Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

6 Cara Mengatasi Video Tiktok Kena Pelanggaran

Inilah 6 cara mengatasi video TikTok kena pelanggaran supaya bisa pulih lagi!

 
5 m, 24 s
 659 Views
Aplikasi berbagi video pendek TikTok telah merevolusi cara kita menghabiskan waktu di media sosial.

Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, TikTok telah menjadi platform yang tak tergantikan bagi kreativitas, hiburan, dan interaksi sosial.

Namun, seperti halnya platform lainnya, TikTok juga memiliki aturan yang perlu kita patuhi. Jika video TikTokmu kena pelanggaran, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikanmu panduan lengkap tentang cara mengatasi masalah ini.

Penyebab Video TikTok Kena Pelanggaran

Sebelum kita membahas cara mengatasi video TikTok kena pelanggaran, penting untuk memahami penyebab di balik masalah ini. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan video TikTokmu melanggar panduan komunitas:

  1. Konten yang melanggar panduan: TikTok memiliki aturan yang jelas terkait konten yang diperbolehkan. Jika video kamu mengandung kekerasan, kebencian, atau pornografi, kemungkinan besar akan ditandai sebagai pelanggaran.
  2. Hak Cipta: Menggunakan musik, suara, atau klip video yang melanggar hak cipta dapat menyebabkan video TikTokmu melanggar panduan. Pastikan untuk menggunakan konten yang sah atau izin yang diperlukan.
  3. Pelanggaran Privasi: Membagikan informasi pribadi orang lain tanpa izin mereka dapat dianggap sebagai pelanggaran privasi dan melanggar panduan TikTok.
  4. Praktik Buruk: Melakukan tindakan yang merugikan, seperti melakukan prank berbahaya atau menyebarkan hoaks, juga dapat menyebabkan video TikTokmu melanggar panduan komunitas.
Baca Juga:

2 Cara Membuat Jedag Jedug Di CapCut: Dengan & Tanpa Template

Cara Mengatasi Video TikTok Kena Pelanggaran

Jika video TikTokmu kena pelanggaran, jangan panik! Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah ini:

  1. Periksa dan Perbaiki: Pertama-tama, tinjau kembali konten video yang melanggar. Jika ada yang melanggar panduan, edit atau hapus konten tersebut untuk menghindari masalah di masa depan.
  2. Melakukan Banding: Jika kamu merasa video TikTokmu ditandai keliru sebagai pelanggaran, kamu dapat mengajukan permohonan banding. Caranya adalah dengan mengisi formulir permohonan banding yang tersedia di aplikasi TikTok dan menjelaskan mengapa video kamu seharusnya tidak melanggar panduan.
  3. Patuhi Aturan: Untuk menghindari masalah di masa depan, penting untuk selalu mematuhi aturan dan panduan komunitas TikTok. Tinjau panduan tersebut secara teratur dan pastikan konten yang kamu bagikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Lakukan Pemantauan: Setelah mengatasi masalah pelanggaran, lakukan pemantauan terhadap konten yang kamu bagikan di TikTok. Pastikan tidak ada konten yang melanggar panduan atau dapat menimbulkan masalah di masa depan. Jika ada pertanyaan atau keraguan terkait kontenmu, tanyakan kepada komunitas TikTok atau tim pendukung mereka.
  5. Perhatikan Peringatan: TikTok memberikan peringatan jika video atau akunmu melanggar panduan. Jika kamu mendapatkan peringatan, jangan diabaikan. Gunakan peringatan tersebut sebagai kesempatan untuk memperbaiki konten dan menghindari pelanggaran di masa depan.
  6. Pahami Durasi Pelanggaran: Tergantung pada keparahan pelanggaran, TikTok dapat memberlakukan berbagai durasi pelanggaran. Ada yang sifatnya sementara, di mana video atau akunmu mungkin dinonaktifkan untuk sementara waktu, dan ada juga yang bersifat permanen, di mana akunmu dapat diblokir secara permanen. Pastikan untuk memahami durasi pelanggaran yang kamu terima dan bertindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Baca Juga:

Cara Membuat Template Di Capcut Dan Menghasilkan Uang

Pelanggaran Panduan Komunitas TikTok Berapa Lama?

Durasi pelanggaran panduan komunitas TikTok dapat bervariasi, tergantung pada keparahan pelanggaran dan kebijakan TikTok yang berlaku.

Beberapa pelanggaran dapat mengakibatkan blokir sementara, di mana video atau akunmu mungkin dinonaktifkan untuk beberapa hari atau minggu. Yang biasanya terjadi adalah teguran pada akun TikTok akan kedaluwarsa setelah 90 hari dan tidak digunakan lagi untuk pertimbangan atas pemblokiran permanen.

Namun, pelanggaran yang serius atau berulang dapat berakibat pada blokir permanen, di mana akunmu tidak dapat diakses lagi.

Oleh karena itu, penting untuk mematuhi panduan komunitas TikTok agar dapat terus menikmati pengalaman di platform tersebut.

Cara Permohonan Banding TikTok

Jadi begini, kalo akun kamu sering melanggar Panduan Komunitas, TikTok bakal langsung ngeblokir akunmu.

Nah, kalo misalnya akunmu udah keblokir, pasti kamu bakal dapet notifikasi lewat banner pas kamu buka aplikasi TikTok berikutnya. Tujuan notifikasi itu biar kamu tau dan bisa melihat pelanggaran karena akunmu ada yang berubah.

Ada dua cara untuk menghubungi pihak TikTok terkait banding, kamu bisa gunakan informasi yang cocok sama permasalahanmu dibawah ini.

Menghubungi TikTok soal akun yang diblokir

Kalo kamu yakin kalo pemblokiran akunmu itu salah, kasih tau aja pihaknya dengan ngajukan banding, supaya ditinjau ulang!

Baca Juga:

Resolusi CapCut Agar Tidak Pecah Di Wa, IG Dan TikTok
Caranya gampang kok:

  1. Buka notifikasinya dulu.
  2. Nah, disitu ada tulisan “Banding”. Klik aja tuh!
  3. Trus, ikutin aja petunjuk yang udah diberikan.
Nah, kalo kamu mau ngontak TikTok soal video yang dihapus juga bisa, lho!

Jadi gini, kalo ada video kamu yang dihapus gara-gara melanggar Panduan Komunitas, jangan khawatir. Kamu bisa ngasih tau kami dengan ngajukan banding. Respon dari kamu bantu banget buat ningkatin cara kami menjaga keamanan komunitas.

Ini nih cara ngajukin bandingnya:

  1. Cari notifikasi penghapusan videonya di kotak masuk TikTok kamu.
  2. Klik notifikasinya.
  3. Trus, klik “Ajukan banding”.
  4. Ikutin aja petunjuk yang udah diberikan.
    Atau kalo mau, ini juga bisa:
  5. Buka videonya dulu.
  6. Nah, klik yang namanya “Pelanggaran Panduan Komunitas: Lihat detailnya”.
  7. Trus, klik “Ajukan banding”.
  8. Ikutin aja petunjuknya, ya.
Pastikan untuk memberikan alasan yang jelas dan meyakinkan dalam permohonan bandingmu. Jika TikTok meninjau permohonan bandingmu dan memutuskan bahwa video tersebut tidak melanggar panduan, mereka dapat mengembalikan video tersebut ke akunmu.

Oh iya, kalau kamu hapus konten buat banding dan bandingmu berhasil, kemungkinan kita nggak bisa hapus catatan pelanggaran di data kamu. Trus, kontenmu juga nggak bakal dipulihkan kalo udah kamu hapus setelah ngajukan banding.

Baca Juga:

Cara Menjadi Creator Capcut: 7 Langkah Sumber Cuan

Dan harus diinget ya, kalo pelanggarannya terus-terusan, akunmu bisa kena hukuman. Jadi, mending taati peraturannya deh!

Penutup

Jadi, itulah panduan lengkap tentang cara mengatasi video TikTok yang kena pelanggaran. Selalu perhatikan panduan komunitas TikTok, perbaiki konten yang melanggar, dan ajukan banding jika perlu. Dengan mematuhi aturan yang berlaku, kamu dapat menjaga akun TikTokmu tetap aktif dan menghindari masalah di masa depan.

Jangan lupa, jika kamu ingin memaksimalkan kesempatanmu untuk menghindari pelanggaran, selalu perhatikan kontenmu, kreatifitasmu, dan memperhatikan keselamatan dan kenyamanan pengguna lain di TikTok.

Dengan begitu, pengalamanmu di platform ini akan semakin menyenangkan dan bebas dari masalah pelanggaran.

Baca Juga:

Cara Edit Video Di CapCut Untuk Pemula

Cara mengatasi video TikTok kena pelanggaran adalah langkah-langkah penting yang harus kamu ikuti jika menghadapi masalah semacam itu.

Dengan memahami penyebab, mengambil langkah yang tepat, dan mematuhi panduan komunitas, kamu dapat menjaga keberlanjutan kontenmu di TikTok.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung