online yang berfokus pada pemecahan masalah teknis. Mereka mungkin memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah pemutaran video.

Dalam menghadapi masalah pemutaran video yang tidak bisa diputar, penting untuk tetap tenang dan sabar.

Baca Juga:

Kenapa Capcut Tidak Dapat Memuat Efek? Inilah Penyebab Dan Solusinya
Melalui langkah-langkah di atas, kamu dapat mengatasi masalah tersebut dan menikmati video favorit kamu kembali.

Ingatlah bahwa setiap situasi dapat memiliki faktor penyebab yang berbeda, jadi cobalah solusi-solusi tersebut satu per satu hingga menemukan yang sesuai dengan permasalahanmu.

Semoga artikel cara mengatasi video tidak bisa diputar di semua perangkat baik di laptop, hp Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme dan lain-lain ini bisa bermanfaat dan dapat mengatasi permasalahan yang sedang kamu alami.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung