Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

8+ Cara Mengatasi YouTube Loading Terus Padahal Sinyal Bagus

Dapatkan panduan cara mengatasi YouTube loading terus padahal sinyal bagus baik di hp, laptop maupun pc dan penyebab kenapa itu terjadi hanya disini!

 
8 m, 20 s
 469 Views
Kamu pasti sering mengalami masalah YouTube loading terus, padahal sinyal udah oke, kan? Nah, di artikel ini, JagoEdit bakal ngasih tutorial lengkap cara mengatasi masalah itu. Mantap, kan? Jadi, yuk kita bahas langsung aja!

Begini Cara Mengatasi YouTube Loading Terus Padahal Sinyal Bagus

Nah, sekarang gue akan jabarin langkah-langkah cara mengatasi masalah loading YouTube yang sering bikin kesel. Simak baik-baik, ya!

  1. Periksa Koneksi Internet: Langkah pertama untuk mengatasi YouTube loading terus adalah memastikan sinyal internet kamu bener-bener bagus dan stabil. Di hp, cek sinyal Wi-Fi atau data seluler. Di laptop, pastikan kamu terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang kuat atau menggunakan kabel LAN yang baik. Di pc, periksa koneksi jaringan dengan memastikan kabel ethernet terhubung dengan baik. Coba juga restart modem dan router untuk menyegarkan koneksi. Jika masalah persisten, cek koneksinya di perangkat lain seperti smartphone atau tablet untuk melihat apakah masalah hanya terjadi di satu perangkat atau semua perangkat. Kadang-kadang, masalah koneksi bisa berasal dari perangkat tertentu saja, jadi dengan mencoba di perangkat lain, kamu bisa mengetahui lebih pasti sumber masalahnya.
  2. Update Aplikasi YouTube: Untuk memastikan aplikasi YouTube berjalan dengan lancar, kamu harus selalu memperbarui aplikasinya ke versi terbaru. Di hp, buka Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS), kemudian cari aplikasi YouTube. Jika ada pembaruan tersedia, kamu akan melihat tombol “Update” di sebelah aplikasi YouTube. Ketuk tombol tersebut untuk memulai proses pembaruan. Di laptop atau pc, buka Microsoft Store (untuk Windows) atau App Store (untuk MacOS) dan ikuti langkah yang sama untuk mencari dan memperbarui aplikasi YouTube. Pastikan kamu selalu menginstal pembaruan terbaru untuk memperbaiki bug dan masalah teknis lainnya yang mungkin menyebabkan loading lama.
  3. Kosongkan Cache dan Data: Cache dan data yang menumpuk di aplikasi bisa bikin YouTube loading lama di semua perangkat. Membersihkan cache dan data akan membantu aplikasi YouTube berjalan lebih lancar dan mempercepat proses loading video. Pastikan untuk tidak menghapus data yang diinginkan, seperti login dan preferensi pengguna, karena itu akan dihapus juga ketika mengosongkan data aplikasi. Untuk membersihkan cache dan data, langkahnya cukup mudah.
    • Di HP (Android): Buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi atau Aplikasi dan Notifikasi, cari YouTube dalam daftar aplikasi, masuk ke pengaturan aplikasi YouTube, lalu pilih “Penyimpanan”. Di sana, kamu akan menemukan opsi “Hapus Cache” dan “Hapus Data”. Ketuk keduanya untuk mengosongkan cache dan data aplikasi YouTube.
    • Di Laptop atau PC (Windows): Buka aplikasi “Pengaturan” atau “Settings” di Windows, pilih “Apps”, cari YouTube dalam daftar aplikasi, klik pada YouTube, dan pilih “Advanced options”. Di bagian “Storage usage”, kamu akan menemukan opsi “Clear” untuk mengosongkan cache dan data aplikasi.
    • Di Laptop atau PC (MacOS): Buka Finder, pilih “Go” dari menu atas, lalu pilih “Go to Folder”. Ketikkan “/Library/Caches” dan tekan Enter. Cari folder yang berkaitan dengan YouTube dan hapus isi folder tersebut untuk membersihkan cache aplikasi. Untuk mengosongkan data aplikasi, buka Finder lagi, pilih “Go” dan “Go to Folder”, lalu ketik “/Library/Application Support/Google/Chrome/Default/Cache” dan hapus isi folder tersebut.
  4. Periksa Ruang Penyimpanan: Pastikan perangkat kamu punya ruang penyimpanan yang cukup di semua perangkat. Kalo memori hampir penuh, YouTube bisa jadi nggak bisa jalan dengan lancar. Pastikan selalu menyisakan cukup ruang penyimpanan agar perangkat kamu tetap berjalan lancar dan YouTube bisa diputar dengan mulus. Mengelola ruang penyimpanan secara teratur akan membantu perangkat kamu tetap optimal dan performa aplikasi menjadi lebih baik.
    • Di HP (Android): Buka menu Pengaturan, pilih Penyimpanan, di sana kamu bisa melihat seberapa banyak ruang yang sudah terpakai dan berapa yang masih tersisa. Jika memori hampir penuh, pertimbangkan untuk menghapus aplikasi atau file yang tidak terpakai atau memindahkan data ke kartu SD jika perangkat kamu mendukung.
    • Di Laptop atau PC (Windows): Klik kanan pada drive sistem (biasanya C:), pilih “Properties”, di sana akan terlihat berapa kapasitas total dan berapa yang tersisa. Jika ruang penyimpanan hampir penuh, coba hapus file-file besar atau program yang jarang digunakan.
    • Di Laptop atau PC (MacOS): Klik logo Apple di pojok kiri atas, pilih “About This Mac”, lalu klik tab “Storage”. Di sana kamu bisa melihat seberapa banyak ruang yang sudah terpakai dan berapa yang masih tersisa. Jika ruang penyimpanan hampir penuh, coba hapus file-file besar atau program yang tidak perlu.
  5. Restart Perangkat: Cara simpel tapi ampuh mengatasi masalah teknis di semua perangkat. Coba deh restart perangkat kamu, terutama kalo udah lama nggak direstart. Restart perangkat bisa membantu memperbaiki masalah kecil dan menyegarkan sistem, sehingga aplikasi seperti YouTube bisa berjalan lebih lancar.
    • Di HP (Android): Tahan tombol power (biasanya di sisi kanan atau atas perangkat) selama beberapa detik hingga muncul opsi untuk restart. Pilih “Restart” dan tunggu perangkat menyala kembali.
    • Di Laptop atau PC (Windows): Klik tombol Start di sudut kiri bawah layar, pilih “Power”, lalu pilih “Restart”. Tunggu perangkat menyala kembali.
    • Di Laptop atau PC (MacOS): Klik logo Apple di pojok kiri atas, pilih “Restart”, dan tunggu perangkat menyala kembali.
  6. Coba di Perangkat Lain: Nah, kalo loading lambat cuma di satu perangkat, coba di perangkat lain. Kalo di perangkat lain lancar, mungkin ada masalah di perangkat yang pertama.
  7. Perbarui Sistem Operasi: Pastikan perangkat kamu udah pake sistem operasi terbaru di semua perangkat. Update sistem operasi bisa ngebuat performa aplikasi jadi lebih baik, termasuk aplikasi YouTube. Penting untuk selalu memperbarui sistem operasi karena pembaruan biasanya mengandung perbaikan bug, peningkatan performa, dan fitur baru yang bisa membuat perangkat kamu berfungsi lebih baik. Dengan sistem operasi terbaru, aplikasi seperti YouTube akan berjalan lebih lancar dan mengurangi kemungkinan masalah loading yang sering terjadi.
    • Di HP (Android): Buka menu Pengaturan, pilih Tentang Telepon atau Tentang Perangkat, lalu pilih Pembaruan Perangkat Lunak. Jika ada pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstalnya.
    • Di Laptop atau PC (Windows): Buka aplikasi “Pengaturan” atau “Settings”, pilih “Update & Security”, lalu pilih “Windows Update”. Jika ada pembaruan tersedia, klik “Check for updates” dan ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstalnya.
    • Di Laptop atau PC (MacOS): Klik logo Apple di pojok kiri atas, pilih “About This Mac”, lalu klik “Software Update”. Jika ada pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstalnya.
  8. Nonaktifkan Aplikasi Lain: Kadang, aplikasi lain yang berjalan di background bisa nguras bandwidth dan bikin YouTube loading lama di semua perangkat. Nonaktifkan aja aplikasi yang nggak dipake saat nonton YouTube agar mendapatkan pengalaman menonton yang lebih lancar. Dengan menonaktifkan aplikasi lain yang tidak diperlukan, kamu bisa mengalokasikan lebih banyak bandwidth untuk aplikasi YouTube dan meningkatkan kinerjanya. Selain itu, mengurangi beban aplikasi yang berjalan di latar belakang juga bisa membantu menghemat daya baterai pada perangkat mobile.
    • Di HP (Android): Tekan tombol multitasking (biasanya berbentuk kotak atau tanda segitiga) atau geser layar dari bawah ke atas (tergantung pada tipe perangkat) untuk membuka daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tutup aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan dengan cara men-swipe aplikasi ke kiri atau ke kanan, atau pilih tombol “Tutup” atau “X” jika tersedia.
    • Di Laptop atau PC (Windows): Tekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” untuk membuka Task Manager, atau tekan tombol “Ctrl + Alt + Delete” dan pilih “Task Manager”. Di sana, kamu akan melihat daftar aplikasi dan proses yang sedang berjalan. Pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan, lalu klik tombol “End Task”.
    • Di Laptop atau PC (MacOS): Tekan tombol “Command + Space” untuk membuka Spotlight Search, lalu ketik “Activity Monitor” dan buka aplikasi tersebut. Di sana, kamu akan melihat daftar aplikasi dan proses yang sedang berjalan. Pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan, lalu klik tombol “Quit” atau “Force Quit”.
  9. Gunakan Aplikasi YouTube Alternatif: Kalo masalahnya memang dari aplikasi YouTube resmi, cobain deh pakai aplikasi YouTube alternatif. Banyak pilihan di Play Store atau App Store, nih.
Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi YouTube Anda Sedang Offline Tercepat

Kenapa YouTube Loading Terus Padahal Sinyal Bagus? Berikut 10 Daftar Penyebabnya

Eh, tapi sebenernya apa sih penyebab YouTube loading terus padahal sinyal udah bagus? Simak daftar berikut ini, ya:

  1. Cache yang Penuh: Cache yang penuh bisa membuat aplikasi jadi lambat. Ngekosongin cache bisa membantu mempercepat loading.
  2. Jaringan yang Padat: Kalo lagi jam sibuk, misalnya pas malam minggu, jaringan bisa padat dan menyebabkan loading lama.
  3. Kapasitas Server YouTube Penuh: Kadang-kadang server YouTube bisa kelebihan beban, apalagi kalo ada video yang lagi viral.
  4. Masalah pada Aplikasi YouTube Itu Sendiri: Bisa jadi masalahnya memang dari aplikasi YouTube-nya sendiri yang perlu di-update atau diperbaiki.
  5. Perangkat yang Tidak Kompatibel: Perangkat lama atau spek rendah mungkin nggak cocok dengan aplikasi YouTube terbaru.
  6. Kurangnya Ruang Penyimpanan: Perangkat yang kehabisan ruang penyimpanan bisa bikin aplikasi jadi lemot.
  7. Koneksi Internet yang Tidak Stabil: Meskipun sinyal bagus, tapi kalo koneksi internetnya nggak stabil, tetap bisa bikin loading lama.
  8. Penggunaan VPN atau Proxy: Penggunaan VPN atau proxy bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet.
  9. Versi Sistem Operasi yang Tidak Didukung: Kalo sistem operasi perangkat sudah terlalu lama dan tidak didukung oleh aplikasi YouTube, bisa menyebabkan masalah.
  10. Gangguan Jaringan dari Provider: Kadang, masalahnya bisa datang dari provider jaringan internet yang sedang mengalami gangguan.
Baca Juga: 5+ Cara Mengatasi YouTube yang Tidak Bisa Dibuka

FAQ (Frequently Asked Questions)

  1. Apa penyebab YouTube loading terus?: Penyebabnya bisa beragam, seperti cache yang penuh, masalah server YouTube, koneksi internet tidak stabil, dan masih banyak lagi.
  2. Apakah YouTube lagi down?: Cek dulu koneksi internet dan perangkat kalian. Kalau lainnya berfungsi normal, kemungkinan YouTube tidak down.
  3. Bagaimana cara mengatasi YouTube yang loading terus?: Coba periksa koneksi internet, update aplikasi YouTube, kosongkan cache dan data, dan pastikan ada ruang penyimpanan yang cukup.
  4. Kenapa YouTube loading lama di Android?: Bisa jadi ada masalah di aplikasi YouTube, koneksi internet, atau sistem operasi Android yang tidak kompatibel.
  5. Kenapa YouTube tidak bisa di-update?: Coba pastikan perangkat kamu punya ruang penyimpanan yang cukup dan cek koneksi internet.
  6. Bagaimana cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa diputar?: Pastikan koneksi internet stabil, cache dan data aplikasi sudah dikosongkan, dan perangkat sudah di-update.
Baca Juga: Cara Download Thumbnail Youtube Mudah dan Gratis

Yup, segitu dulu artikelnya, guys! Semoga membantu kamu mengatasi masalah loading YouTube yang sering bikin kesal.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung