Photo of author
Author:
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.

3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah!

Mulai dari cara membuat Google Drive bersama hingga tips pengoprasian dan semua hal yang kamu butuhkan ada disini!

 
25 m, 0 s
 682 Views
Berikut ini JagoEdit akan memberikan informasi terbaik tentang cara membuat Google Drive bersama dan seluruh informasi bermanfaat tentang hal tersebut baik untuk cara membuat Drive bersama di laptop atau PC, cara buat Drive bersama di HP, hingga di iPhone dan masih banyak lagi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Drive Bersama?

Apa itu Google Drive bersama?
3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah! 10
Nah, Drive Bersama tuh adalah folder khusus di Google Drive yang bisa kita gunain buat nyimpen, ngintip, dan akses file bareng-bareng tim.

Nah, bedanya dengan file di Drive Pribadi kita, file di Drive Bersama ini jadi punya tim, bukan cuma milik individu. Jadi, kalo ada anggota tim yang cabut, file-filenya tetep aman di Drive Bersama supaya tim kita bisa terus berbagi info dan ngerjain kerjaan, gitu loh!

Keunggulan utama Drive bersama :

  1. File dan folder tetep aman meskipun ada yang cabut
    File yang kita tambahin atau buat di Drive Bersama tetep tersimpan, meskipun ada anggota tim yang keluar atau dihapus. Jadi, kita gak perlu khawatir file hilang atau nggak bisa diakses.
  2. Berbagi item dengan fleksibel
    Kita bisa ngasih akses ke file dan folder di Drive Bersama dengan dua cara, guys. Pertama, kita bisa tambahin pengguna atau grup sebagai anggota Drive Bersama. Kedua, anggota Drive Bersama bisa langsung bagi-bagi file dan folder ke pengguna yang bukan anggota.
  3. Berbagi jadi gampang dan konsisten buat anggota
    Semua anggota Drive Bersama bisa liat konten yang sama, jadi kita gak perlu ribet ngurusin permintaan berbagi. Kita juga bisa tambahin grup sebagai anggota Drive Bersama, jadi kalo ada pengguna yang ditambahin ke grup, otomatis mereka juga bisa akses semua Drive Bersama yang berisi grup tersebut. Asik banget kan!
  4. Setelan berbagi yang bisa disesuaikan
    Kalo kita izinin, anggota Drive Bersama bisa berbagi file dan folder tertentu ke pengguna yang bukan anggota. Jadi, kita bisa ngasih akses yang diperlukan tanpa harus bagi-bagi semua konten Drive Bersama. Praktis banget kan!
  5. Bisa kerja bareng pengguna eksternal (kalo diizinin sama organisasi)
    Kalo organisasi kita ngizinin, kita bisa tambahin pengguna eksternal ke Drive Bersama kita, asalkan mereka punya alamat email yang terkait dengan Akun Google. Semua konten yang mereka kontribusiin ke Drive Bersama yang dibuat oleh anggota organisasi akan ditransfer dan jadi milik organisasi. Mantap!
  6. Drive Bersama bisa disinkronin sama desktop kita
    Kita bisa akses Drive Bersama di komputer kita pake Google Drive untuk desktop. Jadi, kita bisa nyimpen dan ngeliat file-filenya langsung dari desktop. Praktis banget buat kerja lebih efisien, nih!

Baca Juga: Cara Mengatasi Google Drive Menunggu di Upload

Jadi, itulah penjelasan singkat tentang Drive Bersama, guys. Kita bisa nyimpen, berbagi, dan akses file bareng tim dengan mudah dan seru banget!

Inilah 3 Cara Membuat Google Drive Bersama!

Cara Membuat Drive bersama di laptop
3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah! 11
Google Drive bersama adalah fitur yang tersedia hanya untuk akun Google kantor atau sekolah yang memenuhi syarat.

Jika kamu sudah memiliki akun semacam itu, yuk ikuti salah satu dari tiga metode berikut untuk membuatnya berdasarkan perangkat yang kamu gunakan.

1. Cara Membuat Google Drive Bersama di Komputer dan Laptop

Langkah pertama adalah membuka drive.google.com di komputer atau laptop kamu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka drive.google.com: Pertama, buka browser favoritmu dan pergi ke drive.google.com.
  2. Klik Drive bersama: Di sebelah kiri jendela Drive, carilah opsi “Drive bersama” dan klik di atasnya.
  3. Klik Baru: Di bagian atas kiri jendela Drive bersama, temukan tombol “Baru” dan klik untuk melanjutkan.
  4. Masukkan nama untuk drive bersama: Di kotak teks yang muncul, ketikkan nama yang ingin kamu berikan pada drive bersama yang akan kamu buat.
  5. Klik Buat: Setelah kamu memasukkan nama, klik tombol “Buat” untuk membuat drive bersama tersebut.

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Google Drive Lemot Jadi Ngacir!

Dengan langkah-langkah di atas, kamu telah berhasil membuat Google Drive bersama di komputer. Selanjutnya, kamu dapat mengundang anggota tim atau kolega untuk bergabung dan mulai berkolaborasi pada file dan folder yang ada.

2. Cara Membuat Google Drive Bersama di Android

Jika kamu ingin membuat Google Drive bersama di perangkat Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuklah ke akun Google untuk kantor atau sekolah terlebih dahulu: Pastikan kamu telah masuk ke akun Google yang sesuai dengan kantor atau sekolah yang memenuhi syarat untuk menggunakan fitur Drive bersama.
  2. Buka laman drive.google.com di peramban dan masuklah: Buka peramban di perangkat Androidmu dan ketik laman drive.google.com di bilah alamat. Kemudian, masuklah ke akun Google yang sesuai dengan kantor atau sekolahmu.
  3. Pilih menu “Baru +”: Di bagian atas layar, carilah ikon menu “Baru +” dan ketuk untuk melanjutkan.
  4. Masukkan nama Drive: Pada layar berikutnya, ketikkan nama yang ingin kamu berikan pada drive bersama yang akan kamu buat.
  5. Klik “Buat”: Setelah memasukkan nama, carilah tombol “Buat” dan ketuk untuk membuat drive bersama tersebut.
Baca Juga: 4+ Cara Mengatasi Kesalahan Sinkronisasi pada Google Drive

Dengan langkah-langkah sederhana ini, kamu sudah bisa memiliki Google Drive bersama di perangkat Androidmu.

3. Cara Membuat Google Drive Bersama di iPhone

Bagi pengguna iPhone, kamu juga bisa membuat Google Drive bersama dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Google Drive menggunakan akun kantor atau sekolah: Pastikan kamu telah masuk ke akun Google yang sesuai dengan kantor atau sekolah yang memenuhi syarat untuk menggunakan fitur Drive bersama.
  2. Buka bagian “Drive Bersama” di folder drive: Di aplikasi Google Drive di iPhone, carilah folder “Drive Bersama” dan buka.
  3. Klik tombol “+”: Di bagian kanan atas layar, temukan tombol “+” dan ketuk untuk melanjutkan.
  4. Masukkan nama Drive: Pada layar berikutnya, ketikkan nama yang ingin kamu berikan pada drive bersama yang akan kamu buat.
  5. Klik “Buat”: Setelah memasukkan nama, temukan tombol “Buat” di bagian kanan atas layar dan ketuk untuk membuat drive bersama tersebut.
Dengan langkah-langkah di atas, kamu telah berhasil membuat Google Drive bersama di iPhone. Kamu dapat mengundang anggota tim atau kolega untuk bergabung dan berkolaborasi pada file dan folder yang ada.

Baca Juga: 5+ Cara Mengatasi Video Is Still Processing Google Drive

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana cara membuat Google Drive bersama di komputer, Android, dan iPhone. Silakan pilih metode yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan, dan mulailah berkolaborasi dengan tim atau kolega dengan mudah melalui Google Drive bersama!

Hal Yang Dapat Dilakukan Dengan Drive Bersama

Cara buat Drive bersama di HP
3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah! 12
Drive Bersama, guys, adalah tempat keren yang bisa kita pake bareng-bareng tim buat nyimpen, ngintip, dan akses file dari mana aja dan dari gadget apapun dengan gampang banget!

Nah, bedanya dengan file di Drive Pribadi kita, file di Drive Bersama ini jadi punya tim, bukan cuma milik individu, jadi kalo ada anggota tim yang cabut, file-filenya tetep aman di Drive Tim supaya tim tetep bisa berbagi info dan lanjutin kerjaan.

Nah, berikut ini beberapa penggunaan keren Drive Bersama:

  1. Project—Buat orang-orang yang terlibat dalam satu proyek seru nih. Semua tim bisa nyimpen file dan kerja bareng di sini.
  2. Acara—Kalo ada orang yang nangani acara atau produk tertentu dalam waktu tertentu, Drive Bersama bisa jadi tempat keren buat mereka berkolaborasi dan nyimpen file terkait acara tersebut.
  3. Template—Kita bisa bikin file yang bisa dicopy dan dipake lagi oleh orang lain. Nah, Drive Bersama bisa jadi tempat bagus buat nyimpen file-file template itu supaya orang lain bisa pake juga.
  4. File di Seluruh Perusahaan—Kalo ada file yang perlu diakses sama semua orang, contohnya file pelatihan, Drive Bersama bisa jadi tempat yang pas banget buat nyimpen file-file itu supaya semua orang bisa akses dengan mudah.
  5. File Sensitif—Nah, ini yang penting banget, guys. Kalo ada file yang super penting dan sensitif, kita bisa tambahin lapisan keamanan ekstra supaya aksesnya dibatasi. Jadi, cuma orang-orang yang bener-bener berhak aja yang bisa akses file itu.
Baca Juga: 9+ Cara Mengatasi Gagal Upload di Google Drive

Jadi, itulah beberapa hal keren yang bisa kita lakukan dengan Drive Bersama. Akses file jadi lebih gampang, kolaborasi tim jadi lebih asyik, dan semuanya jadi lebih terorganisir. Gak nyangka ya, Drive Bersama bisa jadi senjata rahasia buat produktivitas tim kita!

Begini Cara Menggunakan Google Drive Bersama

Cara membuat Drive Bersama di Akun belajar id
3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah! 13
Untuk menggunakan Google Drive Bersama, kamu perlu membuat folder khusus di Google Drive dan mengundang anggota timmu untuk bergabung.

Setelah itu, kamu dapat dengan mudah berbagi file dan folder dengan anggota timmu, mengelola akses pengguna, dan bahkan menyinkronisasikannya dengan perangkat komputermu menggunakan Google Drive untuk desktop.

Dengan cara ini, kamu dapat mengoptimalkan kolaborasi tim dan memastikan akses yang mudah dan efisien ke file bersama. Atau berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya :

Cara Upload File ke Google Drive Bersama

Untuk mengunggah file ke Google Drive Bersama, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka drive.google.com di perambanmu.
  2. Pada panel sebelah kiri, klik Drive Bersama dan cari drive bersama yang ingin kamu gunakan. Jika kamu belum membuat drive bersama, kamu dapat membuatnya terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, di bagian atas sebelah kiri, klik tombol “Baru”.
  4. Pilih jenis file atau folder yang ingin kamu buat atau unggah dari komputermu. Kamu bisa memilih apakah ingin membuat dokumen baru, menambahkan file gambar, membuat folder, dan banyak lagi.
  5. Setelah memilih, pilih file yang ingin kamu unggah dari komputer. Kamu bisa mengunggah file tunggal atau beberapa file sekaligus dengan menandai pilihan yang sesuai.
  6. Setelah selesai, file yang kamu unggah akan menjadi milik tim. Bahkan jika kamu keluar dari drive bersama, file tersebut tetap akan tersedia dan dapat diakses oleh anggota tim.
Baca Juga: 9+ Cara Mengatasi Google Drive Can’t Scan This File for Viruses

Dengan langkah-langkah sederhana ini, kamu dapat dengan mudah mengunggah dan berbagi file dengan timmu melalui Google Drive Bersama. Pastikan untuk menjaga file-file pentingmu tetap aman dan tersedia untuk kolaborasi tim yang efisien!

Cara Menambahkan Anggota ke Drive Bersama

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan anggota ke Drive Bersama secara mudah dan cepat:

  1. Buka drive.google.com di peramban webmu dan login ke akun Google yang terkait dengan Drive Bersama.
  2. Di kolom sebelah kiri, cari dan klik “Drive Bersama” untuk membuka Drive Bersama yang ingin kamu tambahkan anggota.
  3. Di bagian atas jendela Drive Bersama, klik “Kelola anggota” untuk membuka panel pengaturan anggota.
  4. Pada panel “Kelola anggota”, klik tombol “Tambahkan orang” atau “Tambahkan grup” untuk memulai proses menambahkan anggota baru.
  5. Akan muncul kotak dialog “Tambahkan orang” atau “Tambahkan grup” yang memungkinkan kamu memasukkan nama, alamat email, atau nama grup Google yang ingin kamu tambahkan.
  6. Untuk menambahkan anggota individu, masukkan nama atau alamat email mereka dalam kolom yang tersedia. Kamu juga dapat mengetikkan beberapa karakter awal nama atau alamat email, dan Google Drive akan menampilkan saran yang sesuai.
  7. Jika kamu ingin menambahkan grup Google, ketik nama grup yang ingin kamu tambahkan. Google Drive akan menampilkan saran nama grup yang relevan saat kamu mengetik.
  8. Setelah memasukkan nama anggota atau grup, Google Drive akan memberikan opsi peran akses yang dapat kamu pilih. Pilih peran yang sesuai dengan hak akses yang ingin kamu berikan kepada anggota baru.
  9. Jika kamu ingin memberi tahu anggota baru tentang akses mereka ke Drive Bersama, centang kotak “Beri tahu orang” di sebelah nama anggota atau grup yang baru ditambahkan. Kamu dapat menyesuaikan pesan pemberitahuan yang akan dikirim.
  10. Setelah semua anggota atau grup ditambahkan dan peran akses teratur, klik tombol “Tambahkan” atau “Selesai” untuk menyimpan perubahan dan menambahkan anggota baru ke Drive Bersama.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menambahkan anggota baru ke Drive Bersama. Pastikan untuk memberikan hak akses yang sesuai kepada setiap anggota sesuai dengan peran mereka dalam proyek atau tim.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi File Google Drive Tidak Bisa di Download

Jangan lupa untuk terus memperbarui dan mengelola anggota Drive Bersama sesuai kebutuhan. Hal ini akan memastikan kolaborasi yang efektif dan pengelolaan file yang teratur dalam Drive Bersama.

Cara Mengubah Akses Anggota ke Drive Bersama

Mengubah akses anggota ke Drive bersama adalah langkah penting dalam mengelola kolaborasi dan mengatur hak akses untuk anggota tim atau kolega. Berikut ini adalah tutorial lengkap tentang cara mengubah akses anggota ke Drive bersama:

  1. Buka drive.google.com
    Buka browser dan pergi ke drive.google.com. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Google yang terkait dengan Drive bersama yang ingin kamu ubah aksesnya.
  2. Di kolom sebelah kiri, klik “Drive bersama”
    Di menu sebelah kiri halaman Google Drive, cari dan klik opsi “Drive bersama”. Ini akan menampilkan daftar semua Drive bersama yang kamu miliki.
  3. Pilih Drive bersama yang ingin kamu ubah aksesnya
    Di daftar Drive bersama, temukan Drive bersama yang ingin kamu ubah aksesnya. Klik dua kali pada nama Drive bersama tersebut untuk membukanya.
  4. Di bagian atas, klik “Kelola anggota”
    Setelah membuka Drive bersama, kamu akan melihat opsi “Kelola anggota” di bagian atas halaman. Klik opsi tersebut untuk mengakses pengaturan anggota Drive bersama.
  5. Tambahkan nama, alamat email, atau Google Grup
    Pada halaman pengaturan anggota Drive bersama, ada opsi untuk menambahkan anggota baru. Kamu dapat memasukkan nama anggota, alamat email, atau bahkan menggunakan Google Grup yang sudah ada. Pastikan untuk memasukkan informasi yang benar.
  6. Pilih peran anggota baru dari dropdown
    Setelah menambahkan anggota baru, kamu perlu menentukan peran atau tingkat akses yang akan diberikan kepada mereka. Pilih peran yang sesuai dari dropdown menu. Misalnya, Pengelola konten dapat mengedit, memindahkan, dan menghapus semua file dalam Drive bersama.
  7. Ganti peran anggota yang sudah ada (opsional)
    Jika kamu ingin mengubah peran anggota yang sudah ada dalam Drive bersama, cukup cari nama anggota tersebut dalam daftar anggota dan klik panah ke bawah di sampingnya. Pilih tingkat akses baru yang diinginkan dari opsi yang tersedia.
  8. Memberi tahu anggota baru tentang akses mereka (opsional)
    Jika kamu ingin memberi tahu anggota baru tentang akses yang mereka dapatkan, kamu dapat mengirimkan email pemberitahuan kepada mereka. Klik opsi “Beri tahu orang” dan ikuti petunjuk untuk mengirim pesan ke anggota baru.
  9. Klik “Kirim”
    Setelah kamu selesai mengatur akses anggota dan memberi tahu anggota baru (jika diperlukan), klik tombol “Kirim” untuk menyimpan perubahan yang telah kamu lakukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengubah akses anggota ke Drive bersama dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan kolaborasi timmu.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung Google Drive

Dengan demikian, kamu telah menguasai langkah-langkah dalam mengubah akses anggota ke Drive bersama.

Cara Melihat Anggota Drive Bersama

Jika kamu ingin melihat siapa saja anggota yang memiliki akses ke Drive bersama, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka drive.google.com di browser kamu dan masuk ke akun Google yang terkait dengan Drive bersama.
  2. Di sebelah kiri halaman, temukan dan klik “Drive bersama”. Ini akan membuka daftar semua Drive bersama yang kamu miliki.
  3. Pilih Drive bersama yang ingin kamu periksa anggotanya. Klik dua kali pada nama Drive bersama tersebut.
  4. Di bagian atas halaman, kamu akan melihat beberapa tab, seperti “File”, “Anggota”, “Pengaturan”, dan lain-lain. Klik tab “Anggota”.
  5. Setelah kamu mengklik tab “Anggota”, halaman akan menampilkan daftar semua anggota yang memiliki akses ke Drive bersama tersebut. Kamu dapat melihat nama, alamat email, dan peran masing-masing anggota.
  6. Jika kamu ingin menambahkan anggota baru, mengubah peran anggota, atau menghapus anggota dari Drive bersama, kamu dapat melakukannya melalui halaman ini juga.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah melihat siapa saja yang memiliki akses ke Drive bersama dan mengelola anggota sesuai kebutuhanmu.

Jangan ragu untuk menjelajahi fitur-fitur lain yang tersedia di Drive bersama untuk memaksimalkan pengalaman kolaborasi dan pengelolaan file bersama tim atau kelompokmu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Google Drive Error 404, 403, 400

Sebagai pengingat, pastikan kamu memiliki hak akses yang memadai untuk melihat anggota Drive bersama. Jika kamu tidak memiliki hak akses sebagai pengelola, kamu mungkin perlu meminta izin kepada pengelola atau administrator Drive bersama tersebut.

Cara Mengirim Email kepada Anggota Drive Bersama

Mengirim email kepada anggota Drive bersama adalah cara yang efektif untuk memberi tahu mereka tentang akses dan kolaborasi dalam Drive tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka drive.google.com di peramban web kamu dan masuklah ke akun Google yang terkait dengan Drive bersama.
  2. Di sebelah kiri, temukan dan klik opsi “Drive bersama”. Pilih Drive bersama yang ingin kamu kirimkan email kepada anggota-anggotanya.
  3. Pada bagian atas halaman, sebelah kanan nama Drive bersama, ada sebuah ikon panah ke bawah (▼). Klik ikon tersebut untuk mengungkapkan opsi lainnya.
  4. Dalam daftar opsi yang muncul, pilih “Kirim Email ke Anggota”. Ini akan membuka jendela komposisi email.
  5. Di dalam jendela komposisi email, kamu dapat mengetik pesan yang ingin kamu sampaikan kepada anggota-anggota Drive bersama. Jelaskan dengan jelas tujuan emailmu dan berikan instruksi yang diperlukan.
  6. Setelah selesai menulis pesanmu, klik tombol “Kirim” untuk mengirimkan email tersebut kepada anggota-anggota Drive bersama.
Dengan mengirimkan email kepada anggota Drive bersama, kamu dapat memberikan informasi penting, instruksi, atau pengingat tentang proyek atau dokumen yang sedang dikerjakan. Pastikan pesanmu jelas dan mudah dipahami oleh anggota-anggota tersebut.

Baca Juga: 10+ Cara Mengatasi Google Drive Quota Exceeded

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengirimkan email kepada anggota Drive bersama dengan mudah dan efisien, sehingga memudahkan koordinasi dan kolaborasi dalam tim.

Cara Menghapus Anggota Drive Bersama

Jika kamu ingin menghapus anggota dari Drive bersama, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka drive.google.com di peramban web kamu.
  2. Di kolom sebelah kiri, klik “Drive bersama”, kemudian klik dua kali pada Drive bersama yang ingin kamu kelola.
  3. Di bagian atas, klik “Kelola anggota” untuk mengakses pengaturan anggota Drive bersama.
  4. Untuk menghapus anggota, cari nama orang yang ingin kamu hapus dari daftar anggota. Klik pada panah ke bawah yang berada di sebelah kanan nama orang tersebut.
  5. Dalam menu dropdown, kamu akan melihat beberapa opsi. Pilih “Hapus” untuk menghapus anggota dari Drive bersama.
  6. Setelah itu, akan muncul konfirmasi untuk menghapus anggota. Pastikan kamu telah memilih anggota yang benar. Klik “Hapus” untuk mengonfirmasi penghapusan.
Dengan langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menghapus anggota yang tidak lagi diperlukan dari Drive bersama. Pastikan untuk berhati-hati saat melakukan tindakan ini, karena penghapusan anggota tidak dapat dibatalkan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Drive

Perlu diingat, hanya Pengelola Drive bersama yang memiliki hak untuk menghapus anggota. Jika kamu bukan Pengelola, kamu tidak akan melihat opsi untuk menghapus anggota pada langkah keempat.

Sekarang kamu sudah siap untuk mengelola anggota Drive bersama dengan lebih efektif.

Cara Menghapus Drive Bersama

Jika kamu ingin menghapus Drive bersama yang sudah tidak digunakan atau tidak diperlukan lagi, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka drive.google.com di browser yang kamu gunakan.
  2. Di sebelah kiri, temukan dan klik pada “Drive bersama”.
  3. Pilih Drive bersama yang ingin kamu hapus. Jika kamu memiliki banyak Drive bersama, pastikan kamu memilih yang tepat.
  4. Klik kanan pada Drive bersama tersebut. Akan muncul menu dropdown.
  5. Pilih opsi “Hapus drive bersama” dari menu tersebut.
  6. Sebelum menghapus Drive bersama, pastikan bahwa Drive bersama tersebut sudah kosong. Jika masih ada file di dalamnya, kamu harus mengosongkannya terlebih dahulu.
  7. Setelah kamu mengonfirmasi bahwa Drive bersama sudah kosong, klik “Hapus” untuk menghapusnya secara permanen.
  8. Setelah menghapus Drive bersama, Drive bersama tersebut tidak akan lagi muncul dalam daftar Drive bersama yang kamu miliki.
Namun, jika kamu belum siap menghapus Drive bersama secara permanen, tetapi tidak menggunakannya secara aktif, kamu juga dapat menyembunyikannya. Menyembunyikan Drive bersama akan menghapusnya dari tampilan sementara tanpa menghapus data di dalamnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Link Google Drive Tidak Bisa Dibuka

Untuk menyembunyikan Drive bersama, ikuti langkah berikut:

  1. Buka drive.google.com di browser yang kamu gunakan.
  2. Di sebelah kiri, temukan dan klik pada “Drive bersama”.
  3. Cari Drive bersama yang ingin kamu sembunyikan.
  4. Klik kanan pada Drive bersama tersebut. Akan muncul menu dropdown.
  5. Pilih opsi “Sembunyikan Drive bersama” dari menu tersebut.
Setelah menyembunyikan Drive bersama, Drive bersama tersebut tidak akan muncul dalam daftar Drive bersama yang kamu lihat. Namun, data di dalamnya tetap aman dan dapat diakses kembali dengan mengaktifkan tampilan Drive bersama.

Jika kamu ingin menghapus Drive bersama secara permanen setelah menyembunyikannya, ikuti langkah-langkah pada tutorial sebelumnya untuk menghapusnya dengan benar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menghapus atau menyembunyikan Drive bersama yang tidak lagi diperlukan. Pastikan untuk mempertimbangkan dengan teliti sebelum menghapus Drive bersama, karena tindakan ini tidak dapat dibatalkan dan data di dalamnya akan dihapus secara permanen.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi File Tidak Ada di Google Drive

Tips Mengoptimalkan Penggunaan Google Drive Bersama

Cara mencari Drive bersama
3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah! 14

Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan Google Drive bersama:

  1. Organisasi Folder: Buat struktur folder yang terorganisir dengan baik untuk memudahkan pengelompokan dan pencarian file.
  2. Beri Nama File yang Jelas: Gunakan nama file yang deskriptif agar mudah dikenali dan dicari.
  3. Gunakan Label atau Tag: Beri label atau tag pada file untuk membantu mengkategorikan dan mengelompokkan file berdasarkan topik atau kategori tertentu.
  4. Gunakan Fitur Kolaborasi: Manfaatkan fitur kolaborasi Google Drive bersama seperti komentar, revisi, dan berbagi file secara real-time untuk memudahkan kerjasama tim.
  5. Atur Hak Akses dengan Bijak: Tetapkan tingkat akses yang sesuai untuk setiap anggota tim agar terjamin keamanan dan kerahasiaan file.
  6. Rutin Backup File: Selalu cadangkan file penting secara teratur untuk mencegah kehilangan data.
  7. Gunakan Aplikasi Mobile: Instal aplikasi Google Drive di perangkat mobilemu untuk mengakses file secara mudah di mana saja.
  8. Pelajari Fitur-Fitur Tambahan: Telusuri dan pelajari fitur tambahan Google Drive yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.
Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Autocrat drive.google.com Refused to Connect

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan Google Drive bersama dan meningkatkan produktivitas timmu.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive Bersama

Cara membuat Drive bersama Unlimited
3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah! 15
Google Drive bersama memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Google Drive bersama:

Kelebihan Google Drive Bersama

  1. Kolaborasi Tim: Memungkinkan anggota tim untuk bekerja secara bersamaan pada dokumen yang sama dan melihat perubahan secara real-time.
  2. Penyimpanan Aman: Data tersimpan dengan aman di server Google yang memiliki keamanan tinggi.
  3. Akses dari Mana Saja: Dapat diakses dari perangkat mana saja dengan koneksi internet.
  4. Pembaruan Otomatis: Dokumen yang disimpan di Google Drive secara otomatis disinkronkan dan diperbarui.
  5. Integrasi yang Kuat: Mudah diintegrasikan dengan aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Google Docs, dan Google Sheets.
  6. Pengaturan Hak Akses yang Fleksibel: Memungkinkan pengaturan tingkat akses yang berbeda untuk setiap anggota tim.
  7. Versi Revisi: Menyimpan riwayat revisi dokumen yang memungkinkan pemulihan versi sebelumnya.
  8. Kolaborasi Real-Time: Dapat bekerja secara langsung dengan anggota tim dalam dokumen yang sama.
Baca Juga: Cara Mengatasi Akses Ditolak Google Drive

Kekurangan Google Drive Bersama

  1. Ketergantungan pada Koneksi Internet: Membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk mengakses dan menyimpan data.
  2. Batasan Penyimpanan: Terdapat batasan penyimpanan tergantung pada jenis akun Google yang digunakan.
  3. Tidak Mendukung Semua Jenis File: Beberapa jenis file mungkin tidak dapat dibuka atau diedit secara langsung di Google Drive.
  4. Kontrol Keamanan Terbatas: Dalam situasi tertentu, pengendalian keamanan mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis atau organisasi tertentu.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan ini, kamu dapat menentukan apakah Google Drive bersama adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan kolaborasi timmu.

FAQ (Pertanyaan Terkait Google Drive Bersama)

Cara mengaktifkan Drive bersama
3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah! 16
Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum seputar cara membuat Google Drive bersama:

  1. Apa itu Google Drive bersama?
    Google Drive bersama adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola ruang penyimpanan bersama dengan anggota tim, teman, atau kolega. Fitur ini memungkinkan kolaborasi real-time pada dokumen, berbagi file, dan pengaturan hak akses yang berbeda.
  2. Apakah Google Drive bisa dibuka oleh orang lain?
    Ya, Google Drive dapat dibuka oleh orang lain jika kamu memberikan hak akses atau membagikan file atau folder dengan mereka.
  3. Apakah Google Drive bisa berbagi folder?
    Ya, Google Drive memungkinkan kamu untuk berbagi folder dengan orang lain. Dengan berbagi folder, kamu dapat memberikan akses kepada anggota tim atau kolega untuk melihat, mengedit, atau mengunduh file dalam folder tersebut.
  4. Apa perbedaan antara Drive Saya dan Drive bersama?
    Drive Saya (My Drive) adalah ruang penyimpanan pribadi di Google Drive yang hanya dapat diakses oleh pemilik akun. Drive bersama (Shared Drive) adalah ruang penyimpanan bersama yang dapat diakses dan digunakan oleh anggota tim atau kelompok yang ditentukan.
  5. Bagaimana cara keluar dari Drive bersama?
    Untuk keluar dari Drive bersama, kamu harus menghapus dirimu sendiri sebagai anggota dari Drive bersama tersebut. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
    • Buka drive.google.com.
    • Di sebelah kiri, klik “Drive bersama” dan pilih Drive bersama yang ingin kamu keluar.
    • Di bagian atas, klik “Kelola anggota”.
    • Temukan namamu dalam daftar anggota dan klik panah ke bawah.
    • Pilih “Keluar dari Drive bersama”.
Baca Juga: Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses, Ampuh!

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang Google Drive bersama.

Cara Menyiapkan Drive Bersama Agar Optimal

Cara Membuat folder bersama di Google Drive
3+ Cara Membuat Google Drive Bersama Dengan Mudah! 17
Jika kamu adalah seorang administrator yang bertanggung jawab mengelola pengguna di organisasi dan ingin memaksimalkan penggunaan Drive bersama untuk berkolaborasi di Google Drive, berikut adalah langkah-langkahnya:

Pahami Cara Kerja Drive Bersama dan Praktik Terbaik

Sebagai langkah awal, penting untuk mempelajari cara kerja Drive bersama dan memahami praktik terbaik dalam menggunakannya. Ini akan membantu kamu mengoptimalkan penggunaan Drive bersama dalam organisasi kamu. Jadi, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Drive bersama?

Drive bersama adalah fitur di Google Drive yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan bekerja sama pada file secara kolektif. Saat kamu menggunakan Drive bersama, file yang ada di dalamnya dimiliki oleh organisasi, bukan individu, sehingga file tersebut akan tetap ada bahkan jika pemilik file meninggalkan organisasi. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat menghindari kehilangan data yang berpotensi terjadi.

Ajak pengguna di organisasi kamu untuk menggunakan Drive bersama untuk konten yang ditujukan bagi seluruh organisasi atau tim, seperti rencana proyek, hasil riset, atau catatan rapat tim. Sementara itu, minta pengguna untuk menyimpan file pribadi dan rahasia, seperti catatan rapat pribadi, penilaian performa, atau rencana pengembangan karier, di Drive Saya.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Upload

Evaluasi Cara Kerja Organisasi dengan File

Setelah memahami konsep Drive bersama, langkah berikutnya adalah mengevaluasi cara kerja organisasi kamu dengan file. Beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan adalah:

  • Berapa banyak file yang saat ini ada di Drive atau tempat lainnya?
  • Jika kamu perlu memindahkan banyak file ke dalam Drive bersama, ada baiknya untuk meninjau batasan dan praktik terbaik dalam migrasi besar ke Google Drive.

Selain itu, penting juga untuk memikirkan cara pengaturan file. Saat kamu atau pengguna lain memindahkan file ke dalam Drive bersama, kamu dapat memutuskan apakah ingin membuat struktur folder baru atau mempertahankan struktur yang ada. Pengguna yang merupakan anggota Drive bersama dengan tingkat akses yang diperlukan dapat membuat folder di Drive bersama, memindahkan file ke dalamnya, dan membuat file baru di dalamnya.

Pastikan untuk mempertimbangkan siapa yang membutuhkan akses ke file dan siapa yang tidak seharusnya memiliki akses. Akses ke file dan folder dalam Drive bersama dikontrol melalui tingkat akses anggota dan batasan berbagi file dan folder.

Tingkat akses anggota memungkinkan pengguna untuk melihat semua file dan folder dalam Drive bersama, kecuali jika ada kebijakan keamanan tertentu yang menghentikan mereka. Kamu juga dapat mengatur setelan berbagi Drive di unit organisasi tempat Drive bersama ditetapkan serta opsi berbagi default di konsol admin.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Download 24 Jam

Tetapkan Izin dan Berbagi Drive Bersama

Pada langkah ini, kamu akan menetapkan siapa saja yang dapat membuat Drive bersama dan membagikan file di dalamnya. Beberapa pertimbangan yang perlu kamu buat antara lain:

  • Tetapkan siapa saja yang diizinkan untuk membuat Drive bersama. Misalnya, jika kamu merupakan bisnis, kamu mungkin ingin mengizinkan semua orang membuat Drive bersama untuk mendukung kolaborasi tim. Namun, jika kamu merupakan institusi pendidikan, mungkin kamu hanya ingin mengizinkan instruktur untuk membuat Drive bersama, bukan siswa.
  • Tetapkan izin berbagi default untuk Drive bersama. Tentukan apakah pengguna eksternal dapat mengakses file di dalam Drive bersama. Kamu juga perlu memutuskan apakah file dalam Drive bersama dapat dibagikan kepada orang yang bukan anggota Drive bersama. Selain itu, kamu harus mempertimbangkan apakah pelihat dan pengomentar diperbolehkan untuk mengunduh, mencetak, dan menyalin file di dalam Drive bersama. Terakhir, tetapkan apakah anggota Drive bersama dengan akses pengelola dapat mengubah setelan berbagi default yang telah kamu tetapkan.
  • Tetapkan unit organisasi tempat Drive bersama baru akan ditetapkan. Secara default, unit organisasi tersebut akan ditetapkan ke unit organisasi teratas, dan kebijakan data Drive di unit organisasi tersebut akan diterapkan. Namun, jika kamu menginginkan kontrol yang lebih terperinci, kamu dapat menetapkannya ke unit organisasi yang menjadi pembuat Drive bersama atau unit organisasi lainnya.
  • Jika organisasi kamu menggunakan aturan Pencegahan Kebocoran Data (DLP) untuk Drive, pastikan untuk meninjau aturan tersebut dan memastikan aturan tersebut sesuai untuk file di Drive bersama. Aturan DLP untuk Drive berlaku untuk file di Drive bersama berdasarkan unit organisasi. Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang DLP dan cara menetapkan Drive bersama ke unit organisasi.
  • (Opsional) Jika organisasi kamu menggunakan Google Vault untuk menyimpan file di Google Drive, kamu dapat menetapkan aturan retensi untuk file di Drive bersama. Aturan retensi dapat diterapkan untuk pengguna tertentu atau untuk seluruh Drive bersama.

Latih Pengguna

Langkah terakhir adalah melatih pengguna tentang penggunaan optimal Drive bersama. Bagikan referensi berikut kepada mereka:

  • Panduan memulai menggunakan Drive bersama.
  • Panduan bekerja bersama di dalam Drive bersama.
  • Panduan menyimpan dan membagikan file atau folder menggunakan Drive bersama.
Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Google Drive Penuh Paling Mudah

Hak Istimewa untuk Pengguna dengan Lisensi Tertentu

Perlu dicatat bahwa hak istimewa pengguna dengan lisensi tertentu dapat bervariasi tergantung pada apakah Drive bersama tersebut berada di dalam atau di luar organisasi. Sebagai contoh:

  • Drive bersama internal: Pengguna dapat ditambahkan sebagai anggota Drive bersama dengan tingkat akses “Pelihat”. Namun, dalam beberapa kasus, mereka mungkin juga diizinkan memberikan komentar atau mengedit file jika file tersebut dibagikan langsung kepada mereka. Mereka tidak dapat mengunggah file ke Drive bersama, kecuali jika mereka memiliki hak istimewa sebagai anggota Drive bersama.
  • Drive bersama eksternal: Pengguna dapat ditambahkan sebagai anggota Drive bersama eksternal dan memiliki semua tingkat akses, termasuk hak istimewa sebagai “Pengelola”.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas secara detail tentang cara membuat Google Drive bersama. Mulai dari langkah-langkah untuk membuatnya di komputer, Android, dan iPhone, hingga cara menambahkan anggota, mengubah akses, melihat anggota, mengirim email kepada anggota, menghapus anggota, dan menghapus Drive bersama.

Google Drive bersama adalah alat yang sangat berguna untuk kolaborasi dalam tim, kelompok, atau organisasi. Dengan menggunakan fitur ini, anggota tim dapat bekerja secara bersama-sama pada dokumen, berbagi file, dan mengelola akses dengan mudah.

Tidak hanya itu, kita juga telah membahas tips untuk mengoptimalkan penggunaan Google Drive bersama, serta kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Dengan memahami cara menggunakan Google Drive bersama secara efektif, kita dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja bersama.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Google Drive Limit: Semua Solusi

Jadi, jika kamu sedang mencari cara untuk berkolaborasi secara efektif dengan anggota timmu, Google Drive bersama bisa menjadi solusi yang tepat. Jangan ragu untuk mencobanya dan manfaatkan fitur-fitur yang tersedia.

Semoga artikel ini telah memberikan informasi yang bermanfaat dan menjawab pertanyaanmu tentang cara membuat Google Drive bersama. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk mengajukannya dikomentar.

  • https://support.google.com/a/users/answer/9310351?sjid=8978481874862030214-AP
  • https://support.google.com/a/users/answer/7212025
  • https://support.google.com/a/users/answer/7212025?sjid=8978481874862030214-AP
  • https://support.google.com/a/users/answer/9310249?hl=id&ref_topic=9298590&sjid=8978481874862030214-AP
  • https://support.google.com/a/answer/7337469?hl=id
  • https://support.google.com/a/users/answer/9310154?hl=id

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung