Photo of author
Author:
Telah menggunakan Telegram untuk waktu yang lama, sehingga memahami bagaimana dan supaya mengoptimalkan penggunaannya.

Kontak Telegram Berdasarkan Apa? Ini Pengertiannya

Kontak Telegram berdasarkan apa? Inilah semua hal yang perlu kamu ketahui!

 
6 m, 30 s
 206 Views
Telegram adalah aplikasi pesan instan yang populer di kalangan anak muda, terutama Gen Z. Telegram memiliki banyak fitur menarik, seperti enkripsi end-to-end, stiker, bot, grup, saluran, dan lainnya.

Salah satu fitur yang membuat Telegram berbeda dari aplikasi pesan lainnya adalah kontak Telegram. Kontak Telegram adalah orang-orang yang kamu tambahkan ke daftar kontak kamu di Telegram, baik dengan nomor telepon, ID Telegram, atau tautan undangan.

Kontak Telegram memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang kamu kenal atau yang memiliki minat yang sama denganmu.

Namun, bagaimana cara menambah kontak Telegram? Apa yang membedakan kontak Telegram dari kontak biasa? Bagaimana cara mengetahui siapa saja yang menyimpan kontak kamu di Telegram? Bagaimana cara menghapus kontak Telegram? Apakah kontak Telegram akan terlihat oleh orang lain? Apa yang terjadi jika seseorang bergabung dengan Telegram dengan nomor telepon? Inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Baca Juga: 2+ Cara Mengetahui Kontak Telegram Dihapus

Artikel ini akan memberikan penjelasan yang sangat detail untuk pengertian kontak Telegram, cara menambah, menghapus, dan mengelola kontak Telegram, serta tips dan trik untuk menjaga privasi dan keamanan kontak Telegram. Mari kita mulai!

Apa itu Kontak Telegram dan Kontak Telegram Berdasarkan Apa?

Kontak Telegram adalah orang-orang yang kamu tambahkan ke daftar kontak kamu di Telegram, baik dengan nomor telepon, ID Telegram, atau tautan undangan.

Kontak Telegram berbeda dari kontak biasa, karena kontak Telegram tidak memerlukan nomor telepon untuk berkomunikasi. Kamu bisa menambah kontak Telegram dengan menggunakan ID Telegram, yaitu nama pengguna yang diawali dengan @, atau tautan undangan, yaitu URL yang mengarah ke profil seseorang di Telegram.

Dengan begitu, kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak ingin memberikan nomor telepon mereka, atau yang tidak memiliki nomor telepon sama sekali.

Kontak Telegram juga memungkinkan kamu untuk melihat status online, foto profil, bio, dan nama tampilan orang-orang yang kamu tambahkan.

Kamu juga bisa mengatur hak akses untuk kontak Telegrammu, seperti siapa yang bisa melihat nomor telepon, foto profil, bio, dan nama tampilanmu. Bisa memblokir atau melaporkan kontak Telegram yang tidak diinginkan juga.

Baca Juga: 5+ Cara Menyimpan Kontak Telegram ke HP dengan Mudah

Cara Menambah Kontak Telegram

Ada beberapa cara untuk menambah kontak Telegram, tergantung dari informasi yang kamu miliki tentang orang tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

  • Menambah kontak Telegram dengan nomor telepon. Ini adalah cara yang paling umum dan mudah untuk menambah kontak Telegram. Kamu hanya perlu memasukkan nomor telepon orang yang ingin kamu tambahkan ke daftar kontak kamu di ponselmu, lalu buka aplikasi Telegram dan periksa daftar kontak Telegram. Jika orang tersebut sudah menggunakan Telegram, maka kamu akan melihat nama dan foto profilnya di daftar kontak Telegram. Jika tidak, maka kamu bisa mengirimkan undangan untuk bergabung dengan Telegram ke nomor telepon tersebut. Kamu juga bisa menambah kontak Telegram dengan nomor telepon melalui web Telegram, dengan memasukkan nomor telepon di kolom pencarian, lalu klik tombol tambah kontak.
  • Menambah kontak Telegram dengan ID Telegram. Ini adalah cara yang lebih praktis dan privasi untuk menambah kontak Telegram, terutama jika kamu tidak ingin memberikan nomor telepon kamu atau orang yang ingin kamu tambahkan tidak memiliki nomor telepon. Kamu hanya perlu mengetahui ID Telegram orang tersebut, yaitu nama pengguna yang diawali dengan @, lalu masukkan ID Telegram tersebut di kolom pencarian di aplikasi atau web Telegram. Jika ID Telegram tersebut valid, maka kamu akan melihat profil orang tersebut, lalu klik tombol tambah kontak. Kamu juga bisa menyalin dan menempel ID Telegram tersebut di kolom pencarian, atau mengklik ID Telegram tersebut jika kamu melihatnya di grup, saluran, atau pesan.
  • Menambah kontak Telegram dengan tautan undangan. Ini adalah cara yang paling fleksibel dan kreatif untuk menambah kontak Telegram, karena kamu bisa membuat tautan undangan sendiri, atau menggunakan tautan undangan yang dibuat oleh orang lain. Tautan undangan adalah URL yang mengarah ke profil seseorang di Telegram, yang bisa kamu bagikan melalui berbagai media, seperti email, SMS, sosial media, atau QR code. Kamu bisa membuat tautan undangan sendiri dengan mengakses pengaturan profil kamu di Telegram, lalu pilih opsi tautan undangan. Kamu bisa memilih siapa yang bisa bergabung dengan tautan undanganmu, dan berapa lama tautan undangan kamu berlaku. Kamu juga bisa menggunakan tautan undangan yang dibuat oleh orang lain, dengan mengklik tautan undangan tersebut, lalu klik tombol tambah kontak. Kamu juga bisa menyalin dan menempel tautan undangan tersebut di kolom pencarian, atau memindai QR code tautan undangan tersebut jika tersedia.
Baca Juga: 2 Cara Memindahkan Kontak Telegram ke WhatsApp

Cara Menghapus Kontak Telegram

Ada kalanya kamu ingin menghapus kontak Telegram yang sudah tidak relevan, tidak aktif, atau tidak diinginkan. Ada beberapa cara untuk menghapus kontak Telegram, tergantung dari preferensimu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

  • Menghapus kontak Telegram dari daftar kontak Telegram. Ini adalah cara yang paling sederhana dan cepat untuk menghapus kontak Telegram. Kamu hanya perlu membuka daftar kontak Telegram kamu di aplikasi atau web Telegram, lalu pilih kontak Telegram yang ingin kamu hapus, dan klik tombol hapus kontak. Kamu juga bisa menggeser kontak Telegram yang ingin kamu hapus ke kiri, lalu klik tombol hapus kontak.
  • Menghapus kontak Telegram dari daftar kontak ponsel. Ini adalah cara yang lebih menyeluruh dan permanen untuk menghapus kontak Telegram, karena kamu juga akan menghapus kontak tersebut dari daftar kontak ponselmu. Kamu hanya perlu membuka daftar kontak ponselmu, lalu pilih kontak yang ingin kamu hapus, dan klik tombol hapus kontak. Jika kontak tersebut juga merupakan kontak Telegram, maka kontak tersebut juga akan terhapus dari daftar kontak Telegram.
  • Memblokir kontak Telegram. Ini adalah cara yang lebih tegas dan protektif untuk menghapus kontak Telegram, terutama jika kamu merasa terganggu, tersinggung, atau terancam oleh kontak tersebut. Kamu hanya perlu membuka profil kontak Telegram yang ingin kamu blokir di aplikasi atau web Telegram, lalu klik tombol blokir pengguna. Dengan begitu, kamu tidak akan lagi menerima pesan, panggilan, atau undangan grup dari kontak tersebut. Kamu juga bisa melaporkan kontak tersebut sebagai spam atau penyalahgunaan, jika kamu merasa kontak tersebut melanggar aturan Telegram. Kamu juga bisa membuka daftar kontak yang diblokir di pengaturan privasi dan keamanan kamu di Telegram, lalu pilih kontak yang ingin kamu buka blokir, jika kamu berubah pikiran.
Baca Juga: 3+ Cara Menghapus Kontak Telegram Sekaligus Cepat

Tips dan Trik untuk Kontak Telegram

Kontak Telegram adalah fitur yang berguna dan menarik, tetapi juga memiliki beberapa tantangan dan risiko, terutama terkait dengan privasi dan keamanan.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kontak Telegram tetap aman dan nyaman:

  • Atur hak akses untuk kontak Telegram. Kamu bisa mengatur siapa yang bisa melihat nomor telepon, foto profil, bio, dan nama tampilan kamu di pengaturan privasi dan keamanan kamu di Telegram. Kamu bisa memilih antara semua orang, kontak, atau tidak ada. Kamu juga bisa menambahkan pengecualian untuk kontak tertentu, jika kamu ingin memberikan hak akses yang berbeda untuk mereka. Dengan begitu, kamu bisa menjaga privasi dan keamanan kontak Telegrammu, serta menghindari kontak yang tidak diinginkan.
  • Gunakan fitur pencarian lanjutan untuk kontak Telegram. Kamu bisa menggunakan fitur pencarian lanjutan untuk mencari kontak Telegram kamu berdasarkan berbagai kriteria, seperti nama, ID Telegram, nomor telepon, grup, saluran, atau pesan. Kamu bisa mengakses fitur pencarian lanjutan dengan mengklik ikon kaca pembesar di pojok kanan atas daftar kontak Telegrammu, lalu pilih opsi pencarian lanjutan. Kamu juga bisa mengetikkan kueri pencarian di kolom pencarian, seperti @, #, atau $. Dengan begitu, kamu bisa menemukan kontak Telegram kamu dengan lebih mudah dan cepat.
  • Kelola notifikasi untuk kontak Telegram. Kamu bisa mengelola notifikasi untuk kontak Telegram kamu dengan mengakses pengaturan notifikasi dan suara kamu di Telegram. Kamu bisa memilih antara suara, getar, pop-up, atau tidak ada untuk setiap kontak Telegram. Kamu juga bisa menyesuaikan nada dering, warna LED, atau prioritas notifikasi untuk kontak Telegram. Kamu juga bisa mengaktifkan mode diam untuk kontak Telegram tertentu, jika kamu tidak ingin diganggu oleh pesan atau panggilan dari mereka. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol notifikasi untuk kontak Telegram kamu sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu.
Baca Juga: Cara Mengatasi Mutual Kontak di Telegram

Penutup

Demikianlah artikel tentang kontak Telegram berdasarkan apa. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kontak Telegram, cara menambah, menghapus, dan mengelolanya, serta tips dan trik untuk menjaga privasi dan keamanan yang sebaiknya diterapkan.

Tinggalkan komentar

JagoEdit

Dapatkan panduan lengkap untuk editing foto, video dan musik secara lengkap dan gratis di JagoEdit.com agar selangkah lebih maju menjadi Creator Profesional.

Terhubung