Photo of author
Author:
Bukan orang dengan pendidikan tinggi, hanya penggemar segala hal.

3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain

Bagikan file dengan mudah dan praktis melalui Google Drive! Pelajari cara share file Google Drive ke orang lain dengan langkah-langkah yang jelas dan efektif.

 
16 m, 11 s
 609 Views
Saat ini, berbagi file sudah menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan dalam kehidupan digital. Salah satu platform populer yang memudahkan kita untuk berbagi file adalah Google Drive.

Dalam artikel cara share file Google Drive ini, kami akan menjelaskan cara yang sederhana dan efektif untuk membagikan file Google Drive ke orang lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang jelas dan mudah dipahami, kamu akan menjadi ahli dalam berbagi file menggunakan Google Drive.

Inilah 3 Cara Share File Google Drive!

Cara agar link Google Drive langsung ke aplikasi
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 11
Apakah kamu ingin tahu bagaimana cara share file Google Drive dengan mudah? Artikel ini akan menjelaskan 3 metode yang efektif untuk membagikan file menggunakan Google Drive.

Temukan tutorial langkah demi langkah yang jelas dan sederhana dalam artikel ini. Dapatkan akses cepat dan praktis dalam membagikan file kepada orang lain dengan menggunakan Google Drive di perangkat Android, iPhone, dan laptop.

1. Cara Berbagi File di Google Drive Lewat HP Android

Cara mengirim file ke link Google Drive orang lain
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 12
cara share file Google Drive yang pertama, kita akan membahas cara share link Google Drive di perangkat Android. Gampang banget, kok! Jadi, siapin ponsel Android kamu dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Google Drive di ponselmu. Pastikan aplikasinya sudah terpasang dengan baik.
  2. Setelah itu, cari file yang ingin kamu bagikan di Google Drive. File-file tersebut bisa berupa dokumen, foto, video, atau jenis file lainnya.
  3. Setelah menemukan file yang ingin kamu bagikan, ketuk tombol “Lainnya” (tombol dengan tiga titik) yang berada di sebelah nama file tersebut. Biasanya tombol ini ada di samping kanan file.
  4. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi. Pilih opsi “Bagikan” untuk melanjutkan proses pembagian file.
  5. Jika kamu ingin membagikan beberapa file sekaligus, kamu bisa menambahkan file-file tersebut ke dalam satu folder terlebih dahulu. Caranya, pilih file yang ingin kamu bagikan, lalu ketuk tombol “Tambahkan ke Folder” (tombol dengan ikon folder). Setelah itu, buat folder baru atau tambahkan ke folder yang sudah ada. Setelah file-file tersebut berada dalam folder, kamu bisa bagikan seluruh folder tersebut dengan mudah.
  6. Selain itu, kamu juga bisa membagikan beberapa file langsung dari website drive.google.com di komputermu. Caranya, buka website tersebut, lalu ikuti langkah-langkah yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
Baca Juga: Cara Agar File Google Drive Bisa di Download: 5 Langkah!

Jadi, itulah langkah-langkah cara share file Google Drivenya. Gampang, kan? Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu bisa dengan mudah membagikan file-file kamu lewat Google Drive di perangkat Android.

Cara share link Google Drive dari iPhone
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 13
Berikutnya kita akan bahas cara share file Google Drive dari iPhone secara lebih detail, terutama untuk teman-teman yang mungkin masih pemula dan butuh penjelasan langkah demi langkah yang lebih rinci. Jadi, simak baik-baik, ya!

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Google Drive di iPhone atau iPadmu. Pastikan sudah terinstall di perangkatmu.
  2. Di dalam aplikasi Google Drive, cari file yang ingin kamu bagikan. Jelajahi folder-folder atau gunakan fungsi pencarian untuk menemukan file yang tepat.
  3. Setelah menemukan file yang ingin kamu bagikan, sentuh dan tahan file tersebut. Setelah beberapa detik, akan muncul beberapa opsi. Pilih opsi “Lainnya” yang ditandai dengan tiga titik di sebelah nama file.
  4. Ketika kamu memilih opsi “Lainnya”, akan muncul menu dengan berbagai pilihan. Pilih opsi “Bagikan” dari menu tersebut.
  5. Setelah memilih opsi “Bagikan”, akan muncul jendela baru dengan beberapa pilihan bagikan. Di jendela ini, kamu dapat memilih cara bagikan yang sesuai dengan kebutuhanmu.
    • Untuk membagikan file tunggal, kamu dapat memilih opsi “Buka dengan” dan memilih aplikasi atau platform yang ingin kamu gunakan untuk berbagi file tersebut. Misalnya, kamu bisa memilih aplikasi pesan seperti WhatsApp atau aplikasi email.
    • Jika kamu ingin membagikan beberapa file sekaligus, kamu bisa menambahkan file-file tersebut ke dalam satu folder terlebih dahulu. Setelah itu, bagikan seluruh folder tersebut dengan memilih opsi “Bagikan folder” di menu “Bagikan”. Dengan cara ini, kamu dapat membagikan beberapa file sekaligus dengan mudah.
    • Selain itu, kamu juga bisa membagikan file menggunakan opsi “Salin tautan” di menu “Bagikan”. Dengan memilih opsi ini, kamu akan mendapatkan tautan yang dapat kamu salin dan bagikan kepada orang lain melalui pesan, email, atau media sosial.
  6. Setelah kamu memilih opsi yang sesuai, ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembagian file. Misalnya, jika kamu memilih untuk membuka file dengan aplikasi pesan, kamu akan diarahkan ke aplikasi tersebut untuk mengirim pesan dengan file yang sudah terlampir.
Nah, itu dia langkah-langkah untuk share link Google Drive dari iPhone dengan mudah. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu dapat berbagi file dengan cepat dan efisien menggunakan Google Drive di perangkat iOSmu.

Baca Juga: 3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah!

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan seksama dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu, ya!

Cara membagikan link Google Drive di Laptop
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 14
Bagi kamu yang lebih suka menggunakan laptop, jangan khawatir! Berikut ini kami akan menjelaskan cara membagikan link Google Drive di laptop dengan lebih detail. Jadi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Google Drive di komputermu.
    Pertama-tama, pastikan kamu sudah masuk ke akun Google Drive kamu di laptop. Buka browser favorit kamu dan kunjungi drive.google.com. Masukkan email dan password akun Google kamu untuk masuk.
  2. Pilih file yang ingin kamu bagikan.
    Setelah masuk ke Google Drive, cari file yang ingin kamu bagikan. Klik pada file tersebut untuk memilihnya. Jika kamu ingin membagikan beberapa file sekaligus, kamu bisa menahan tombol “Shift” di keyboard sambil memilih dua atau lebih file yang ingin dibagikan.
  3. Klik tombol “Bagikan” di bagian atas layar.
    Di bagian atas layar, kamu akan melihat tombol dengan ikon berbentuk manusia dan tanda tambah (+). Itulah tombol “Bagikan”. Klik tombol tersebut untuk melanjutkan.
  4. Bagikan beberapa file sekaligus (opsional).
    Jika kamu ingin membagikan beberapa file sekaligus, kamu bisa menahan tombol “Shift” di keyboard sambil memilih dua atau lebih file yang ingin dibagikan. Setelah memilih file-file tersebut, klik tombol “Bagikan” yang muncul di bagian atas layar.
  5. Tentukan pengaturan bagikan.
    Setelah mengklik tombol “Bagikan”, kamu akan melihat jendela pop-up yang menampilkan pengaturan bagikan. Di sini, kamu bisa mengatur siapa saja yang dapat mengakses file yang kamu bagikan, apakah hanya dapat melihat atau juga dapat mengedit file tersebut. kamu juga bisa menyalin link untuk membagikan melalui pesan atau email.
  6. Klik tombol “Bagikan” untuk menyelesaikannya.
    Setelah kamu menentukan pengaturan bagikan sesuai keinginan, klik tombol “Bagikan” di jendela pop-up. File kamu sekarang sudah dibagikan dan link untuk mengaksesnya telah disiapkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah membagikan file melalui Google Drive di laptopmu. Jangan lupa untuk mengatur pengaturan bagikan sesuai kebutuhan kamu agar file yang kamu bagikan tetap aman dan terlindungi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Google Drive Menunggu di Upload

Membagikan Beberapa File dengan Mudah

Cara berbagi file di Google Drive Lewat HP
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 15
Bagi kamu yang ingin membagikan beberapa file sekaligus, baik itu dari ponsel atau tablet Android maupun melalui komputer di drive.google.com, Google Drive menyediakan cara yang mudah dan praktis untuk melakukannya.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara share file Google Drive di bawah ini, kamu dapat membagikan sejumlah file secara bersamaan:

1. Membagikan Beberapa File dari Ponsel atau Tablet Android:

Cara membuka akses Google Drive untuk semua orang
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 16
  • Pertama, buka aplikasi Google Drive di perangkat Androidmu.
  • Selanjutnya, tambahkan semua file yang ingin kamu bagikan ke dalam sebuah folder. kamu dapat memilih file-file tersebut dengan menekan dan menahan satu file, lalu pilih file-file lainnya.
  • Setelah file-file terpilih, ketuk opsi “Tambahkan ke Folder” atau ikon folder yang muncul di bagian atas layar.
  • Buat folder baru atau pilih folder yang sudah ada untuk menyimpan file-file tersebut.
  • Setelah file-file kamu berada dalam folder, ketuk opsi “Bagikan” atau ikon berbagi yang biasanya terletak di sebelah kanan nama folder.
  • Pilih orang atau alamat email yang ingin kamu bagikan folder tersebut.
  • Terakhir, pilih jenis izin akses yang kamu inginkan, apakah hanya melihat atau juga dapat mengedit file dalam folder tersebut.
  • Setelah mengatur pengaturan berbagi, kamu dapat mengirim undangan berbagi kepada orang tersebut.
Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Google Drive Lemot Jadi Ngacir!

Dengan cara share file Google Drive ini, kamu dapat membagikan beberapa file sekaligus dengan mudah melalui Google Drive di perangkat Androidmu. Semua file yang berada dalam folder tersebut akan tersedia bagi orang yang kamu undang.

2. Membagikan Beberapa File melalui drive.google.com di Komputer:

Kenapa Google Drive tidak bisa berbagi link
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 17
  • Pertama, buka drive.google.com di browser komputer kamu dan masuk ke akun Google Drive.
  • Selanjutnya, tahan tombol Shift pada keyboard dan pilih dua atau lebih file yang ingin kamu bagikan. kamu dapat mengklik file pertama, kemudian menahan tombol Shift sambil mengklik file terakhir.
  • Setelah file-file terpilih, klik opsi “Bagikan” atau ikon berbagi yang biasanya terletak di bagian atas layar.
  • Masukkan alamat email orang yang ingin kamu bagikan file-file tersebut. Jika kamu ingin membagikannya kepada beberapa orang, tambahkan alamat email mereka satu per satu.
  • Selain itu, kamu juga dapat menyalin link yang disediakan di jendela berbagi dan membagikannya melalui pesan atau aplikasi lainnya.
  • Pilih jenis izin akses yang ingin kamu berikan kepada orang tersebut, apakah hanya dapat melihat atau juga dapat mengedit file-file tersebut.
  • Terakhir, klik tombol “Bagikan” atau “Kirim” untuk membagikan file-file tersebut kepada orang yang kamu undang.
Dengan langkah-langkah yang sederhana tersebut, kamu dapat membagikan beberapa file sekaligus melalui drive.google.com di komputer. Pastikan kamu mengatur izin akses dengan bijak sesuai kebutuhan dan keinginanmu.

Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kesalahan Sinkronisasi pada Google Drive

Dengan menggunakan fitur berbagi Google Drive, kamu dapat dengan mudah membagikan beberapa file secara bersamaan, baik itu melalui perangkat Android atau komputer.

Semua file yang kamu bagikan akan tersedia bagi orang-orang yang kamu undang, sehingga mereka dapat mengakses dan mengelola file-file tersebut sesuai dengan izin akses yang diberikan.

Begitulah cara yang efisien untuk membagikan beberapa file sekaligus menggunakan Google Drive.

Mengubah Akses Umum File Google Drive: Biar Banyak Orang yang Lihat

Cara mengaktifkan berbagi link Google Drive
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 18
Kalau kamu mau biar file Google Drive-nya bisa diakses sama banyak orang, ada cara buat ngatur aksesnya, nih. Tergantung jenis akun Google yang kamu punya, bisa akun kantor, sekolah, atau akun Gmail pribadi.

Ini dia pilihan opsi akses umum yang bisa kamu pilih:

  1. Publik: Kalau kamu pilih ini, semua orang bisa nemuin file kamu lewat mesin pencari Google. Mereka bisa akses file kamu tanpa harus login ke akun Google mereka. Makanya, file kamu bisa diakses secara bebas sama siapa aja yang nemuin.
  2. Siapa Saja yang Punya Link: Kalau kamu pilih opsi ini, orang yang punya link file kamu bisa langsung akses tanpa login ke akun Google mereka. Jadi, misalnya kamu bagi link file ke temen-temen, mereka bisa langsung buka dan liat isinya tanpa ribet.
  3. Dibatasi: Nah, kalau pilih opsi ini, cuma orang-orang yang kamu kasih akses khusus yang bisa buka dan akses file kamu. Jadi, kamu harus izinin orang-orang tertentu biar bisa liat dan buka file yang kamu share. Orang lain yang nggak punya izin akses nggak bakal bisa buka file-nya.
Penting banget buat memilih opsi akses yang tepat, terutama buat file yang punya info sensitif atau rahasia. Pastiin deh izin aksesnya sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kerahasiaan file kamu.

Baca Juga: 5+ Cara Mengatasi Video Is Still Processing Google Drive

Kalau mau ubah pengaturan akses umum file Google Drive, ikutin langkah-langkah berikut, ya:

  1. Buka Google Drive dan cari file yang mau kamu ubah aksesnya.
  2. Klik kanan di file itu dan pilih “Bagikan” atau “Dapetin Link Share” (tergantung versi Google Drive-nya).
  3. Di jendela bagikan, ada opsi pengaturan akses yang bisa kamu pilih. Pilih opsi yang kamu mau, apakah “Publik”, “Siapa Saja yang Punya Link”, atau “Dibatasi”.
  4. Kalo kamu pilih opsi “Dibatasi”, masukin alamat email orang-orang yang mau kamu kasih akses khusus ke file itu. Terus, pilih jenis izin akses yang sesuai, bisa cuma bisa liat, bisa komen, atau bisa edit file.
  5. Setelah selesai atur pengaturan aksesnya, klik tombol “Bagikan” atau “Kirim” buat nyimpen perubahan yang udah kamu buat.
Dengan ngubah pengaturan akses umum file Google Drive, kamu bisa kontrol siapa aja yang bisa akses dan pake file kamu. Jangan lupa, cek dan update pengaturan akses secara reguler biar file kamu tetap aman dan cuma diakses sama orang-orang yang seharusnya aja.

Cara agar link Drive bisa Diakses Semua orang di HP
3+ Cara Share File Google Drive Ke Orang Lain 19
Jadi, kadang-kadang kita mengalami masalah saat ingin berbagi link file di Google Drive. Nah, ini dia beberapa masalah umum yang sering muncul dan penjelasan lengkapnya:

  1. Keterbatasan Izin Akses: Jika kamu tidak memberikan izin akses yang cukup kepada orang lain, mereka mungkin tidak bisa membuka atau melihat file yang kamu bagikan. Pastikan kamu sudah memberikan izin akses yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
  2. Kapasitas Penyimpanan Terlampaui: Google Drive memiliki batasan kapasitas penyimpanan gratis. Jika kamu sudah melebihi batas kapasitas tersebut, kamu tidak akan bisa berbagi link baru hingga menghapus beberapa file atau mengupgrade ke paket penyimpanan yang lebih besar.
  3. Tidak Memiliki Hak Bagi: Beberapa file mungkin tidak dapat dibagikan jika kamu tidak memiliki hak bagi atau kepemilikan penuh atas file tersebut. Pastikan kamu memiliki izin penuh untuk membagikan file sebelum mencoba berbagi link.
  4. File di Folder Bersama: Jika file yang ingin kamu bagikan berada di dalam folder bersama dengan orang lain, periksa apakah kamu memiliki izin untuk membagikan file tersebut. Jika tidak, hubungi pemilik folder untuk meminta izin atau minta mereka untuk membagikan file tersebut.
  5. Masalah Jaringan atau Koneksi: Terkadang, masalah dengan jaringan internet atau koneksi dapat menghambat kemampuan Google Drive untuk berbagi link. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan coba lagi setelah beberapa saat.
  6. Kesalahan Konfigurasi Akun: Jika pengaturan akun Google Drive kamu tidak dikonfigurasi dengan benar, ini bisa mempengaruhi kemampuanmu untuk berbagi link. Periksa pengaturan akun kamu dan pastikan semuanya disetel dengan benar.
Menghadapi masalah saat ingin berbagi link di Google Drive memang bisa mengganggu, tapi dengan memahami dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul, kamu akan dapat dengan mudah berbagi file dengan orang lain melalui platform ini.

Baca Juga: 9+ Cara Mengatasi Gagal Upload di Google Drive

Penutup

Nah, itulah tiga cara share file di Google Drive yang bisa kamu coba. Gampang banget, kan? Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan tadi, kamu bisa dengan mudah membagikan file-file penting kamu kepada teman, keluarga, atau siapapun yang kamu mau.

Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering muncul tentang cara share file di Google Drive:

Bagaimana Cara Mengirim File ke Google Drive Orang Lain?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika kamu ingin mengirim file ke orang lain melalui Google Drive, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  1. Buka aplikasi Google Drive di perangkatmu. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Google Drivemu.
  2. Di samping nama file yang ingin kamu kirim, ketuk ikon “Lainnya” (biasanya berupa tiga titik vertikal atau ikon ellipsis).
  3. Pilih opsi “Bagikan” dari menu yang muncul.
  4. Untuk mengirim beberapa file sekaligus, tambahkan file-file tersebut ke dalam sebuah folder terlebih dahulu, lalu bagikan seluruh folder tersebut.
  5. Jika kamu menggunakan perangkat Android, kamu juga bisa membagikan beberapa file langsung dari aplikasi Drive dengan mengklik opsi “Bagikan” di aplikasi tersebut.
  6. Pilih metode pengiriman yang kamu inginkan. kamu dapat membagikan file melalui email, pesan, atau aplikasi lainnya dengan menyalin link atau menggunakan opsi “Bagikan” yang disediakan.
  7. Setelah memilih metode pengiriman, kamu dapat menentukan izin akses untuk orang yang menerima file tersebut, apakah hanya dapat melihat atau juga dapat mengedit file tersebut.
  8. Terakhir, klik tombol “Bagikan” atau “Kirim” untuk mengirim file ke Google Drive orang lain.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengirim file ke Google Drive orang lain. Pastikan kamu telah memilih metode pengiriman yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.

Baca Juga: 9+ Cara Mengatasi Google Drive Can’t Scan This File for Viruses

Bagaimana Cara Membagikan File dan Folder ke Orang Lain?

Jika kamu ingin membagikan file dan folder kepada orang lain melalui Google Drive, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  1. Buka aplikasi Google Drive di perangkat kamu atau kunjungi drive.google.com di browser.
  2. Temukan file atau folder yang ingin kamu bagikan dan pilihnya dengan mengklik pada file atau folder tersebut.
  3. Di bagian atas layar, kamu akan melihat tombol “Bagikan” dengan ikon berbentuk manusia dan tanda tambah (+). Klik tombol tersebut.
  4. Sebuah jendela pop-up akan muncul, memungkinkan kamu untuk mengatur pengaturan bagikan.
  5. Di jendela pop-up tersebut, kamu dapat memasukkan alamat email orang yang ingin kamu bagikan file atau folder tersebut. Jika kamu ingin membagikannya kepada beberapa orang, cukup tambahkan alamat email mereka satu per satu.
  6. Setelah memasukkan alamat email, pilih jenis izin akses yang ingin kamu berikan kepada orang tersebut, apakah hanya dapat melihat atau juga dapat mengedit file atau folder tersebut.
  7. Jika kamu ingin memberikan izin akses kepada banyak orang sekaligus, kamu juga dapat menyalin link yang disediakan di jendela pop-up tersebut dan membagikannya melalui email, pesan, atau aplikasi lainnya.
  8. Setelah mengatur pengaturan bagikan sesuai keinginan, klik tombol “Bagikan” atau “Kirim” untuk membagikan file atau folder ke orang lain melalui Google Drive.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah membagikan file dan folder kepada orang lain melalui Google Drive. Pastikan kamu telah mengatur izin akses dengan bijak untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan file atau folder yang kamu bagikan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung Google Drive

Apakah File Google Drive Bisa Diakses Orang Lain?

Ya, file Google Drive dapat diakses oleh orang lain jika kamu membagikannya kepada mereka. Google Drive menyediakan fitur berbagi yang memungkinkan kamu untuk memberikan akses kepada orang lain, baik itu untuk melihat atau mengedit file yang kamu bagikan.

Ketika kamu membagikan file melalui Google Drive, kamu dapat mengatur izin akses yang spesifik untuk setiap orang yang menerima bagikan tersebut. Beberapa jenis izin akses yang dapat kamu atur antara lain:

  1. View Only (Hanya Melihat): Orang yang memperoleh izin ini hanya dapat melihat file tanpa memiliki kemampuan untuk mengedit atau mengubah isinya.
  2. Comment (Komentar): Orang yang memiliki izin ini dapat melihat file dan memberikan komentar di dalamnya, tetapi tidak dapat mengubah konten file.
  3. Edit (Mengedit): Orang yang diberikan izin mengedit dapat melakukan perubahan dan modifikasi pada file. Mereka dapat mengubah isi file, menambahkan atau menghapus konten, serta menyimpan perubahan yang dilakukan.
Kamu dapat mengatur izin akses ini saat membagikan file atau folder melalui Google Drive. Dengan cara ini, kamu memiliki kontrol penuh atas siapa yang dapat mengakses dan berinteraksi dengan file yang kamu bagikan.

Penting untuk diingat bahwa saat membagikan file kepada orang lain, pastikan untuk memberikan izin akses yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Selalu pertimbangkan keamanan dan kerahasiaan file yang kamu bagikan agar tetap terjaga.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi File Google Drive Tidak Bisa di Download

Jadi, dengan menggunakan fitur berbagi Google Drive, kamu dapat dengan mudah memberikan akses kepada orang lain untuk melihat atau mengedit file yang kamu simpan di Google Drive.

Bisakah Berbagi Folder di Google Drive?

Ya, kamu dapat berbagi folder di Google Drive dengan orang lain. Fitur berbagi folder memungkinkan kamu untuk memberikan akses kepada orang lain untuk melihat dan mengakses seluruh isi folder tersebut. Hal ini memudahkan kamu dalam membagikan kumpulan file terkait atau dokumen yang ingin kamu bagikan kepada orang lain secara keseluruhan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk berbagi folder di Google Drive:

  1. Buka aplikasi Google Drive di perangkat kamu atau kunjungi drive.google.com di browser.
  2. Temukan folder yang ingin kamu bagikan dan pilih folder tersebut dengan mengklik pada ikon folder atau nama folder.
  3. Di bagian atas layar, kamu akan melihat tombol “Bagikan” dengan ikon berbentuk manusia dan tanda tambah (+). Klik tombol tersebut.
  4. Sebuah jendela pop-up akan muncul, memungkinkan kamu untuk mengatur pengaturan berbagi.
  5. Di jendela pop-up tersebut, kamu dapat memasukkan alamat email orang yang ingin kamu bagikan folder tersebut. Jika kamu ingin membagikannya kepada beberapa orang, cukup tambahkan alamat email mereka satu per satu.
  6. Setelah memasukkan alamat email, pilih jenis izin akses yang ingin kamu berikan kepada orang tersebut, apakah hanya dapat melihat atau juga dapat mengedit file dalam folder tersebut.
  7. Jika kamu ingin memberikan izin akses kepada banyak orang sekaligus, kamu juga dapat menyalin link yang disediakan di jendela pop-up tersebut dan membagikannya melalui email, pesan, atau aplikasi lainnya.
  8. Setelah mengatur pengaturan berbagi sesuai keinginan, klik tombol “Bagikan” atau “Kirim” untuk membagikan folder kepada orang lain melalui Google Drive.

Dengan berbagi folder di Google Drive, kamu dapat memberikan akses yang mudah dan efisien kepada orang lain untuk mengakses dan mengelola seluruh file yang ada dalam folder tersebut. Pastikan kamu mengatur izin akses dengan bijak untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan file yang ada dalam folder yang kamu bagikan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Google Drive Error 404, 403, 400

Jika ada perubahan atau penambahan file dalam folder tersebut, semua orang yang memperoleh akses dapat melihat dan mengakses perubahan tersebut secara real-time.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung