Photo of author
Author:
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.

Kenapa Google Drive Tidak Bisa Mengupload? Ini 5+ Solusinya

Kenapa Google Drive tidak bisa mengupload? Temukan penyebab utama dan solusinya hanya disini!

 
4 m, 46 s
 891 Views
Kenapa Google Drive tidak bisa mengupload? Pertanyaan ini mungkin sudah sering muncul dalam benakmu ketika mencoba mengunggah file ke Google Drive dan mengalami masalah yang tidak diharapkan.

Google Drive merupakan layanan penyimpanan awan populer yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Namun, terkadang pengguna menghadapi kendala saat mengupload file ke platform ini.

Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab umum dari masalah tersebut dan memberikan cara-cara efektif untuk mengatasinya.

Kenapa Google Drive Tidak Bisa Mengupload?

Ada beberapa alasan mengapa kamu mungkin mengalami masalah ini. Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa Google Drive tidak bisa mengupload file:

  1. Masalah Koneksi Internet yang Tidak Stabil: Koneksi internet yang lemah atau tidak stabil bisa menjadi salah satu penyebab utama masalah ini. Jika koneksi internet kamu sedang bermasalah, maka Google Drive tidak akan dapat mengupload file dengan sukses. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil sebelum mencoba mengupload file.
  2. Pengaturan Jaringan Upload: Jika pengaturan upload di Google Drive masih default maka ketika Upload akan muncul notifikasi menunggu wifi karena memang defaulnya di atur hanya unggah melalui wifi.
  3. Ukuran File Terlalu Besar: Google Drive memiliki batasan ukuran file maksimum yang dapat diupload. Jika file yang ingin kamu upload melebihi batasan ini, maka Google Drive tidak akan bisa menguploadnya. Periksa ukuran file kamu dan pastikan tidak melebihi batasan yang ditentukan.
  4. Kapasitas Penyimpanan Penuh: Jika kapasitas penyimpanan Google Drive kamu sudah penuh, maka kamu tidak akan bisa mengupload file baru. Pastikan untuk memeriksa kapasitas penyimpanan kamu dan hapus file yang tidak diperlukan atau pindahkan ke tempat penyimpanan lain untuk membuat ruang bagi file baru.
  5. Konflik Antivirus atau Firewall: Terkadang, program antivirus atau pengaturan firewall pada komputer kamu dapat menghambat Google Drive dalam melakukan proses upload file. Pastikan bahwa pengaturan antivirus atau firewall kamu tidak memblokir akses Google Drive.
  6. Versi Browser yang Tidak Didukung: Beberapa versi browser mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan Google Drive. Pastikan kamu menggunakan versi browser terbaru dan diperbarui untuk memastikan kompatibilitas yang optimal.

Baca Juga: 5+ Cara Memindahkan File Google Drive: ke Akun Lain, etc

Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Mengupload

Sekarang setelah kita mengetahui beberapa penyebab umum mengapa Google Drive tidak bisa mengupload file, mari kita lihat bagaimana cara mengatasinya:

  1. Periksa Koneksi Internet: Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan terhubung dengan baik sebelum mencoba mengupload file. Jika kamu menggunakan Wi-Fi, coba restart router atau hubungkan langsung ke modem menggunakan kabel Ethernet.
  2. Atur Default Upload ke Data Seluler: Jangan lupa untuk mengganti pengaturan jaringan untuk upload di Google Drive dengan data seluler, untuk membaca tutorial lengkapnya bisa membaca artikel cara mengatasi Google Drive menunggu di upload.
  3. Periksa Ukuran File: Periksa ukuran file yang ingin kamu upload. Jika file terlalu besar, coba kompres atau bagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sebelum mencoba menguploadnya.
  4. Bebaskan Ruang Penyimpanan: Jika penyimpanan Google Drive kamu hampir penuh, hapus file yang tidak diperlukan atau pindahkan ke tempat penyimpanan lain untuk memberikan ruang bagi file baru.
  5. Nonaktifkan Antivirus atau Firewall: Sementara kamu mengupload file, kamu dapat mencoba menonaktifkan sementara program antivirus atau firewall pada komputer kamu. Pastikan untuk mengaktifkannya kembali setelah selesai mengupload.
  6. Coba Gunakan Browser Lain: Jika masalah masih berlanjut, coba gunakan browser yang berbeda atau versi terbaru dari browser yang sedang kamu gunakan. Beberapa masalah dapat diselesaikan dengan menggunakan browser yang berbeda.
Baca Juga: 3+ Cara Mencari File Google Drive, di Google?

FAQ (Pertanyaan Umum)

  1. Bagaimana cara membatalkan upload di Google Drive?
    Untuk membatalkan upload di Google Drive, cukup klik ikon “X” atau “Batal” yang muncul saat proses upload sedang berlangsung. Ini akan menghentikan proses upload secara segera.
  2. Kenapa tidak bisa membuka file di Google Drive?
    Ada beberapa alasan mengapa kamu mungkin tidak dapat membuka file di Google Drive. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah format file yang tidak didukung, kesalahan jaringan, atau izin akses yang salah. Pastikan file tersebut memiliki format yang didukung dan kamu memiliki izin yang tepat untuk membukanya.
  3. Bagaimana cara upload file di Google Drive?
    Untuk mengupload file di Google Drive, cukup buka Google Drive, pilih tombol “New” atau “Buat” (ikon “+” berwarna merah) dan pilih opsi “Upload file” atau “Unggah file”. Pilih file yang ingin kamu upload dari komputer kamu dan tunggu hingga proses upload selesai.
  4. Kenapa tidak bisa upload file di Google Drive?
    Masalah dalam mengupload file ke Google Drive bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti koneksi internet yang tidak stabil, ukuran file yang terlalu besar, atau kapasitas penyimpanan penuh. Periksa koneksi internet, ukuran file, dan kapasitas penyimpanan kamu untuk mencari solusi.
  5. Apakah Google Drive menyediakan fitur untuk menjadwalkan upload file?
    Sayangnya, saat ini Google Drive tidak menyediakan fitur bawaan untuk menjadwalkan upload file. Namun, kamu dapat menggunakan layanan pihak ketiga atau aplikasi penjadwal untuk menjalankan tugas tersebut.
Jadi, itu dia beberapa solusi untuk mengatasi masalah ketika Google Drive tidak bisa mengupload file. Pastikan kamu memeriksa koneksi internet, ukuran file, dan kapasitas penyimpanan kamu terlebih dahulu.

Baca Juga: Kenapa Google Drive Penuh? Ini 5 Solusinya!

Jika masalah masih berlanjut, coba langkah-langkah lain yang telah disebutkan. Dengan sedikit pemecahan masalah, kamu akan dapat menggunakan Google Drive dengan lancar dan menyimpan semua file penting kamu dengan aman.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung