Photo of author
Author:
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.

Kenapa YouTube Tidak Bisa Dibuka Padahal Sudah Di Update?

Inilah semua jawaban dari pertanyaan kenapa YouTube tidak bisa dibuka padahal sudah di update agar kamu dapat menggunakannya lagi.

 
6 m, 1 s
 385 Views
YouTube adalah salah satu platform video terbesar di dunia yang digunakan oleh jutaan orang setiap hari. YouTube menyediakan berbagai macam konten yang menarik, informatif, dan menghibur.

Namun, terkadang kita mengalami masalah saat ingin menonton video di YouTube. Salah satu masalah yang sering dialami adalah YouTube tidak bisa dibuka padahal sudah di update.

Masalah ini bisa sangat mengganggu karena kita tidak bisa menikmati video favorit kita atau mencari informasi penting di YouTube. Apa sebenarnya penyebab masalah ini? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada cara untuk mencegahnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab YouTube Tidak Bisa Dibuka Padahal Sudah Di Update

Ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa YouTube tidak bisa dibuka padahal sudah di update. Berikut adalah daftar penyebab beserta penjelasannya:

  • Koneksi internet bermasalah. Ini adalah penyebab paling umum dan paling mudah untuk diperiksa. Jika koneksi internet kamu lemot, putus-putus, atau tidak stabil, maka kamu akan kesulitan untuk membuka YouTube atau menonton video di sana. kamu bisa cek koneksi internet kamu dengan membuka situs lain atau menggunakan aplikasi lain yang membutuhkan internet. Jika situs atau aplikasi lain juga tidak bisa dibuka atau lambat, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada koneksi internetmu.
  • Cache dan data aplikasi YouTube penuh. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading. Data aplikasi adalah data permanen yang disimpan oleh aplikasi untuk menyimpan pengaturan, preferensi, riwayat, dan lain-lain. Cache dan data aplikasi YouTube bisa menjadi penuh jika kamu sering menggunakan aplikasi tersebut atau tidak pernah membersihkannya. Hal ini bisa menyebabkan aplikasi YouTube menjadi lambat, macet, atau tidak bisa dibuka sama sekali.
  • Versi aplikasi YouTube tidak kompatibel dengan sistem operasi. Meskipun kamu sudah mengupdate aplikasi YouTube ke versi terbaru, tetapi belum tentu versi tersebut kompatibel dengan sistem operasi yang kamu gunakan. Misalnya, jika kamu menggunakan Android versi lama seperti KitKat atau Lollipop, maka kemungkinan besar versi terbaru dari aplikasi YouTube tidak akan berjalan dengan baik di perangkatmu. Hal ini bisa menyebabkan aplikasi YouTube menjadi error, crash, atau tidak bisa dibuka.
  • Adanya gangguan dari pihak YouTube atau Google. Ini adalah penyebab yang jarang terjadi tapi tetap mungkin. Kadang-kadang ada gangguan teknis atau pemeliharaan dari pihak YouTube atau Google yang menyebabkan layanan mereka menjadi tidak tersedia atau terganggu untuk sementara waktu. Hal ini bisa mempengaruhi semua pengguna YouTube di seluruh dunia atau hanya sebagian saja tergantung pada lokasi dan waktu terjadinya gangguan. kamu bisa cek status layanan YouTube atau Google di situs resmi mereka atau di media sosial.
  • Adanya pemblokiran atau sensor dari pihak ISP atau pemerintah. Ini adalah penyebab yang sensitif dan kontroversial tapi juga perlu diketahui. Beberapa ISP (Internet Service Provider) atau pemerintah di beberapa negara mungkin melakukan pemblokiran atau sensor terhadap situs-situs tertentu yang dianggap tidak sesuai dengan aturan, norma, atau kepentingan mereka. YouTube adalah salah satu situs yang sering menjadi sasaran pemblokiran atau sensor karena kontennya yang beragam dan bebas. Jika kamu berada di negara atau wilayah yang melakukan pemblokiran atau sensor terhadap YouTube, maka kamu tidak akan bisa mengakses situs tersebut kecuali menggunakan cara-cara tertentu.

Baca Juga: Kenapa YouTube Tidak Bisa Digunakan? Ini 5+ Solusinya!

Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka Padahal Sudah Di Update

Setelah mengetahui penyebab-penyebab YouTube tidak bisa dibuka padahal sudah di update, sekarang kita akan membahas cara-cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu coba:

  • Memeriksa dan memperbaiki koneksi internet. Ini adalah langkah pertama dan paling penting yang harus kamu lakukan jika mengalami masalah dengan YouTube. kamu bisa mencoba beberapa hal berikut untuk memperbaiki koneksi internetmu:
    • Restart perangkat kamu dan modem/routermu.
    • Cek apakah kuota internet kamu masih ada atau sudah habis.
    • Cek apakah kamu menggunakan mode pesawat, hemat data, atau VPN yang bisa mempengaruhi koneksi internetmu.
    • Coba gunakan jaringan Wi-Fi atau seluler yang berbeda.
    • Coba gunakan aplikasi penguat sinyal atau pembersih RAM untuk meningkatkan performa koneksi internetmu.
  • Membersihkan cache dan data aplikasi YouTube. Ini adalah langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah dengan YouTube. Membersihkan cache dan data aplikasi YouTube bisa membantu menghapus data yang tidak perlu, mengosongkan ruang penyimpanan, dan mempercepat proses loading. kamu bisa melakukan hal berikut untuk membersihkan cache dan data aplikasi YouTube:
    • Buka pengaturan perangkat kamu dan pilih aplikasi atau manajer aplikasi.
    • Cari dan pilih aplikasi YouTube dari daftar aplikasi yang ada.
    • Pilih opsi bersihkan cache dan bersihkan data. Jika ada opsi lain seperti hapus pembaruan atau kembalikan ke versi pabrik, kamu juga bisa mencobanya.
    • Restart perangkat kamu dan buka kembali aplikasi YouTube.
  • Mengupdate sistem operasi perangkat. Ini adalah langkah ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah dengan YouTube. Mengupdate sistem operasi perangkat kamu bisa membantu meningkatkan kompatibilitas, keamanan, dan stabilitas perangkatmu. Hal ini juga bisa membantu mengatasi bug atau error yang mungkin ada pada sistem operasi lamamu. kamu bisa melakukan hal berikut untuk mengupdate sistem operasi perangkat:
    • Buka pengaturan perangkat kamu dan pilih tentang perangkat atau informasi perangkat.
    • Cek apakah ada pembaruan sistem yang tersedia untuk perangkatmu. Jika ada, unduh dan instal pembaruan tersebut.
    • Restart perangkat kamu dan cek apakah masalah dengan YouTube sudah teratasi.
  • Menghubungi pihak YouTube atau Google. Ini adalah langkah keempat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah dengan YouTube. Menghubungi pihak YouTube atau Google bisa membantu kamu mendapatkan informasi resmi tentang status layanan mereka, gangguan teknis yang mungkin terjadi, atau solusi alternatif yang mungkin tersedia. Kamu bisa melakukan hal berikut untuk menghubungi pihak YouTube atau Google:
    • Buka situs resmi YouTube atau Google dan cari bagian bantuan, dukungan, atau hubungi kami.
    • Ikuti instruksi yang ada di situs tersebut untuk mengirimkan pertanyaan, keluhan, atau saran kamu tentang masalah yang kamu alami dengan YouTube.
    • Tunggu balasan dari pihak YouTube atau Google melalui email.
  • Menggunakan cara-cara alternatif untuk mengakses YouTube. Ini adalah langkah kelima dan terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah dengan YouTube. Menggunakan cara-cara alternatif untuk mengakses YouTube bisa membantu kamu menghindari pemblokiran atau sensor yang mungkin dilakukan oleh pihak ISP atau pemerintah. Kamu bisa melakukan hal berikut untuk menggunakan cara-cara alternatif untuk mengakses YouTube:
    • Menggunakan proxy atau VPN. Proxy atau VPN adalah layanan yang bisa mengubah alamat IP kamu menjadi alamat IP dari negara atau wilayah lain yang tidak melakukan pemblokiran atau sensor terhadap YouTube. Dengan begitu, kamu bisa mengakses YouTube tanpa hambatan. kamu bisa mencari dan mengunduh aplikasi proxy atau VPN yang tersedia di Play Store atau App Store. Pastikan kamu memilih aplikasi yang terpercaya, aman, dan cepat.
    • Menggunakan browser alternatif. Browser alternatif adalah browser yang memiliki fitur khusus yang bisa membantu kamu mengakses situs-situs yang diblokir atau disensor. Misalnya, browser Opera memiliki fitur VPN bawaan yang bisa kamu aktifkan untuk mengakses YouTube. kamu bisa mencari dan mengunduh browser alternatif yang tersedia di Play Store atau App Store. Pastikan kamu memilih browser yang terpercaya, aman, dan cepat.
    • Menggunakan situs mirror atau proxy. Situs mirror atau proxy adalah situs yang menampilkan konten dari situs lain tanpa harus mengunjungi situs aslinya. Dengan begitu, kamu bisa mengakses YouTube melalui situs mirror atau proxy tanpa terkena pemblokiran atau sensor. kamu bisa mencari dan mengunjungi situs mirror atau proxy YouTube yang tersedia di internet. Pastikan kamu memilih situs yang terpercaya, aman, dan cepat.
Baca Juga: Kenapa YouTube Tidak Bisa Mendownload Video? Ini 6+ Solusinya!

Penutup

Demikianlah semua informasi tentang kenapa YouTube tidak bisa dibuka padahal sudah di update yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantumu menyelesaikan masalah dengan YouTube.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung