Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

4 Cara Mengirim Video Berdurasi Panjang Ke WhatsApp Android

Pelajari cara mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android dengan mudah bisa tanpa aplikasi hanya disini.

 
8 m, 45 s
 582 Views
Cara mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android adalah salah satu hal yang sering kali membuat kita bingung.

Sebagai pengguna setia WhatsApp, tentu kita ingin dapat mengirimkan video dengan durasi yang lebih lama tanpa harus memotongnya menjadi beberapa bagian terpisah.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas 4 cara praktis untuk mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android. Jadi, mari kita mulai!

4 Cara Mengirim Video Berdurasi Panjang ke WhatsApp Android

Dibawah ini merupakan 4 cara yang dapat kamu gunakan untuk mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp dengan mudah. Setiap metode memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri, sehingga kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Melalui Lampiran Dokumen

Metode pertama yang dapat kamu gunakan adalah dengan menggunakan fitur Lampiran Dokumen di WhatsApp untuk mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat mengirim video dengan ukuran yang lebih besar dan durasi yang lebih panjang. Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang sangat rinci:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone Android kamu.
  2. Pilih kontak yang ingin kamu kirimkan video berdurasi panjang tersebut.
  3. Di bagian bawah layar, dekat dengan tombol untuk mengirim pesan, kamu akan melihat simbol clip kertas. Simbol ini digunakan untuk melampirkan berbagai jenis file ke dalam pesan WhatsApp.
  4. Klik pada simbol clip kertas untuk melihat opsi lampiran yang tersedia.
  5. Setelah mengklik simbol clip kertas, akan muncul beberapa opsi, seperti Foto dan Video, Dokumen, Kamera, dan lain-lain. Kamu perlu memilih opsi “Dokumen”. Opsi ini akan memungkinkan kamu untuk mengirim file dokumen ke kontak WhatsApp.
  6. Setelah memilih opsi “Dokumen”, kamu akan diarahkan ke penyimpanan HP-mu. Kamu perlu mencari dan memilih video yang ingin kamu kirimkan dari penyimpanan HP-mu. Pastikan video yang dipilih memiliki durasi panjang.
  7. Setelah memilih video, WhatsApp akan menampilkan detail video, termasuk nama file dan ukuran. Kamu dapat melihat ukuran video untuk memastikan video tersebut tidak melebihi batas ukuran yang diizinkan oleh WhatsApp (sekitar 100 MB untuk pengguna reguler).
  8. Jika video sesuai dengan ukuran yang diizinkan, kamu dapat menambahkan caption atau pesan jika diinginkan. Hal ini dapat memberikan konteks atau informasi tambahan tentang video yang akan dikirimkan.
  9. Terakhir, tekan tombol kirim seperti biasa untuk mengirimkan video panjang melalui WhatsApp.
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat mengirim video berdurasi panjang melalui fitur Lampiran Dokumen di WhatsApp Android dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Video Call WA Tidak Ada Suara di iPhone dan Android

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatasi pembatasan ukuran video di WhatsApp dan mengirimkan video panjang secara langsung.

Catatan: Perlu diingat bahwa video dengan durasi yang sangat panjang atau ukuran file yang sangat besar mungkin memerlukan waktu yang lebih lama untuk diunggah dan dikirimkan melalui WhatsApp. Selain itu, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil agar proses pengiriman video berjalan lancar.

Dengan menggunakan metode ini, kamu tidak perlu lagi memotong video menjadi beberapa bagian terpisah saat mengirim video berdurasi panjang di WhatsApp Android.

Kamu bisa langsung mengirimkan video dalam format utuh. Fitur Lampiran Dokumen juga dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai jenis file lainnya dengan mudah, seperti dokumen PDF, presentasi, dan sebagainya.

2. Menggunakan Google Drive

Metode kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android adalah dengan menggunakan Google Drive.

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud yang terintegrasi dengan akun Google kamu. Dengan menggunakan Google Drive, kamu dapat mengunggah video berdurasi panjang dan membagikannya melalui tautan.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Video WA Buram: Jadi HD!

Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang sangat rinci:

  1. Pertama, pastikan kamu memiliki aplikasi Google Drive terinstal di smartphone Android kamu. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Google Drive di smartphone kamu.
  3. Di dalam aplikasi, kamu akan melihat ikon “+” atau tombol “Upload”. Klik ikon tersebut untuk memulai proses pengunggahan video.
  4. Pilih video yang ingin kamu kirimkan dari penyimpanan HP-mu. Kamu bisa menjelajahi folder dan file di penyimpanan HP-mu untuk mencari video yang ingin diunggah.
  5. Setelah memilih video, tunggu proses pengunggahan selesai. Durasi pengunggahan akan tergantung pada ukuran video dan kecepatan koneksi internet kamu.
  6. Setelah proses pengunggahan selesai, kamu perlu membagikan tautan video yang telah diunggah. Untuk melakukannya, klik ikon “Share Link” yang tersedia di sekitar video yang diunggah.
  7. Setelah kamu mengklik “Share Link”, linknya sudah ada di dalam clipboard pada Keyboard yang kamu gunakan.
  8. Buka aplikasi WhatsApp dan kamu bisa memilih kontak atau grup tujuan untuk mengirimkan tautan video Google Drive tersebut. Kemudian tinggal paste link yang sudah disalin ke orang lain yang ingin kamu kirimkan video nya.
  9. Pastikan untuk mengirimkan tautan video dengan pesan atau caption yang sesuai agar penerima tahu konteks atau informasi tentang video tersebut.
  10. Tekan tombol “Kirim” seperti biasa untuk mengirimkan tautan video melalui WhatsApp.
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android menggunakan Google Drive dengan mudah dan efisien.

Catatan: Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil saat mengunggah video ke Google Drive dan mengirimkan tautan melalui WhatsApp. Selain itu, perhatikan juga batasan ukuran video yang diizinkan oleh WhatsApp saat mengunggah video ke Google Drive.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Video Call WA Tidak Ada Gambar

Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android dengan mudah tanpa batasan ukuran file.

Penggunaan Google Drive sebagai tempat penyimpanan dan berbagi video memungkinkan kamu untuk mengatasi pembatasan ukuran file di WhatsApp dan membagikan video dalam format utuh.

3. Melalui Fitur Share Galeri

Metode ketiga yang dapat kamu gunakan untuk mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android adalah melalui fitur Share Galeri.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat membagikan video langsung dari galeri HP-mu ke aplikasi WhatsApp. Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang sangat rinci:

  1. Buka Galeri di smartphone Android kamu.
  2. Cari dan pilih video berdurasi panjang yang ingin kamu bagikan ke WhatsApp.
  3. Setelah memilih video, cari dan klik menu Berbagi. Biasanya, ikon berbagi terlihat seperti tanda panah mengarah ke atas atau ikon dengan tiga titik yang saling terhubung.
  4. Dalam menu berbagi, kamu akan melihat berbagai aplikasi yang tersedia untuk berbagi video. Pilih WhatsApp dari daftar opsi yang ditampilkan.
  5. Selanjutnya, WhatsApp akan terbuka dan kamu akan diminta untuk memilih penerima video tersebut. Kamu dapat memilih kontak atau grup tujuan di WhatsApp.
  6. Setelah memilih penerima video, klik ikon Next atau ikon panah mengarah ke kanan.
  7. WhatsApp akan menampilkan preview video yang akan kamu kirimkan. Pastikan video tersebut adalah video yang ingin kamu bagikan.
  8. Terakhir, klik Kirim untuk mengirimkan video berdurasi panjang melalui WhatsApp.
  9. Tunggu sampai proses pengiriman video besar di WhatsApp berhasil. Waktu yang diperlukan tergantung pada ukuran video dan kecepatan koneksi internet kamu.
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat mengirim video berdurasi panjang melalui fitur Share Galeri di WhatsApp Android dengan mudah dan cepat.

Catatan: Pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup di smartphone kamu untuk menyimpan video berdurasi panjang. Selain itu, perhatikan juga batasan ukuran file yang diizinkan oleh WhatsApp saat mengirim video melalui aplikasi.

Baca Juga: Cara Agar Video Tidak Pecah Di Status WA, Bisa Tanpa Aplikasi

Dengan menggunakan metode ini, kamu dapat membagikan video berdurasi panjang secara langsung dari galeri HP-mu ke WhatsApp.

Fitur Share Galeri memudahkan kamu untuk mengirim video tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan atau memotong video menjadi bagian-bagian terpisah.

4. Menggunakan Aplikasi VidCompact

Metode keempat yang dapat kamu gunakan untuk mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android adalah dengan menggunakan aplikasi VidCompact.

VidCompact adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memampatkan dan mengkompres video sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengurangi ukuran video agar sesuai dengan batasan ukuran file WhatsApp.

Baca Juga: Cara Agar Video CapCut Tidak Buram Di Status Wa Terbaru

Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang sangat rinci:

  1. Pertama, buka Google Play Store di smartphone Android kamu.
  2. Cari aplikasi VidCompact menggunakan kotak pencarian.
  3. Setelah menemukan aplikasi VidCompact, klik Install untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.
  4. Setelah berhasil menginstal aplikasi VidCompact, buka aplikasi tersebut.
  5. Di dalam aplikasi VidCompact, cari dan klik menu Pangkas & Kompres. Biasanya, menu ini terletak di bagian bawah atau atas layar.
  6. Selanjutnya, cari video berdurasi panjang yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Kamu dapat menjelajahi folder dan file di penyimpanan HP-mu untuk mencari video yang ingin dikompres.
  7. Setelah memilih video, atur resolusi video sesuai keinginan. VidCompact menyediakan pilihan resolusi yang berbeda untuk mengkompres video.
  8. Pilih ukuran 16 MB ke bawah untuk memastikan video tetap dapat dikirim melalui WhatsApp tanpa masalah.
  9. Setelah mengatur resolusi, klik ikon Download atau ikon panah mengarah ke bawah untuk memulai proses kompresi video.
  10. Setelah proses kompresi selesai, video yang sudah dikompresi akan tersedia di aplikasi VidCompact.
  11. Klik menu WhatsApp di aplikasi VidCompact untuk membagikan video yang sudah dikompresi melalui WhatsApp.
  12. WhatsApp akan terbuka dan kamu dapat memilih kontak atau grup tujuan di WhatsApp.
  13. Terakhir, tunggu proses pengiriman video melalui WhatsApp selesai.
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat mengirim video berdurasi panjang yang telah dikompres menggunakan aplikasi VidCompact ke WhatsApp Android.

Catatan: Pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup di smartphone kamu untuk mengunduh dan menyimpan video yang sudah dikompres. Selain itu, perhatikan juga kualitas video setelah dikompresi agar tetap memenuhi kebutuhan dan kepuasan penerima video.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Dengan menggunakan metode ini, kamu dapat mengurangi ukuran video berdurasi panjang menggunakan aplikasi VidCompact sehingga memungkinkan kamu mengirim video melalui WhatsApp tanpa masalah pembatasan ukuran file.


Itulah 4 cara mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android. Kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi, mulai sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika ingin mengirim video berdurasi panjang kepada teman-temanmu melalui WhatsApp.

Artikel ini juga bisa menjadi solusi untuk masalah yang sering dihadapi oleh pengguna WhatsApp, seperti cara mengirim video di Google Drive ke WhatsApp, cara kirim video panjang di Status WA tanpa terpotong, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa kompres video untuk kirim WA agar ukurannya lebih kecil dan lebih mudah dikirimkan melalui aplikasi ini. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengirim video di WhatsApp, artikel ini juga memberikan informasi tentang cara mengatasi tidak bisa kirim video di WhatsApp, jadinya sangat lengkap.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Video Call Terjeda di WhatsApp

Setelah mempelajarinya, cara mengirim video berdurasi panjang ke WhatsApp Android adalah hal yang mudah dengan berbagai pilihan cara yang tersedia, seperti mengirim video panjang di status WA, mengirim video lewat WA lebih dari 100MB, mengirim video lebih dari 1 GB di WhatsApp, mengirim video di WA lebih dari 3 menit, dan mengirim video full di WA tanpa terpotong.

Pokoknya dengan menggunakan salah satu cara di atas, kamu dapat mengirim video dengan durasi yang lebih lama melalui WhatsApp Android.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung