Photo of author
Author:
Telah menggunakan Telegram untuk waktu yang lama, sehingga memahami bagaimana dan supaya mengoptimalkan penggunaannya.

3+ Cara Scan Barcode Telegram Pasti Berhasil

Dari menambahkan teman hingga untuk hp dan laptop, inilah semua cara scan Barcode Telegram dengan sangat mudah!

 
6 m, 24 s
 199 Views
Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer di dunia. Telegram memiliki banyak fitur menarik, salah satunya adalah barcode.

Barcode adalah kode unik yang berbentuk kotak-kotak hitam putih yang dapat di-scan dengan kamera ponsel atau laptop. Barcode dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti menambahkan teman hingga masuk ke grup.

Inilah Cara Scan Barcode Telegram dengan Mudah!

Dalam artikel ini, JagoEdit akan menjelaskan cara scan barcode Telegram dengan langkah-langkah yang sangat detail. Tidak perlu khawatir meskipun pemula, kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang ada dengan teliti.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telegram

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Telegram di ponsel atau laptopmu.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Telegram secara gratis di Google Play Store atau App Store. Jika kamu sudah memiliki aplikasi Telegram, pastikan sudah login.

Langkah 2: Cari Barcode yang Ingin kamu Scan

Langkah kedua adalah mencari barcode yang ingin kamu scan. Barcode bisa berasal dari berbagai sumber, seperti grup, kontak, web, bot, atau generator.

Baca Juga: 3 Cara Menambah Teman Telegram dengan Barcode

Kamu bisa menemukan barcode di dalam aplikasi Telegram sendiri, atau di luar aplikasi Telegram, seperti di website, poster, kartu nama, atau media sosial.

Langkah 3: Buka Menu Scan QR Code

Langkah ketiga adalah membuka menu scan QR code di aplikasi Telegram. Menu ini berfungsi untuk mengaktifkan kamera ponsel atau laptop agar bisa membaca barcode.

Kamu bisa menemukan menu ini di bagian kiri atas aplikasi Telegram, di sebelah nama akunmu. Klik ikon tersebut, lalu pilih Devices. Di sana, kamu akan melihat pilihan Scan QR Code. Klik pilihan tersebut untuk membuka kamera.

Langkah 4: Arahkan Kamera ke Barcode

Langkah keempat adalah mengarahkan kamera ponsel atau laptop kamu ke barcode yang ingin kamu scan. Pastikan barcode berada di dalam kotak putih yang muncul di layarmu.

Jika barcode terbaca dengan benar, kamu akan melihat informasi yang terkait dengan barcode tersebut, seperti nama grup, kontak, web, bot, atau generator.

Langkah 5: Lakukan Aksi yang Sesuai dengan Barcode

Langkah kelima adalah melakukan aksi yang sesuai dengan barcode yang kamu scan. Aksi ini bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis barcode yang kamu scan.

Misalnya, jika kamu scan barcode grup, kamu bisa memilih untuk bergabung dengan grup tersebut, atau melihat detail grup tersebut. Jika kamu scan barcode kontak, kamu bisa memilih untuk menambahkan kontak tersebut, atau mengirim pesan ke kontak tersebut.

Baca Juga: 5+ Cara Menambahkan Kontak di Telegram dengan Mudah

Jika kamu scan barcode web, kamu bisa memilih untuk membuka web tersebut, atau menyalin link web tersebut. Jika kamu scan barcode bot, kamu bisa memilih untuk memulai chat dengan bot tersebut, atau melihat detail bot tersebut.

Jika kamu scan barcode generator, kamu bisa memilih untuk membuat barcode kamu sendiri, atau menyalin barcode yang sudah ada.

Baik, saya akan menambahkan tiga subheading yang kamu minta agar artikelnya tambah lengkap. Berikut adalah subheading dan isi artikel yang saya tambahkan:

Cara Scan Barcode Telegram untuk Masuk Grup

Salah satu kegunaan barcode di Telegram adalah untuk masuk ke grup. Grup adalah fitur yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus, baik itu teman, keluarga, rekan kerja, atau komunitas.

Grup bisa bersifat publik atau privat, tergantung dari pengaturan yang dibuat oleh pembuat grup. Jika grup bersifat publik, kamu bisa mencari dan bergabung dengan grup tersebut tanpa perlu scan barcode.

Namun, jika grup bersifat privat, kamu harus scan barcode untuk masuk ke grup tersebut. Berikut adalah cara scan barcode Telegram untuk masuk grup:

  1. Buka aplikasi browser di laptop kemudian kunjungi website Telegram. Kamu bisa menggunakan browser apa saja, seperti Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, atau lainnya. Di sana, kamu bisa melihat informasi tentang Telegram, fitur-fitur yang ditawarkan, dan cara mengunduh aplikasi Telegram untuk berbagai perangkat.
  2. Pada halaman utama, klik Start Messaging. Tombol ini berada di bagian kanan atas halaman. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman web Telegram, yang merupakan versi online dari aplikasi Telegram. Di sana, kamu bisa mengirim dan menerima pesan, mengelola grup dan channel, dan menggunakan fitur-fitur lainnya.
  3. Dari tampilan berikutnya, pilih opsi Quick Log In Using QR Code. Opsi ini berada di bagian bawah halaman, di sebelah kanan tombol Log In. Dengan opsi ini, kamu tidak perlu memasukkan nomor telepon atau kode verifikasi untuk login ke web Telegram. Kamu hanya perlu memindai kode QR yang muncul di layar laptop dengan kamera ponselmu.
  4. Beralih ke ponsel, buka aplikasi Telegram kemudian ketuk pada ikon Menu (di kiri atas). Ikon ini berbentuk tiga garis horizontal. Setelah itu, kamu akan melihat menu yang berisi berbagai opsi, seperti contacts, calls, settings, dan lain-lain.
  5. Pilih Settings, kemudian pilih Devices. Menu Settings berada di bagian bawah menu, di sebelah kanan ikon profil. Di sana, kamu bisa mengubah pengaturan akunmu, seperti nama, foto, privasi, dan lain-lain. Menu Devices berada di bagian bawah menu Settings, di sebelah kanan ikon komputer. Di sana, kamu bisa melihat daftar perangkat yang terhubung dengan akunmu, dan menghapus atau menambahkan perangkat baru.
  6. Pilih opsi Scan QR Code lalu arahkan bidikan kamera ponsel ke tampilan kode QR di layar laptop atau komputer. Opsi Scan QR Code berada di bagian atas halaman Devices, di sebelah kanan ikon kamera. Setelah itu, kamu akan melihat layar kamera yang siap untuk memindai kode QR. Arahkan bidikan kamera ke kode QR yang ada di layar laptop atau komputer. Pastikan kode QR terlihat jelas dan tidak terhalang oleh apapun.
  7. Tunggu proses pemindaian yang biasanya hanya berlangsung dalam hitungan detik. Jika kode QR terbaca dengan benar, kamu akan melihat informasi tentang akun Telegram di web, seperti nama, nomor telepon, dan lokasi. Kamu juga akan melihat waktu terakhir login dan status online dari akun tersebut.
  8. Selanjutnya klik Confirm untuk memberikan konfirmasi login tersebut. Tombol Confirm berada di bagian bawah layar, di sebelah kanan tombol Cancel. Dengan menekan tombol Confirm, kamu akan mengizinkan akun Telegram di web untuk mengakses data dan pesanmu. Kamu juga akan menerima notifikasi di ponselmu bahwa akunmu telah login di web.
  9. Selesai, kini kamu bisa mengakses akun Telegram dari komputer ataupun laptop tersebut. Kamu bisa melihat halaman web Telegram di laptop atau komputer yang sudah terhubung dengan akunmu. Di sana, kamu bisa melakukan aktivitas yang sama seperti di ponsel, seperti mengirim dan menerima pesan, mengelola grup dan channel, dan menggunakan fitur-fitur lainnya. Kamu juga bisa logout dari web Telegram kapan saja dengan menekan tombol Log Out yang berada di bagian kanan atas halaman.
Baca Juga: Cara Menambahkan Teman di Telegram dengan Nomor HP

Tips Penggunaan QR Code Telegram

Barcode atau QR code adalah fitur yang sangat berguna di Telegram. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam menggunakan fitur ini. Ada beberapa tips yang bisa saya berikan untuk kamu agar penggunaan barcode di Telegram lebih aman dan nyaman. Berikut adalah tips penggunaan barcode di Telegram:

  • Pertama, kamu harus selalu memeriksa informasi yang terkait dengan barcode yang ingin kamu scan. Jangan asal scan barcode tanpa tahu apa yang ada di baliknya. Bisa jadi barcode tersebut mengandung link yang berbahaya, virus, malware, atau hal-hal yang tidak kamu inginkan. Jika kamu ragu, sebaiknya jangan scan barcode tersebut.
  • Kedua, kamu harus selalu memastikan bahwa barcode yang kamu scan berasal dari sumber yang terpercaya. Jangan scan barcode yang kamu dapatkan dari orang asing, website yang mencurigakan, atau media sosial yang tidak jelas. Bisa jadi barcode tersebut adalah jebakan, penipuan, atau hal-hal yang merugikanmu. Jika kamu tidak yakin, sebaiknya jangan scan barcode tersebut.
  • Ketiga, kamu harus selalu menjaga privasi dan keamanan akun Telegrammu. Jangan berbagi barcode akun Telegram kamu dengan orang lain, kecuali kamu benar-benar percaya dan mengenal orang tersebut. Jangan juga membiarkan barcode akun Telegram kamu terlihat oleh orang lain, terutama di tempat umum. Bisa jadi barcode tersebut disalahgunakan oleh orang lain, atau digunakan untuk mengakses akun Telegram kamu tanpa izinmu.

Penutup

Baca Juga: 5+ Rekomendasi Nama Bot Telegram untuk Chat Hingga Cari Jodoh

Demikianlah cara scan barcode Telegram yang sangat mudah diikuti, semoga bermanfaat dan membantumu dalam menggunakan fitur barcode di Telegram.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung